Perancangan Dan Implementasi Game Edukasi “Math in Space” Sebagai Media Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Bulat Matematika Tingkat Sekolah Dasar Berbasis Android

Authors

  • Alfian Nathanufa Universitas Pamulang
  • Achmad Udin Zailani Universitas Pamulang

Keywords:

Matematika, Game Edukasi, C#

Abstract

Saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sudah berkembang dengan sangat pesat, tentunya perkembangan ini dapat kita manfaatkan ke sesuatu yang positif serta bermanfaat bagi anak - anak, khususnya di bidang pendidikan ke dalam bentuk game edukasi. Game edukasi ini diharapkan dapat membantu proses belajar anak – anak khususnya di pelajaran matematika, karena masih banyak anak – anak yang menganggap pelajaran matematika itu sulit, membosankan, bahkan dianggap sebagai “momok” yang menakutkan. Pelajaran matematika sebenarnya menyenangkan, tentunya dibutuhkan motivasi belajar yang tinggi serta semangat yang besar. Salah satu cara untuk meningkatkan semangat anak – anak dalam belajar matematika adalah dengan menerapkan metode pembelajaran yang tepat, contohnya adalah melalui alat peraga, simulasi, atau game edukasi. Untuk itulah hati penulis menjadi tergerak untuk menciptakan game edukasi berbasis Android khusus untuk pelajaran matematika. Tujuan penulis membuat game edukasi ini agar dapat membawa dampak positif yaitu memberikan pengetahuan matematika dasar pada anak - anak khususnya untuk berhitung dengan benar, sehingga suasana belajar matematika menjadi lebih menyenangkan.

References

Adani Robith Muhammad. (2020). MySQL: Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan. https://www.sekawanmedia.co.id/blog/pengertian-mysql/

Adrian, Q. J., & apriyanti, apriyanti. (2019). GAME EDUKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK ANAK SD KELAS 1 DAN 2 BERBASIS ANDROID. Jurnal Teknoinfo, 13(1), 51–54. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/article/view/159

Anis, H. (2021). Strategi Penggunaan Media Pembelajaran. https://hermananis.com/strategi-penggunaan-media-pembelajaran/

Syafnidawaty. (2020). White Box Testing. https://raharja.ac.id/2020/10/19/white-box-testing/

Elisa Edi. (2016). Pengertian Media Pembelajaran. https://educhannel.id/blog/artikel/pengertian-media-pembelajaran.html

Ervera Nur Arifah, R. (2019). PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BILOMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 SD DEVELOPMENT OF BILOMATIKA EDUCATIONAL GAME TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES ON MATHEMATICS IN THE FIRST GRADE OF ELEMENTARY SCHOOL. 6(6), 617–624. https://doi.org/10.25126/jtiik.201961310

Filus Teo. (2017, Januari 18). Pengenalan Bahasa Pemrograman C#. https://codepolitan.com/blog/pengenalan-bahasa-pemrograman-c-587effa1cb95b

Huda, N. (2019, Desember 30). Membuat Dan Menjalankan Emulator Android. https://jagongoding.com/android/membuat-dan-menjalankan-emulator-android/

Muiz, A. (2022, September 26). Apa itu JDK? Pengertian Java Development Kit - Adam Muiz. https://adammuiz.com/java-development-kit/

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. 03(01), 171.

Pramuditya, S. A., Noto, M. S., & Purwono, H. (2018). Desain Game Edukasi Berbasis Android pada Materi Logika Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 165–179. https://doi.org/10.33603/JNPM.V2I2.919

R Juliarto. (2021). Apa itu UML? Beserta Pengertian dan Contohnya. https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-uml/

Ramadhan, T., Amirulloh, A., Risnasari, M., & Ningsih, P. R. (2019). PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA (OPERASI BILANGAN PECAHAN) BERBASIS ANDROID UNTUK SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Edutic : Pendidikan Dan Informatika, 5(2), 115–123. https://doi.org/10.21107/EDUTIC.V5I2.5355

Roedavan Rickman. (2014). UNITY Tutorial Game Engine. Bandung: Informatika.

Silvianita Helva. (2022, Juni 11). Pengertian Game : Sejarah, Manfaat dan Jenis-Jenisnya [LENGKAP]. https://www.nesabamedia.com/pengertian-game/

Sudjarwadi Agus. (2018). Dasar Perancangan Game Bagian 1: Formal Element. https://docplayer.info/70321503-Dasar-perancangan-game-bagian-1-formal-element.html

Syafnidawaty. (2020). Black Box Testing. https://raharja.ac.id/2020/10/20/black-box-testing/

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Alfian Nathanufa, & Achmad Udin Zailani. (2023). Perancangan Dan Implementasi Game Edukasi “Math in Space” Sebagai Media Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Bulat Matematika Tingkat Sekolah Dasar Berbasis Android. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(4), 790–800. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2177