Perancangan Sistem Berlangganan Akses Produk Digital Menggunakan Metode Prototype Pada Navity Studio

Authors

  • Rendy Vickriansyah Universitas Pamulang
  • Heri Haerudin Universitas Pamulang

Keywords:

Produk Digital, Berlangganan, Agensi Kreatif, Payment Gateway, Metode Prototype, Blackbox, Whitebox

Abstract

Navity studio merupakan agensi kreatif yang menyediakan dan membuat produk digital yang siap digunakan oleh para praktisi digital guna membantu mempercepat kinerja dari perancang dan para pengembang, Navity studio mencoba mengubah model bisnisnya menjadi berlangganan dikarenakan pembeli membutuhkan waktu cukup lama untuk mengambil keputusan saat ingin membeli sebuah produk karena disajikan beragam pilihan, kemudian hak cipta atas produk harus mengikuti peraturan hak cipta dari marketplace terkait, sehingga navity studio tidak bisa leluasa dalam mengatur hak cipta atas produknya. Tujuan penelitian ini membuat sistem yang memudahkan pembeli dalam memilih produk. dan memiliki keleluasaan dalam mengatur hak cipta atas produknya. Payment gateway digunakan untuk menghadirkan sistem pengecekan pembayaran secara real-time sehingga memudahkan penjual dalam memeriksa bukti pembayaran dan menjalankan sistem berlangganan secara otomatis tanpa perlu memberikan akses secara manual kepada pembeli, penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode prototype sebagai metode pengembangan sistem dan teknik pengumpulan data dengan metode wawancara dan observasi digunakan untuk memperoleh data agar dapat diolah dan dibuat rancangan sistem sesuai kebutuhan, kemudian menggunakan metode pengujian blackbox. Penelitian ini menemukan perolehan nilai persentase sebesar 100% (tidak ditemukannya error pada sistem) dan pengujian whitebox dengan rata – rata nilai persentase diatas 80%, dengan metode sistem berlangganan ini akan membantu calon pembeli dalam mengurangi banyaknya pilihan produk dengan harga yang beragam, sehingga calon pembeli hanya perlu memilih pilihan harga berlangganan.

References

Abdulloh, R. (2016). Easy & Simple Web Programming. PT. Elex Media Komputindo.

Andriansyah, D. (2016). Sistem informasi pendaftaran event dengan PHP untuk panduan skripsi. Asfa Solution.

Arifin, M., & R. Hendy, H. H. (2017). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PUSAT KARIR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN RELEVANSI ANTARA LULUSAN DENGAN DUNIA KERJA MENGGUNAKAN UML. 12(2), 42–49. https://doi.org/10.47775/ictech.v12i2.10

Dhaifullah, I. R., M, M. H., Aulia, A. S., & Muhammad, A. Y. (2022). Survei Teknik Pengujian Software. 2(1), 31–38. https://doi.org/10.47134/jacis.v2i1.42

Dian Sano, A. V. (2020). Diagram Sequence Dalam Analisa & Desain Sistem Informasi. Binus University Blog. https://binus.ac.id/malang/2020/12/diagram-sequence-dalam-analisa-desain-sistem-informasi/

Kumar, B. (2021). Shopify Blog. 6 Profitable Digital Products To Sell (+ How To Start) (2022). https://www.shopify.com/id/blog/digital-products

Latif, A. (2015). IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI MENGGUNAKAN METODE ADVANCED ENCRYPTION STANDAR (AES) UNTUK PENGAMANAN DATA TEKS. 4(2), 163–172.

Martoyo, A., Susilawati, E., Kusumawardhani, Z. N., Dawis, A. M., Novalia, N., Fransisca, Y., Lathifaturahmah, L., Oka Permadi, I. K., Yuniawati, R. I., Susanti, L., Hikmawati, E., Satar, M., Supriyadi, A., Cholisoh, N., Kurniawan, R., & Qomarotun, Q. (n.d.). Manajemen Bisnis. CV. Tohar Media.

Nur Hasanah, F., & Rahmania, S. U. (2020). BUKU AJAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK. UMSIDA Press.

Pebrianto, F. (2020). Jumlah Freelancer Melonjak 4,32 Juta Orang, Kominfo: Karir Ini Sedang Berkembang. Bisnis Tempo. https://bisnis.tempo.co/read/1403763/jumlah-freelancer-melonjak-432-juta-orang-kominfo-karir-ini-sedang-berkembanghttps://bisnis.tempo.co/read/1403763/jumlah-freelancer-melonjak-432-juta-orang-kominfo-karir-ini-sedang-berkembang

Satya, V. E. (2018). STRATEGI INDONESIA MENGHADAPI INDUSTRI 4.0. 10(9).

Seidl, M., Scholz, M., Huemer, C., & Kappel, G. (2015). UML @ Classroom: An Introduction to Object-Oriented Modeling (1st ed. 2015). Springer International Publishing : Imprint: Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-319-12742-2

Shalahuddin, M., & Rosa, A. S. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak: Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika Bandung.

Soegaard, M. (2020). Hick’s Law: Making the choice easier for users [Education]. Hick’s Law: Making the Choice Easier for Users. https://www.interaction-design.org/literature/article/hick-s-law-making-the-choice-easier-for-usershttps://www.interaction-design.org/literature/article/hick-s-law-making-the-choice-easier-for-users

Yasser Arafat, M. (2022). METODE SAW UNTUK SELEKSI PENERIMAAN SISWA BARU BERBASIS WEB. Pascal Books.

Yuhefizar, Y. (2012). Cara Mudah Membangun Website Interaktif Menggunakan CMS Joomla. Elex Media Komputindo.

Yusan, L. Y., Nailufa, Y., & Suryadhi, S. (2022). Pembuatan Handwash: Peningkatan Kualitas Sabun UMKM. Scopindo Media Pustaka.

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Vickriansyah, R., & Haerudin, H. (2023). Perancangan Sistem Berlangganan Akses Produk Digital Menggunakan Metode Prototype Pada Navity Studio. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(1), 168–182. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2713