Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Berbasis Website Pada Bengkel Las Cahaya Utama Tajurhalang

Authors

  • Akmal Firdaus Pratomo Universitas Pamulang
  • Sri Rama Putri Universitas Pamulang

Keywords:

Sistem Informasi Penjualan, Website, Waterfall, MySQL

Abstract

Di jaman globalisasi seperti saat ini, kehadiran internet begitu penting. Pada saat ini semua bidang berlomba-lomba untuk maju dan berkembang melalui kecanggihan teknologi. Bengkel las Cahaya Utama merupakan badan usaha yang bergerak di bidang barang dan jasa, kebanyakan badan usaha yang bergerak di bidang barang dan jasa masih banyak yang melakukan transaksi secara manual atau tulis tangan manual. Merancang sistem penjualan barang yang bertujuan untuk mempermudah karyawan dalam melakukan pencatatan transaksi dan pembuatan laporan yang akan dilaporkan kepada pemilik sehingga pekerjaan kan lebih efisien dan akurat. Selama ini pencatatan penjualan pada Bengkel Las Cahaya Utama belum dilakukan pencatatan berbasis sistem informasi, berdasarkan permasalahan di atas maka penulis mengusulkan adanya pengembangan sistem penjualan pada bengkel Cahaya Utama menggunakan metode Waterfall dengan Visual Studio Code dan database MySQL yang dapat mempermudah transaksi penjualan Dengan sistem informasi yang dibuat ini dapat membantu bengkel las Cahaya Utama dalam pengelolaan data agar lebih efektif dan efisien, serta dengan adanya sistem web ini mampu mengelola data dan mengatasi kehilangan data ataupun kerusakan data sehingga tidak memerlukan lagi pencatatan berkas-berkas kertas yang mudah rusak.

References

A. Wulandari, S. M. Sagita, and N. Dwitiyanti, “Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Jasa pada Bengkel Las Listrik Mitra Baja Abadi,” J. Ris. dan Apl. Mhs. Inform., vol. 2, no. 03, pp. 389–396, 2021, doi: 10.30998/jrami.v2i03.1254.

E. A. Mawarni, J. Suwita, and . Riyanto, “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Produk Fashion Berbasis Web Pada Toko Lidya Boutique,” Insa. Pembang. Sist. Inf. dan Komput., vol. 8, no. 1, 2020, doi: 10.58217/ipsikom.v8i1.170.

S. N. Perdana, “Perancangan Sistem Informasi Berbasis Web Pada Bengkel Mandiri Teknik,” Fak. Komun. Dan Inform. Univ. Muhammadiyah Surakarta, 2019.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Firdaus Pratomo, A., & Rama Putri, S. . (2023). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Berbasis Website Pada Bengkel Las Cahaya Utama Tajurhalang . LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(2), 310–319. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2600