Analisa Perbandingan Penggunaan Pupuk NPK Dan Pupuk Kompos Pada Tanaman Hortikultura Menggunakan FIS Mamdani

(Studi Kasus : Kelompok Tani Karya Tugu Mandiri)

Authors

  • Indah Purwati Universitas Pamulang
  • Hadi Zakaria Universitas Pamulang

Keywords:

Himpunan Fuzzy, Logika Fuzzy Mamdani, Hortikultura, Pupuk Kompos, Pupuk NPK

Abstract

Tanaman Hortikultura merupakan salah satu Teknik budidaya sayuran yang sangat diminati, dikarenakan selain tidak memakan lahan yang luas tanaman inipun gampang untuk dirawat. Tanaman hortikultura banyak jenis nya mulai dari sawi, cabai, bayam, kangkung dan masih banyak lainnya. Namun ada masalah yang muncul dalam praktek budidaya tanaman tersebut yaitu pemberian pupuk yang tidak sesuai dengan kebutuhan tanamannya sehingga membuat hasil panen sayuran menurun. Maka dari itu peneliti membuat sistem menggunakan Fuzzy Inference System metode mamdani dengan bahasa pemrograman Java, serta database MySQL sebagai penyimpanan data. Selain itu penulis melakukan perbandingan dari kedua pupuk tersebut dengan tujuan untuk mengetahui pupuk mana yang lebih menghasilkan sayuran yang memiliki kualitas paling baik. Diharapkan pembuatan sistem aplikasi tersebut dapat membantu para pembudidaya sayuran hortikultura untuk memberikan komposisi pupuk yang sesuai dengan kebutuhan sayur tersebut dan lingkungannya, agar mendapatkan hasil panen dengan kualitas yang terbaik dan meminimalisir kegagalan serta kerugian panen.

References

Muhammad, F. N. (2021). PENGEMBANGAN APLIKASI PSPM BERBASIS ANDROID BERBANTUAN ANDROID STUDIO DAN VISUAL CODE STUDIO DALAM MENUNJANG SISTEM INFORMASI JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA. Doctoral dissertation.

Mukti, N. e. (2022). Penyuluhan Pembuatan Pupuk Organik Cair di Dusun Hombes Desa Labawang Kecamatan Keera Kabupaten Wajo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JurDikMas) Sosiosaintifik, 4(2), 77-81.

Nurfadillah, N. (2022). PEMODELAN EMISI GAS RUMAH KACA PADA LAHAN SAWAH MENGGUNAKAN SISTEM DINAMIK DI KABUPATEN BONE= MODELING OF GREENHOUSE GAS EMISSIONS IN RICEFIELD USING SYSTEM DYNAMICS IN BONE DISTRICT. Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin, 19.

Rahmansyah, M. R. (2017). Sistem Informasi Buku Tamu Berbasis Web Pada Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat.

Subakti, A. B. (2020). Sistem Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Penentuan Optimasi Ragi Tempe Pada Proses Fermentasi Tempe Kedelai Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani (Studi Kasus: Pengrajin Tempe Kedelai Desa Bulu Cina). Jurnal Ilmiah Simantek, 4(2), 146-160.

Suwandi, E. (2018). Analisis tingkat kepuasan menggunakan skala likert pada layanan speedy yang bermigrasi ke indihome. Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura, 1(1).

Taluke, D. L. (2019). Analisis preferensi masyarakat dalam pengelolaan ekosistem mangrove di pesisir pantai kecamatan loloda kabupaten halmahera barat. Spasial, 6(2), 531-540.

Zakaria, H., Nurjaya. (2021). Sistem Penilaian Kinerja Dosen Dengan Menggunakan Fuzzy Inference System Metode Mamdani. Journal of Artificial Intelligence and Innovative Applications (JOAIIA), 2(4), 240-255

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Indah Purwati, & Hadi Zakaria. (2023). Analisa Perbandingan Penggunaan Pupuk NPK Dan Pupuk Kompos Pada Tanaman Hortikultura Menggunakan FIS Mamdani: (Studi Kasus : Kelompok Tani Karya Tugu Mandiri). LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(2), 119–127. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2354

Most read articles by the same author(s)