Pembuatan Aplikasi Sarana Prasarana Berbasis Web Pada Yayasan Al-Hasanah Menggunakan Metode Fountain

Authors

  • Syahren Maulana Siddik Universitas Pamulang
  • Agung Wijoyo Universitas Pamulang

Keywords:

Aplikasi, Sarana Prasarana, Berbasis Web, Metode Fountain, Inventaris, Pencatatan

Abstract

Kerentanan terhadap kehilangan atau kerusakan data. Pengelolaan inventaris yang tidak optimal, dapat meningkatkan resiko dalam percatatan dan pemantauan inventaris sarana prasarana. Terdapat kesulitan dalam melacak inventaris sarana prasarana pada Yayasan Al-Hasanah. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi masalah dalam sistem pencatatan sarana prasarana di Yayasan Al-Hasanah Metode pengembangan sistem yang penulis lakukan adalah dengan menggunakan metode Fountain. Metode ini dikenal dengan model air mancur dimana arus air akan naik keatas melalui tengah dan kemudian turun kembali. Metode Fountain merupakan perbaikan logis dari model waterfall. Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil analisis perancangan, implementasi, pengujian, dan evaluasi, pada judul penelitian “Pembuatan Aplikasi Sarana Prasarana Berbasis Web Pada Yayasan Al-Hasanah Menggunakan Metode Fountain” didapati kesimpulan bahwa dengan dirancangnya aplikasi ini dapat mempermudah pencatatan pada inventaris sarana prasarana yang telah terkomputerisasi. Dalam aplikasi sarana prasarana ini masih banyak fitur yang dapat ditambahkan. Diharapkan kedepannya aplikasi ini dapat dikembangkan oleh sekolah – sekolah lain ataupun peneliti selanjutnya.

References

Abdurahman, H., & Riswaya, A. R. (2014). Aplikasi pinjaman pembayaran secara kredit pada bank yudha bhakti. J. Computech Dan Bisnis, 8(2), 61–69.

Algoniu, M. A., Wicaksono, S. A., & Afirianto, T. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana (Studi Pada: SMK Muhammadiyah 1 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer E-ISSN, 2548(7), 964X.

Candra, M. A. A., & Wulandari, I. A. (2021). SISTEM INFORMASI BERPRESTASI BERBASIS WEB PADA SMP NEGERI 7 KOTA METRO M.Arfa Andika Candra (1) Ika Artahalia Wulandari (2).

Josi, A. (2017). Penerapan Metode Prototyping Dalam Membangun Website Desa (Studi Kasus Desa Sugihan Kecamatan Rambang). Jti, 9(1), 50–57.

Novendri, M. S., Saputra, A., & Firman, C. (2019). APLIKASI INVENTARIS BARANG PADA MTS NURUL ISLAM DUMAI MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL. Lentera Dumai, 10(2), 46–57.

Sutisna, N. W., & Effane, A. (2022). Fungsi Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Karimah Tauhid, 1(2), 227–233.

Wibowo, T., Wungo, S. La, & Rosdiana. (2021). Sistem Informasi Perhitungan Premi Menggunakan Metode Waterfall Pada CV. Marisa Baru. 2(1), 1–13.

Yanto, F. F., Suppa, R., & Sulaeman, B. (2020). Sistem Informasi Inventaris Sarana Dan Prasarana Berbasis Web Universitas Andi Djemma. Jurnal Informasi Dan Komputer, 8(1), 23–32. https://doi.org/10.35959/jik.v8i1.170

Iswanto, Ipung (2019). Perancangan Sistem Informasi Permintaan Barang Berbasis Web, Skripsi. Fakultas Teknik, Teknik Infromatika, Universitas Pamulang, Pamulang.

Putra, A. P. (2014). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi pada Livi

Catering Pekanbaru Berbasis Web. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta.

E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004, Cet.VII

Surya, C., & Jannah, M. (2020). Desain Web bagi Pemula. Elex Media Komputindo.

Safitri, R. (2018). Simple Crud Buku Tamu Perpustakaan Berbasis Php Dan Mysql: Langkah-Langkah Pembuatan. Tibanndaru: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 2(2), 40-53.

RA, M. Z. (2022). PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MASJID AL-WAKAF DARUL MUTTAQIEN BERBASIS WEBSITE (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).

Samsudin, A., & Fauzi, H. (2022). Perancangan Aplikasi Stok Bahan Baku Produksi di Upnormal Coffee Purwakarta Menggunakan Metode Fountain. INFOTEX: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Teknik, 1(1), 43-53.

Maharani, S. Z., & Adriansyah, A. R. (2022). Analisis dan Perancangan Aplikasi Penganggaran Barang berbasis Web pada Unit Sarana Prasarana Perguruan Tinggi. Jurnal Informatika Terpadu, 8(1), 35-40.

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Maulana Siddik, S. ., & Wijoyo, A. (2023). Pembuatan Aplikasi Sarana Prasarana Berbasis Web Pada Yayasan Al-Hasanah Menggunakan Metode Fountain . LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(1), 109–117. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2778