Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Ayam Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Website

Authors

  • Candra Permana Universitas Pamulang
  • Perani Rosyani Universitas Pamulang

Keywords:

Sistem Pakar, Penyakit Pada Ayam, Certainty Factor

Abstract

Peternakan adalah salah satu bidang yang membutuhkan sentuhan teknologi. Ayam merupakan hewan ternak yang paling banyak diternakkan di Indonesia. Tetapi tidak semua peternak memiliki pengetahuan yang cukup tentang penyakit dan gejala yang diderita ayam. Hal ini mengakibatkan jika ayam peliharaan mengalami sakit, peternak akan mengalami kebingungan untuk mengobatinya. Salah satu strategi yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi sistem pakar. Untuk menyelesaikan masalah ketidakpastian dari seorang pakar menggunakan metode Certainty Factors (CFs). Dalam penerapannya aplikasi sistem pakar ini masih harus dioptimalkan lagi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka dan kualitatif dengan metode pengumpulan data yang didapatkan dari buku, jurnal yang relevan dan seorang pakar ayam. Kemudian dari hasil pengumpulan data tersebut digunakan untuk membangun aplikasi sistem pakar diagnosis penyakit ayam yang dapat menghasilkan keluaran berupa kemungkinan penyakit yang diderita ayam berdasarkan gejala yang dimasukkan pengguna ke dalam aplikasi dan memberikan solusi pengobatannya. Permasalahan utama yang merupakan tantangan terberat di peternakan ayam adalah munculnya penyakit, sehingga pengelolahan perlu dilakukan secara efisien dan professional. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini dibangun suatu sistem pakar diagnosis penyakit pada ayam berdasarkan pengetahuan yang diperoleh dari seorang pakar.

References

Azis, N.(2022). ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI. CV WIDINA MEDIA UTAMA.

Baban Pusat Statistik. (2019). Jumlah Perusahaan Peternakan Ternak Besar dan Kecil Menurut Badan Hukum/ Usaha 2019- 2021.

https://www.bps.go.id/indicator/24/349/1/ju mlah-perusahaan-peternakan-ternak-besar- dan-kecil-menurut-badan-hukum- usaha.html.

Haviluddin. (2011). Memahami Penggunaan UML (Unified Modeling Language). Jurnal Informatika Mulawarman, 1-7.

Kaunang, F. J. (2018). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Fasilitas. JURNAL SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI Vol. 7, No. 2, 124-130.

Lila, S. (2021). Desain Sistem : Use Case Diagram. Seminar Nasional : Inovasi & Adopsi Teknologi “Implementasi Cybersecurity pada Operasional Organisasi”, 246-260.

Linda, M. (2021). Sistem pakar perancangan dan pembahasan : metode chaining, certainty faktor, fuzzy logik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

M. Fahruddin , G., & Ade, E. (2016). Sistem Pakar DiagnosisDini Penyakit Leukemia Dengan Metode Certainty Factor. KINETIKVol. 1, No. 3, 135-146.

T.Sutoj, Edy mulyanto, & Vince suhartono. (2011 : 204). Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Permana, C., & Rosyani, P. (2023). Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Ayam Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Website. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(1), 221–231. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2824

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>