RANCANG BANGUN APLIKASI KNOWLEDGE MANAGEMENT PADA PELAYANAN JASA BERBASIS WEB DENGAN METODE AGILE DEVELOPMENT

STUDI KASUS : PT. CAKRAWALA INDONESIA SEJAHTERA

Authors

  • Caesar Lastiko Universitas Pamulang
  • Bagas Setiyaki Wicaksono Universitas Pamulang

Keywords:

Manajemen Pengetahuan, Organisasi, Codeigniter, PHP

Abstract

Knowledge management atau manajemen pengetahuan ini bisa kita artikan sebagai serangkaian alat, strategi dan metode untuk mempertahankan, menganalisa, mengorganisir, membagikan dan juga meningkatan informasi yang terdapat di dalam suatu perusahaan. Secara umum, tujuan dari knowledge management adalah guna meningkatkan efisien perusahaan dan juga menyimpan pengetahun yang terdapat di dalam perusahaan itu sendiri. Dengan adanya managemen pengetahuan ini, semua bagian yang terdapat di dalam perusahaan diharapkan mampu memperoleh pengetahuan dan wawasan terkait bisnis atau operasi yang dilakukan secara lebih mendalam. Konsep knowledge management berasal dan berkembang di dunia bisnis. Knowlegde management secara luas dapat diartikan sebagai pengelolaan atau managemen dari knowledge pada organisasi untuk menciptakan nilai bisnis dan membangun daya saing. Knowledge management mampu untuk menciptakan, mengkomunikasikan dan mengaplikasikan knowledge segala macam kegiatan bisnis untuk mencapai tujuan bisnis. Selain itu, di dalam sebuah organisasi, peran knowledge yang dimiliki secara keseluruhan dapat meningkatkan daya saing dan efisiensi kerja dari organisasi yang bersangkutan. Dalam era informasi penting untuk disadari bahwa aliran knowledge ke dalam dan ke luar organisasi berlangsung sangat cepat. Dengan pemanfaatan teknologi informasi dan telekomunikasi, revolusi penyebaran dan pemanfaatan knowledge bukan merupakan hal yang aneh. Banyak organisasi dewasa ini mengadopsi dan meng- implemnentasikan knowledge management system sebagai sarana dalam menunjang proses-proses yang terkait dengan pemberdayaan knowledge yang mereka miliki. Sistem yang dirancang dan dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP framework CodeIgniter, hasil pengujian menunjukkansistem dapat berjalan dengan baik dan dapat membantu dalam proses bisnis PT. Cakrawala Indonesia Sejahtera.

References

Arkan Perdana, (2022) Metode Scrum: Definisi, Cara Kerja, Manfaat, dan Peran- Peran di.

Dalamnya.https://glints.com

Elita & Mustikasari, (2019). Kajian Tentang Manajemen Pengetahuan (esson oI Knowledge management), SKIM IX, MAY 2019.

Hidaya, Syahidan, and Imam Baihaqi. (2019). Analisis dan Mitigasi Risiko Rantai Pasok pada PT. Crayfish Softshell Indonesia. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Ilhami, Firza. (2017). Manajemen Pengetahuan Tugas Akhir Mahasiswa Berbasis Ontologi dengan Pendekatan Web Semantik. Universitas Telkom. Bandung.

Jogiyanto, HM. (2001). Pengertian Aplikasi dan perkembangannya. Yogyakarta: Andi Ofset. Kusumadmo, E. (2013). Manajemen Strategik Pengetahuan. Yogyakarta: Cahaya Atma Pustaka. Laila, N. Wahyuni (2011) Sistem Informasi Pengolahan Data Inventory Pada Toko Buku Studi CV.

Aneka Ilmu Semarang.

Mardhotillah, Shinta. (2021). Analisis dan Perancangan Knowledge Management System Berbasis WEB dan WAP Studi Kasus SMAN 4 Tangerang Selatan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Navik Puryantini, R. A. (2017). Pengaruh Knowledge Management Terhadap Kinerja Organisasi dimediasi Inovasi di organisasi Penelitian pemerintah, Berkala Akutansi dan keuangan Indonesia (Vol. 02). Indonesia. Retrieved 2017.

Okfalisa, (2019). Peningkatan Efektif Pembelajaran Kolaboratif Melaliu Pembangunan Intergrated Knowledge Management System Berbasis Islam. Riau: f.

Pfeffer dan Suton dalam Kusumadmo (2013) Pengetahuan mencakup tacit knowledge dan explicit knowledge.

Putri, Heidy Anggraini. (2020). Manajemen Risiko Proyek Publik yang Dibiayai Swasta dengan Studi Kasus Proyek Penyediaan Air Minum di Wilayah X. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Riani, Meliani Christiani J. Pemodelan Menggunakan IDEF0 dengan Studi Kasus di DaytransvExecutive Shuttle Cabang Utama Bandung. Universitas Kristen Maranatha. Bandung.

Salma, Umme, and K.M. Anwarul Islam. (2019). Mobile Banking Operations and Banking Facilities to Rural People in Bangladesh. International Journal of Finance and Banking Research 2 (4)

: 147-162.

Sintaasih, (2021). Knowledge management dan Peran Strategic Partner Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Konsep dan Aplikasi dalam penelitian. Bandung: CV. media Sains Indonesia.

Stephen P. Robbins. 1994. Teori Organisasi, Desain, Struktur dan Aplikasi. Sutabri, Tata, (2004).

Analisa Sistem Informasi. Edisi Pertama.Yogyakarta: Andi.

Yustitadevy, Y. H. (2017). Pengaruh Dimensi Knowledge Managenent Terhadap Kinerja Karyawan Pada usaha pelayanan jasa Perbaikan Handphone di Kota Tarakan. Tarakan: Universitas Borneo Tarakan.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Caesar Lastiko, & Bagas Setiyaki Wicaksono. (2023). RANCANG BANGUN APLIKASI KNOWLEDGE MANAGEMENT PADA PELAYANAN JASA BERBASIS WEB DENGAN METODE AGILE DEVELOPMENT : STUDI KASUS : PT. CAKRAWALA INDONESIA SEJAHTERA. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(4), 954–975. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2397