Perancangan Sistem Antrian Stok Barang Berbasis Web Dengan Metode First In First Out (FIFO)

(Studi Kasus : PT. Pinus Merah Abadi)

Authors

  • Aldi Maulana Universitas Pamulang
  • Endar Nirmala Universitas Pamulang

Keywords:

Sistem Informasi, Persediaan Barang, Stok Barang, Metode FIFO

Abstract

PT Pinus Merah Abadi merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang Distributor makanan ringan yang terletak di Poris Plawad Utara Jl. KH Hasyim Ashari No.149, RT.005/RW.003, Poris Plawad Utara, Kecamatan. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15141.  PT. Pinus Merah Abadi adalah salah satu perusahaan yang masih menggunakan Microsoft Excel dan belum tersinkronisasi secara realtime untuk mengolah seluruh data manajemen persediaan barang seperti penyimpanan data produk, stok barang masuk dan keluar, transaksi beserta masing-masing laporan yang ada. Selama ini pengolahan data dari admin gudang hanya ter-update sebulan sekali dalam format Microsoft Excel. Cara tersebut tidak terstruktur dan memakan waktu lama, terkadang tidak tahu jika ada barang masuk, sehingga terjadinya miskomunikasi dan pengolahan laporan yang di butuhkan sering terjadi keterlambatan tidak cepat dan tepat dalam memberikan laporan-laporan yang di butuhkan, hal ini terjadi karena sistem yang berjalan belum sepenuhnya membantu aktifitas pegawai dalam melakukan pekerjaannya. Berdasarkan analisa diatas, PT. Pinus Merah Abadi membutuhkan sistem dimana data barang yang masuk ataupun keluar akan segera ter-update secara otomatis setiap admin gudang dengan menerapkan metode FIFO pada sistem yang digunakan.

References

Fauziah, N. (2020). Analisis Faktor Ketidakpatuhan Pengisian Kartu Stok Obat di Apotek Karang Langit Menggunakan Metode Fishbone. Gresik : Program Studi Farmasi, Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Gresik, 4–16. http://eprints.umg.ac.id/3877/2/2020_TA_D3FAR_201702055_BAB II.pdf

Fuad, H., Budiman, A., & Kurniasari, D. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Paket Pernikahan Berbasis Web Study Kasus Di Wedding Organizer PJ Management. Sisfotek Global, 8(2), 136–141.

Handoko, R. (2022). PERANCANGAN SISTEM APLIKASI PERSEDIAAN BARANG PADA UD. KARYA BERSAMA MENGGUNAKAN ALGORITMA FIFO (FIRST IN FIRST OUT). J-Com (Journal of Computer), 2(1), 11–20.

Muka, H. K., Utomo, R. G., Teknik, F., & Magelang, U. M. (2021). PERANCANGAN SISTEM PENJUALAN BARANG DENGAN METODE FIFO ( FIRST IN FIRST OUT ) BERBASIS WEB ( Studi Kasus : Minimarket Mbah Mu ’ ah ).

Tika. (2018). ANALISIS MODEL ANTRIAN M/M/1 UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN KASIR DI TOKO SWALAYAN OMI CEMPAKA INDAH JAKARTA PUSAT. 1, 5–25.

WAHYUNI, M. (2019). ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA TAICHAN GORENG TEBET. Universitas Bakrie.

Downloads

Published

2023-08-21

How to Cite

Aldi Maulana, & Endar Nirmala. (2023). Perancangan Sistem Antrian Stok Barang Berbasis Web Dengan Metode First In First Out (FIFO) : (Studi Kasus : PT. Pinus Merah Abadi) . LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(5), 1320–1330. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2459