Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Akibat Gigitan Nyamuk Dengan Metode Bayes Berbasis Web

Authors

  • Joko Riyanto Universitas Pamulang
  • Gemmagalgani Sada Universitas Pamulang

Keywords:

Sistem Pakar, Penyakit Akibat Gigitan Nyamuk, Metode Bayes

Abstract

Sistem pakar adalah sebuah sistem yang menggunakan pengetahuan manusia dimana pengetahuan tersebut dimasukan ke dalam sebuah komputer dan kemudian digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang biasanya membutuhkan kepakaran atau keahlian manusia. Seseorang yang bukan pakar menggunakan sistem pakar untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi salah satunya masalah kesehatan. Pengetahuan tentang jenis penyakit akibat gigitan nyamuk seperti Demam Berdarah dangue(DBD),Malaria, Kaki Gajah,dan Chikungunya. Dalam bidang kesehatan, sistem pakar ini tentunya akan sangat memudahkan masyarakat untuk mendiagnosa gejala awal penyakit dan memberikan solusi penyakit tersebut tanpa harus bertemu langsung dengan dokter. Metode yang diterapkan dalam sistem pakar ini adalah Teorema Bayes. Metode ini dapat melakukan pengambilan keputusan (inferensi) probabilistic. Inferensi probabilistic adalah memprediksi nilai variabel yang tidak dapat diketahui secara langsung dengan menggunakan nilai-nilai variabel lain yang telah diketahui.

References

Alwi Qadri, S. Q. (2020). Sistem Pakar Mendiagnosa Akibat Gigitan Nyamuk Menggunakan Metode Forward Chaining. Jpcs Vol. 2 No. 1 Mei 2020, 2, 314-320.

Hafni, L., & Simanjuntak, M. (2018). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Sinusitis Menggunakan Metode Bayes Berbasis Web. Jurnal Informatika Kaputama (Jik), Vol 2 No 1, Januari 2018, 2, 9-15.

Rusdiyanto. (2018). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Akibat Gigitan Nyamuk Dengan Metode Bayes Berbasis Web. Jutim, Vol 3 No.1, Juni 2018, 3, 30-40.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. . Bandung: Alfabeta.

Syahputra, G. R. (2020). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Aedes Aegypti Dengan Metode Forward Chaining (Fc ) Berbasis Web. Jimtek : Jurnal Ilmiahfakultas Teknikvolume 1 | Nomor 1 | Maret 2020, 1, 50-61.

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

Riyanto, J. ., & Sada, G. . (2023). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Akibat Gigitan Nyamuk Dengan Metode Bayes Berbasis Web. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(3), 695–700. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2230