Aplikasi Transaksi Penjualan Berbasis Web Menggunakan Metode RAD Pada Percetakan Akhtar Printing

Authors

  • Ahmad Rozani Universitas Pamulang
  • Devi Damayanti Universitas Pamulang

Keywords:

Sistem Informasi, Percetakan, Rapid Application Development, Web

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi memberikan dampak yang signifikan bagi kehidupan manusia; itu membuat lebih mudah untuk melakukan tugas sehari-hari dan membuatnya semakin cepat dan sederhana untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Teknologi informasi juga berdampak signifikan terhadap pertumbuhan sejumlah industri lain, termasuk percetakan. Salah satunya adalah Akhtar Printing. Percetakan Akhtar Printing menawarkan berbagai jasa percetakan, antara lain pembuatan undangan, kop surat, kartu nama, nota dan tagihan, buku yasin, dan barang sejenis lainnya. Percetakan Akhtar Percetakan membutuhkan sistem informasi yang nyaman untuk layanannya. Maka dari itu peneliti mengembangkan sistem informasi penjualan berbasis web dan merancang sistem penjualan berbasis web dengan pendekatan Rapid Application Development dan database MySQL. Tahapan yang digunakan adalah Programming Prerequisites Investigator, plan, code age, testing dan backing. Untuk memastikan bahwa produk yang dirancang memenuhi kebutuhan pengguna, masing-masing dari kelima tahapan ini harus diselesaikan dari awal hingga akhir. Diagram UML digunakan untuk analisis kebutuhan dalam proses perancangan, Entity Relationship Diagram (ERD) digunakan dalam perancangan basis data, dan pengujian Blackbox digunakan untuk pengujian. Dengan menggunakan sistem komputerisasi dapat mempercepat proses pembuatan laporan, mengurangi kesalahan, dan menghemat waktu dengan mempermudah penyimpanan dan pengolahan data.

References

Muhammad Ihsan, W. N. (2020). Perancangan System informasi penjualan berbasis web Pada toko kampus unimuda sorong dengan php dan mysql. Jurnal PETISI, Vol. 1, No. 1.

jaka suwita, D. M. (2020). ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KURSUS. JURNAL IPSIKOM.

Muhammad Ihsan, W. N. (2020). erancangan System informasi penjualan berbasis web Pada toko kampus unimuda sorong dengan php dan mysql. Jurnal PETISI, Vol. 1, No. 1.

Raharjo , A. (2022). JURNAL SISTEM INFORMASI.

Adi Pluto Marskala , S. (2018). MEMBANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG CETAKAN PADA CV. GLOBAL PRINT BERBASIS OBJECT ORIENTED. Jurnal IDEALIS Vol.1 No. 2.

Afri Yudha. (2021). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG BERBASIS WEB PADA KOPERASI KARYAWAN MENGGUNAKANMETODE PROTOTYPE. universitas darma persada Volume XI. No. 2.

Agna Rahmah Harsinta, S. (2020). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN JASA PERCETAKAN AGNA ADVERTISING BERBASIS WEB. Jurnal MediaTIK : Jurnal Media Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer .

Ali Mushthofa, T. Z. (2019). Sistem Informasi Manajemen Digital Printing. Exact Papers in Compilation.

Aryo Nur Utomo , M. (2018). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PADA PERCETAKAN CV CITRA KENCANA JAKARTA TIMUR BERBASIS WEB. Jurnal Rekayasa Informasi, Vol. 7, No.1, April 2018 ISSN 2252-7354.

Asep Ririh Riswaya, K. H. (2020). Aplikasi Pemotongan Pajak Reklame Berbasis Web. Jurnal Computech & Bisnis.

Dede Firmansyah, H. K. (2020). PENERAPAN METODE WATERFALL DALAM PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN PADA SMK BINA KARYA KARAWANG. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Rozani, A. ., & Damayanti, D. . (2023). Aplikasi Transaksi Penjualan Berbasis Web Menggunakan Metode RAD Pada Percetakan Akhtar Printing. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(1), 273–282. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2739