Analisis Dan Perancangan Aplikasi Manajemen Berbasis Web Pada Usaha Katering Menggunakan Metode Extreme Programming

Authors

  • Muhammad Ahqaaf Rahman Universitas Pamulang
  • Rinna Rachmatika Universitas Pamulang

Keywords:

Aplikasi, Extreme Programming, Manajemen, Berbasis Web, Buku Besar

Abstract

Aplikasi Manajemen Berbasis Web adalah aplikasi untuk mempermudah pengelolaan usaha di bidang katering terutama di perusahaan BJ FOOD menjadi efektif, efisien, dimana pada pembuatan kali ini menggunakan metode extreme programming. Extreme programming adalah metode pengembangan sistem dengan beberapa tahapan, yaitu perencanaan, perancangan, coding, serta testing. Jika dilihat dari yang terjadi saat ini bahwa proses manajemen perusahaan yang terdapat di BJ FOOD ini masih belum terkomputerisasi dimana BJ FOOD masih melakukan pencatatan serta pendataan menggunakan buku besar dalam melakukan manajemen terhadap usaha yang dijalankan, sehingga membuat pencatatan serta pendataan pada data – data yang ada mudah rusak dan hilang. Maka dari itu dapat membuat pengelolaan pada perusahaan BJ FOOD menjadi kurang efektif dan efisien. Aplikasi ini bertujuan untuk menjadi sarana perbandingan dengan data fisik berupa buku besar yang mana menjadikan aplikasi ini sebagai sumber data yang telah terkomputerisasi.

References

Lasminasih, Akbar, A., & Pratiwi, R. P. (2018). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBUKUAN BERBASIS WEBSITE BAGI UKM PERCETAKAN DI KOTA DEPOK. PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBUKUAN BERBASIS WEBSITE BAGI UKM PERCETAKAN DI KOTA DEPOK, 1275-1284.

Jogiyanto, H. (1985). Pengenalan Komputer. Yogyakarta: Andi Offset.

Rijal, M., Aziz, F., Hidayah, N., & Satar. (2021). Perancangan Aplikasi Resep Masakan dan Kue Khas Makassar Berbasis Android. Journal of System and Computing Engineering (JSCE) Vol.2 No.1, 166-180.

Margaretha, H. A., & Nababan, M. N. (2020). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEUANGAN BERBASIS WEB STUDI KASUS PT. KARYA SWADAYA ABADI. SAINTEK (Jurnal Sains dan Teknologi) Volume 1 No. 2 , 24-31.

Ignatius, O. B. (2021). Analisis dan Perancangan Sistem "Study Literasi Merancang Masukan Yang Efektif (Designing Effective Input)". Jurnal Akuntansi Bisnis dan Ekonomi, 1831-1854.

Putra, A. P. (2014). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi pada Livi Catering Pekanbaru Berbasis Web. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta.

Rachmat Hakim S. (2012). Pengantar Sistem Informasi Bisnis. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Raden, S. G., & Vera, I. D. (2021). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Catering Berbasis Web menggunakan YII 2 Framework (Studi Kasus: PT. Anugrang Agung Citratama Catering). Journal of System and Computer Engineering, 128-140.

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Ahqaaf Rahman, M. ., & Rachmatika, R. (2023). Analisis Dan Perancangan Aplikasi Manajemen Berbasis Web Pada Usaha Katering Menggunakan Metode Extreme Programming . LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(5), 1370–1380. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2632