Perancangan Sistem Informasi Infaq Menggunakan Metode Extreme Programming Berbasis Web (Yayasan Bakti Pemuda Foundation)

Authors

  • Samsoni Universitas Pamulang
  • Subaidi Universitas Pamulang

Keywords:

Sistem Informasi, Infaq, Extreme Programming, Yayasan Bakti Pemuda Foundation

Abstract

Menunaikan infaq dapat dilakukan dengan sangat mudah seiring banyaknya suatu komunitas, yayasan, atau organisasi yang memfokuskan untuk menerima ZIS (Zakat, Infaq,dan sedekah) salah satunya adalah yayasan Bakti Pemuda Foundation. Pada praktiknya, sistem penerimaan infaq di Yayasan BPF masih konvensional. Hal tersebut dapat dilihat pada saat akan menghubungi donatur dan sistem penerimaan donasi. Pihak yayasan BPF mengonfirmasi hal tersebut dengan menggunakan sistem manual. Hal demikian dikhawatirkan akan menimbulkan kesalahan data. Selain itu, ada beberapa kelemahan yang ditemui apabila menggunakan system manual, yaitu pemberian surat yang dilakukan secara manual kepada pihak mustahik atau pengelola panti. Hal demikian dikhawatirkan terjadinya kerusakan pada surat tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu adanya suatu pembaharuan untuk mempermudah dalam berzakat, infaq,dan sedekah. Yayasan BPF memerlukan suatu sistem yang mampu mengatur database atau dokumen yang akan tersimpan dan terkalkulasi secara otomatis dan akurat. Dengan demikian peneliti akan melakukan penelitian rancang bangun sistem infaq dengan menggunakan metode Extreme Programming, di mana metode yang cepat dalam pengembangannya dan juga mampu menerima perubahan dan perbaikan pada setiap terjadi kesalahan. Dengan adanya sistem ini dapat mempermudah Yayasan Bakti Pemuda Foundation dalam mengelola infaq dan pencatatan pengeluaran sedekah, mempermudah pengelolaan infaq dan pencatatan pengeluaran sedekah secara sistematis dengan menggunakan database yang terkomputerisasi, serta dapat membantu Yayasan Bakti Pemuda Foundation dalam menjaga keakuratan data pengelolaan infaq dan pencatatan pengeluaran sedekah.

References

Andarsyah, Roni & Permata Sari, Ayu. (2019). Implementasi Metode Extreme Programming Pada Aplikasi Layanan Pengaduan PT.Pos Indonesia. Jurnal Teknik Informatika. Volume 11 - Nomor 2.

A Purba, Ramen. dkk. (2022). Pengembangan Sistem Informasi: Analisis, Pemodelan, dan Perangkat Lunak. IKAPI: Yayasan Kita Menulis.

Aziz, Farid. (2005). Object Oriented Programming dengan PHP5. Jakarta: Gramedia.

Handayani, dkk. (2020). Sistem Informasi Pengelolaan ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah Dan Wakaf) Berbasis Web. Jurnal Khatulistiwa Informatika. P-ISSN 2339-1928.

Hutahaean. (2014). Konsep Sistem Informasi. Yogyakata: CV Budi Utama.

Nurhayati & Wasilah. (2015). Akuntansi Syariah di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat

Pratama. (2014). Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung: Informatika Bandung.

Purnama Sari, Indah. (2021). Rekayasa Perangkat Lunak. Medan: UMSU PRESS.

Romindo, dkk. (2023). Rekayasa Perangkat Lunak. Padang: PT Global Ekekutif Teknologi

Sahrial, Rysa. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Zakat Infaq Shodaqoh Menggunakan Metodologi Extreme Programming. Jurnal Buana Informatika. Volume 9 Nomor 1 April 2018.

Sutabri, Tata. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Yayasan Bakti Pemuda Foundation. (2022). https://baktipemuda.org/.

Zubair Asghar, Muhammad. Batool, Ulfat. Farheen Bibi, Sadia Ismail, Rabail Zahra, Syeda. (2018). Financial Studio: Android Based Application for Computing Tax, Pension, Zakat and Loan.

International Journal of Academic Research. [ISSN: 2075-4124], Vol.4 Issue. 2 & pp. 96-117.

Widodo, A. W., & Kurnianingtyas, D. (2017). Sistem Basis Data. Malang: UB Press.

Fahmi, Amiq & Sugiarto, Edi. (2015). Aplikasi Sistem Informasi Geografis Manajemen Aset Wakaf. Prosiding SNATIF KE-2 Tahun 2015. ISBN: 978-602-1180-21-1.

Downloads

Published

2024-02-13

How to Cite

Samsoni, & Subaidi. (2024). Perancangan Sistem Informasi Infaq Menggunakan Metode Extreme Programming Berbasis Web (Yayasan Bakti Pemuda Foundation). LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(2), 368–375. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2430