Implementasi Data Mining Untuk Memprediksi Produktivitas Pada Tanaman Kacang Tanah Menggunakan Metode Naive Bayes

(Studi Kasus : Perkebunan Kacang Tanah Di Kota Bogor)

Authors

  • Liyana Febriyanti Universitas Pamulang
  • Hadi Zakaria Universitas Pamulang

Keywords:

Cuaca, Naive Bayes, Web, Sistem Prediksi

Abstract

Dalam kehidupan sehari–hari, iklim memiliki pengaruh yang cukup besar pada jenis tanaman dan pertumbuhan tanaman. Keadaan iklim yang terjadi pada suatu daerah dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman yang menyebabkan naik turun nya produktivitas. Lahan yang subur menjadi faktor penunjang perkembangan pertumbuhan tanaman. Di Indonesia masih banyak masyarakat yang menggunakan sistem manual dalam pengolahan lahan mereka, sehingga harus memperhatikan perhitungan cuaca agar tidak terjadi gagal panen, sebab cuaca yang sering berubah akhir-akhir ini banyak mempengaruhi jumlah hasil panen.

References

Prasetyo,Tri;Wiliantaro,Pandu;Zakaria,Hadi(2022).Analisis Layanan Pelanggan PT PLN Berdasarkan Media Sosial Twitter Dengan Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier. OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer dan Science,1(6),573-582.

Rifai,Farid,Moch;Jatnika,Hendra;Valentino,Bowval(2019).Penerapan Algoritma Naïve Bayes Pada Sistem Prediksi Tingkat Kelulusan Peserta Sertifikasi Microsoft Office Specialist (MOS).PETIR : Jurnal Pengkajian dan Penerapan Teknik Informatika,12(2),2655-5018.

Fadlan,Chairul;Ningsih,Selfia;Windarto,Perdana,Agus(2018).Penerapan Metode Naive Bayes Dalam Klasifikasi Kelayakan Keluarga Penerima Beras Sastra.JUTIM : 3(1),Juni 2018

Natasya,Mita,Fitria(2021).Implementasi Metode Klasifikasi Naïve Bayes Dalam Memprediksi Produktivitas Hasil Pertanian Bawang Merah. AL-MANTIQ : Jurnal Multidisciplinary Applications of Quantum Information Science,1(01).

Syarli;Muin,Ashari,Asrul(2016).Metode Naïve Bayes Untuk Prediksi Kelulusan(Studi Kasus:Data Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi). Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 2(01),April 2016.

Heksaputra,Dadang;Azani,Yopi;Naimah,Zumrotun,Naimah;Iswari,Lizda(2013). Penentuan Pengaruh Iklim Terhadap Pertumbuhan Tanaman dengan Naïve Bayes.SNATI : Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi,1907-5022.

Fitri,Laily,Diana(2016). Model Data Mining Dalam Penentuan Kelayakan Pemilihan Tempat Tinggal Menggunakan Metode Naive Bayes.SIMETRIS:Jurnal Simetris,7(2),2252-4983.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Liyana Febriyanti, & Hadi Zakaria. (2023). Implementasi Data Mining Untuk Memprediksi Produktivitas Pada Tanaman Kacang Tanah Menggunakan Metode Naive Bayes: (Studi Kasus : Perkebunan Kacang Tanah Di Kota Bogor). LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(2), 105–118. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2353

Most read articles by the same author(s)