Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Pola Penjualan Menggunakan Metode Algoritma Apriori
Studi Kasus: Coffe Shop Kopi Bonjera Jakarta
Keywords:
Data Mining, Metode Apriori, Analisis Pola Penjualan, Coffe Shop Kopi BonjeraAbstract
Dalam meningkatkan angka penjualan, Coffee shop Kopi Bonjera perlu merancang strategi penjualan produk, salah satunya dengan cara membuat promosi yang menarik bagi konsumen. Namun Pemilik Coffe shop seringkali kesulitan dalam menentukan pola penjualan yang tepat untuk diterapkan ke dalam bentuk promosi yang bisa menambah minat beli konsumen. Mengidentifikasi kebiasaan dan selera konsumen merupakan cara dalam menentukan pola penjualan untuk diterapkan ke dalam promosi yang lebih terarah dan tepat sasaran. Dengan memanfaatkan data-data transaksi penjualan yang ada, Coffee shop Kopi Bonjera dapat mengenali kebiasaan dan selera konsumen sehingga kondisi pasar dapat diketahui. Proses menentukan pola penjualan dapat dilakukan dengan menerapkan data mining menggunakan metode algoritma apriori. Metode algoritma apriori digunakan dalam menganalisis asosiasi antara penjualan produk satu dengan yang lainnya berdasarkan kebiasaan dan selera konsumen dengan memasukan data penjualan dalam jangka waktu yang ditentukan. Karena itu dibutuhkan suatu sistem yang dapat mengolah data penjualan dengan menganalisis asosiasi antara penjualan produk satu dengan yang lainnya untuk dijadikan strategi penjualan yang nantinya akan diterapkan dalam bentuk promosi paket menu, dengan begitu memungkinkan lebih dari satu produk terjual secara bersamaan dalam satu transaksi dapat sering terjadi, sehingga diharapkan dapat meningkatkan angka penjualan Coffe shop Kopi Bonjera.
References
Garaika, & Feriyan , W. (2018). Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Animo Calon Mahasiswa Baru Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara, XVI, 21-27.
Imroatun Qoni'ah, A. T. (2020). Analisis Market Basket Untuk Menentukan Assosiasi Rule Dengan Algoritma Apriori. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 26-33.
Kojongian , R., Lapian , J., & Tawas, H. (2019). Analisis Pengaruh Word Of Mouth, Iklan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Smartphone Xiaomi Manado. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, VII, 551-566.
Najib, B. A., & Suryani, N. (2020). Penerapan Data Mining Terhadap Data Penjualan Lapis Bogor Sangkuriang Dengan Metode Algoritma Apriori. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, VI, 61-70.
Prasetio, R. T., & Ripandi, E. (2019). Optimasi Klasifikasi Jenis Hutan Menggunakan Deep Learning Berbasis Optimize Selection. Jurnal Informatika, VI, 100-106.
Rhomadhona, H., Aprianti , W., & Permadi , J. (2021). Penerapan Data Mining Terhadap Data Penjualan Produk Kopi Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Sustainable: Jurnal Hasil Penelitian dan Industri Terapan, X, 65-73.
Ritha, N., Suswaini, E., & Pebriadi, W. (2021). Penerapan Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori Pada Poliklinik Penyakit Dalam (Studi Kasus: Rumah Sakit Umum Daerah Bintan). Jurnal Sains dan Informatika, VII, 222-230.
Setiyani, L., Wahidin, M., Awaludin , D., & Purwani, S. (2020). Analisis Prediksi Kelulusan Mahasiswa Tepat Waktu Menggunakan Metode Data Mining Naive Bayes : Systematic Review. Factor Exacta, XIII, 35-43.
Takdirillah, R. (2020). Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Terhadap Data Transaksi Sebagai Pendukung Informasi Strategi Penjualan. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, IV, 37-46