Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Supplier Terbaik dengan menggunakan Metode Profile Matching

(Studi Kasus : PT. Global Polimer Indonesia)

Authors

  • Rasdiyana Universitas Pamulang

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Supplier terbaik, Profile Matching

Abstract

Supplier memegang peranan penting dalam ketersediaan bahan baku untuk berlangsungnya aktivitas produksi suatu perusahaan. Perusahan perlu mengambil sebuah keputusan untuk pemilihan supplier biji plastik terbaik agar dapat menjadi pemasok tetap dan meningkatkan produksi yang berkualitas. Pemilihan supplier di PT Global Polimer Indonesia selama ini belum menggunakan sistem yang terkomputerisasi dan masih dinilai secara subyektif. Sistem pendukung keputusan dapat membantu dalam pemilihan supplier pada PT Global Polimer Indonesia. Sistem pendukung keputusan yang saat ini berkembang dengan beberapa metodenya yang diantaranya adalah metode Profile Matching. Kriteria yang digunakan pada sistem pendukung keputusan penentuan supplier ini berdasarkan 3 (tiga) aspek penilaian yaitu aspek harga, aspek kualitas dan aspek pelayanan. Sistem pada penelitian ini diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, dan database menggunakan MySQL.

References

KUSRINI, Konsep Dan AplikasiSistem Pendukung Keputusan, Penerbit Andi, Yogyakarta. 2007.

Permana, A. A. J., & Alkautsar, Y. R. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Supplier Suku Cadang Mobil Pabrikan Eropa Dalam Konteks Interaksi Manusia Komputer. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 5(3), 142-148.

Hidayat, A. L., & Pinandita, T. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Karyawan Untuk Promosi Jabatan Struktural Pada Bimbingan Belajar Sciencemaster Menggunakan Metode Gap Kompetensi (Profile Matching). Jurnal Technoscientia, 5(2), 211-220.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Rasdiyana. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Supplier Terbaik dengan menggunakan Metode Profile Matching : (Studi Kasus : PT. Global Polimer Indonesia). LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(5), 1076–1083. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2518