Perancangan Sistem Absensi Berbasis Web pada MTs SALAFIYAH BODE

Authors

  • Yahya Nur Yanto YAHYA NUR YANTO PT.Nunuk Elektonik
  • Muhamad Mega Jihad Ramadhan Universitas Pamulang
  • Abdul Aziz Mardhotillah Universitas Pamulang
  • Ka'yibni Sibyan Universitas Pamulang
  • Aries Saifudin Universitas Pamulang

Keywords:

Engineering, Sistem, Automatic, Absensi, MTS SALAFIYAH BODE

Abstract

Sebuah sistem yang disebut Sistem Informasi Kehadiran Siswa menawarkan data laporan kegiatan siswa di sekolah. Pengolahan data kehadiran mahasiswa terus dilakukan secara manual di MTS Salafiyah Bode, dimulai dengan pembagian laporan kehadiran dan dilanjutkan melalui pengolahan data kehadiran hingga pembuatan laporan data kehadiran akhir. Sistem manual kurang efisien dan sering menyebabkan masalah yang mengakibatkan statistik kehadiran yang salah. Masalah lain dengan penyimpanan dokumen adalah hilangnya catatan kehadiran atau arsip, pencarian data untuk korupsi dalam arsip, dll. Dengan sistem informasi kehadiran mahasiswa berbasis web yang menggunakan software development model waterfall, Database MySQL dengan bahasa pemrograman PHP, Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat sistem absensi siswa bekerja lebih baik dan mempermudah pengumpulan data siswa. Manfaat dan hasil dari system informasi absensi siswa berbasis online ini adalah memberikan fasilitas yang memudahkan pengelola data absensi siswa yaitu guru, wali kelas, dan koordinator CC untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi.

 

References

A. Taqwa Martadinata, I. Z. (2021). Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi E-Commerce dengan Menggunakan Cms, WooCommerce dan Xendit. Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi E-Commerce dengan Menggunakan Cms, WooCommerce dan Xendit, 16-21.

Amrullah, D. (2017). Perancangan Sistem Informasi Absensi Siswa Berbasis Web pada SMK WIRA BUANA 1 BOGOR. academia.edu, 8.

Anggaraini, D. (2017). Makalah Perancangan Web Sistem Absensi. https://www.academia.edu/, 15.

Arie Prasetya, B. S. (2018). Implementasi Software E-Commerce dengan Content Management System (CMS) Zen Cart. Implementasi Software E-Commerce dengan Content Management System (CMS) Zen Cart, 1-42.

arri widiarto. (2022, 02 jum'at). Pengertian, Format, Tujuan, Manfaat, dan Aplikasi Absensi. Diambil kembali dari ayosemarang.com: https://www.ayosemarang.com/semarang-raya/pr-772750316/pengertian-format-tujuan-manfaat-dan-aplikasi-absensi-karyawan

Bakhel Share. (2019, 3 21). Bakhel Share. Diambil kembali dari Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi: Pengertian dan Tahapan: https://www.bakhel.com/2019/03/analisa-dan-perancangan-sistem.html

Chriystin, D. (2020). Perancangan Sistem Absensi Berbasis Web pada Program Studi PTI UNIMUDA Sorong. PETISI, 7.

Coudry Bernadeth, D. (2021). Penerapan E-Commerce Berbasis Web Menggunakan CMS Untuk Meningkatkan Penjualan. JURNAL SEKRETARI & ADMINISTARI, 129-138.

Hidayat, D. (2017). Perancangan Dan Implementasi Sistem E-commerce Dengan Menggunakan Cms Opencart Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Dan Pemasaran. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri, 220-229.

Maychel Jecsan, D. (2018). Implementasi dan Intalasi CMS E-Commerce Zen Cart. https://www.academia.edu/10501687/IMPLEMENTASI_DAN_INSTALASI_CMS_E_COMMERCE_ZENCART, 8-67.

Muhammad Robith Adani. (2020, 10 26). Sekawan Media. Diambil kembali dari Apa itu CMS? Kenali Lebih Dalam Mengenai Fungsi, Macam, dan Manfaatnya: https://www.sekawanmedia.co.id/blog/pengertian-cms/

Muhammad U Fahri. (2019). Php dan Mysql. academia.edu, 5.

purwanto. (2019). Perancangan Sistem. repository.uksw.edu, 1-10.

Ramadhan, D. (2017). Perancangan Web Sistem Absensi. https://www.academia.edu/, 15.

Winata, D. (2021). Pengembangan Absensi Siswa Berbasis Aplikasi Web Di Sekolah Menengah Kejuruan. https://journal.umkendari.ac.id/index.php/decode/article/view/26, 1-7.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

YAHYA NUR YANTO, Y. N. Y., Muhamad Mega Jihad Ramadhan, Abdul Aziz Mardhotillah, Ka’yibni Sibyan, & Saifudin , A. . (2023). Perancangan Sistem Absensi Berbasis Web pada MTs SALAFIYAH BODE. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(4), 976–983. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2372

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.