Sistem Aplikasi Stok Barang Berbasis Web Menggunakan PHP Dan MySQL Pada PT. Mitra Alas Selaras

Authors

  • Riki Muhammad Nurhidayat Universitas Pamulang
  • Agung Perdananto Universitas Pamulang

Keywords:

Stok barang, PHP, MySQL, Waterfall, UML

Abstract

PT. Mitra Alas Selaras merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distributor sandal dan sepatu gunung. Sistem yang digunakan saat ini memiliki permasalahan pada proses pengolahan data barang masuk dan keluar, data pengiriman, data pelanggan, dan pendataan stok barang hanya dicatat pada pada selembar kertas sebelum disalin kembali ke komputer oleh admin. Akibat dari permasalahan tersebut, terkadang terjadi kesalahan dalam perhitungan barang, kendala pencatatan dan pembuatan laporan barang masuk dan keluar, dan pada bulan-bulan tertentu arus masuk dan keluar barang dapat mencapai ribuan pasang sehingga sering terjadi selisih stok barang yang disebabkan oleh kesalahan helper atau admin gudang dalam proses pencatatan keluar dan masuk barang. Selain itu, sulitnya untuk menemukan data barang yang dibutuhkan karena penumpukan berkas yang banyak dan cukup banyak memakan waktu untuk proses pencarian berkasnya, sehingga dapat menghambat pekerjaan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sistem aplikasi pengelolaan persediaan barang yang dapat menangani barang masuk dan keluar, stock barang, dan data pengiriman dengan menggunakan metode pengembangan sistem Waterfall dan Unified Modelling Language (UML) untuk pemodelan visual yang digunakan untuk membuat sistem berorientasi objek, sehingga dapat membantu proses bisinis di PT. Mitra Alas Selaras.

References

Anggraeni, E. Y., & Irviani, R. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Azhari, R. H., & Mauluddin, S. (2018). Sistem Informasi Inventory Barang Berbasis Desktop di PT. Cisangkan Bandung. Jurnal Unikom, 86-93.

Fridayanthie, E., & Mahdiati, T. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan ATK Berbasi Intranet (StudiI Kasus: Kejaksaan Negeri Rangkasbitung). JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, VOL. IV, NO. 2, 126-137.

Haqi, B. M., & Setiawan, H. S. (2019). Aplikasi Absensi Dosen dengan Java dan Smartphone sebagai Barcode Reader. Elex Media Komputindo.

Lubis, A., Adrian, M., & Yuningsih. (2017). Aplikasi Pembelajaran Istilah Latin Yunani Untuk Mata Pelajaran Biologi Berbabasi Android Studi Kasus (Madrasah Aliyah Pesantren Persis). e-Proceeding of Applied Science, Vol.3, No.3, 1534-1543.

Muslihudin, M., & Oktafianto. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstrukturdan UML. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Najwaini, E., Purnama, & Aulia, N. R. (2020). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web pada Alzena Hijab Store Banjarmasin. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 2473-2482.

Prabowo, A., & Syani, M. (2017). Sistem InformasiI Pengolahan Sertifikat Berbasis Web Di DivsiI Training Seamolec (Vols. JMII Vol 2, No. 1). Jurnal Masyarakat Informatika Indonesia.

Rakhmah, S. N., & Devi, P. A. (2021). Sistem Informasi Persediaan Stok Barang Berbasis Web Pada Toko Putra Gresik. Jurnal Fasilkom, 157-164.

Rossa, A., & Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika Bandung.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Riki Muhammad Nurhidayat, & Agung Perdananto. (2023). Sistem Aplikasi Stok Barang Berbasis Web Menggunakan PHP Dan MySQL Pada PT. Mitra Alas Selaras. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(4), 813–825. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2205