Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Pada Penjualan Produk Sembako Berbasis Web
Studi Kasus: Warung Abah Murdika
Keywords:
Data Mining, Ilmu, Algoritma, Penjualan, BarangAbstract
Data mining merupakan salah satu cabang ilmu komputer yang banyak digunakan dan dipelajari oleh para ahli ilmu komputer dan programmer. Warung Abah Mudrika merupakan salah satu penjual sembako yang cukup lengkap, dimana selain menjual sembako juga menjual produk lainnya khususnya kebutuhan rumah tangga. Proses penjualan yang terjadi selama ini masih belum efektif. Mengalami kerugian seperti kehilangan pelanggan, karena apabila ada konsumen yang membutuhkan salah satu produk yang ada di grosir, namun ternyata stoknya habis tanpa adanya persiapan Kembali dalam menyediakan barang atau produk maka pelanggan itu akan beralih ke grosir lain.Penelitian ini memberi solusi untuk mengetahui barang apa saja yang sering dibeli oleh konsumen, dan tau bagaimana cara mengatur tata letak penyimpanan barang sehingga konsumen tidak merasa bingung saat mencari barang yang dia butuhkan. Algoritma Apriori dpat digunakan untuk mengklasifikasian barang atau produk sehingga pemilik toko mengetahui produk apa saja yang laku dan tidak sehingga dapat mengoptimasi penataan produk agar terlihat oleh pelanggan.
References
Syahdan and Sindar, “Data Mining Penjualan Produk Dengan Metode Apriori Pada Indomaret Galang Kota,” J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 2, 2018.
Saefudin and D. Fernando, “PENERAPAN DATA MINING REKOMENDASI BUKU MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI,” jsii, vol. 7, no. 1, 2020.
Suyanto, Data Mining Untuk Klasifikasi dan Klasterisasi Data. Bandung: Informatika, 2017.
A. Nursikuwagus, “IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI UNTUK ANALISIS PENJUALAN DENGAN BERBASIS WEB,” simet, 2016.
Ikhwan, ““Penerapan Data Mining dengan Algoritma Fp-Growth untuk Mendukung Strategi Promosi Pendidikan ( Studi Kasus Kampus STMIK Triguna Dharma ),” Saintikom, vol. 14, no. 3, 2018.