SELEKSI PEGAWAI MENGGUNAKAN SISTEM BERBASIS WEB METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING

STUDI KASUS : PT. INDORACK MULTIKREASI

Authors

  • Fuad Rahman Hakim Universitas Pamulang

Keywords:

Perusahaan, Seleksi, Kepegawaian, Informasi, Sistem

Abstract

PT. INDORACK MULTIKREASI adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur yang sudah berdiri sejak tahun 1993. Perusahaan ini memliki jumlah karyawan lebih dari 20 orang yang memiliki aktivitas kerja sesuai divisi masing-masing. PT. INDORACK MULTIKREASI, setiap divisi memiliki jadwal kerja sesuai peraturan perusahaan yang sudah berlaku sejak berdirinya perusahaan dalam menjalankan kewajiban divisi masing-masing. PT. INDORACK MULTIKREASI memiliki kebutuhan dalam seleksi kepegawaian untuk menentukan kriteria pegawai terbaik pada perusahaan yang bertujuan mengetahui beberapa karyawan terbaik untuk menjadikan calon-calon pimpinan perusahaan pada beberapa divisi kerja. Proses seleksi saat ini masih dilakukan dengan cara sederhana yaitu antara kedekatan pimpinan yang sedang menjabat dengan para pegawai dengan memilih langsung calon kandidat pimpinan. Hal ini tentu sangatlah kurang efektif dengan tidak mengetahui jelas kapasitas dari beberapa calon kandidat tanpa melihat beberapa prestasi maupun nilai dari karyawan yang akan dipilih. Adanya permasalahan tersebut, PT. INDORACK MULTIKREASI membutuhkan solusi untuk mengetahui tingkat ketepatan dalam proses seleksi pegawai dengan menambahkan media informasi berbasis web, sistem yang dibangun menerapkan sistem pendukung keputusan dengan penerapan metode yaitu Simple Additive Weighting.

References

Alifah, N., & Cahyo, A. (2018). Analisis dan perancangan desain sistem informasi perpustakaan sekolah berdasarkan kebutuhan sistem. 14(1). https://doi.org/10.22146/bip.28943

Andreyan Rizky Baskara, Yuslena Sari, dan M. A. A. (2021). Sistem Penerimaan Pegawai Sales KPR Pada Bank Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis. Universitas Lambung Mangkurat, Volume 8,.

Antonio, H., & Safriadi, N. (2012). Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi. 4(2), 12–15.

Fuad, H., Budiman, A., & Kurniasari, D. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Paket Pernikahan Berbasis Web Study Kasus Di Wedding Organizer PJ Management. Sisfotek Global, 8(2), 136–141.

Gani, A. (2019). Analisa Perbandingan Metode Simple Additive Weighting ( SAW ) Dan Weight Product ( WP ) Dalam Pemilihan Kamera Mirrorless. 14(2).

Juliany, I. K., Salamuddin, M., & Dewi, Y. K. (2018). Perancangan Sistem Informasi E-Marketplace Bank Sampah Berbasis Web. Irma Kurnia Juliany, 19–24.

Marpaung, N., Handayani, M., & Yesputra, R. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Terbaik Dengan Metode Weighted Product (WP) Pada STMIK Royal. Seminar Nasional Royal 2018, 9986(September), 267–270.

Misi, J., Manajemen, J., Dan, I., & Informasi, S. (2020). Definisi Codeigiter. 3(2).

Otto Fajarianto, Ardiyanto S. Widodo, Muhammad Iqbal Hanafri, Arianto, dan A. M. F. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penerimaan Calon Karyawan Outsourching Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Sains Dan Informatika.

Pratama, A. D. P. S. E. K. M. U. M. T. P. M. M. S. P. C. C. (2018). Analisis Dan Perancangan Sistem Evaluasi Kinerja Marketing Untuk Menunjang Tingkat Penjualan Menggunakan Metode SAW Pada CV. Cipta Pratama.

RAMADHAN, I. (2020). SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT (WP) DALAM MENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN PEGAWAI BARU.

Setiowaty, E. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Pada PT. Surya Darma Perkasa Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Nusamandiri.

Shalahuddin, S. R. &. (2017). Proses Seleksi Karyawan Baru Bagian Sales Pada PT. Mitra Sukses Karya Bersama Bekasi. Administrasi Kantor, Volume 5,.

Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Pegawai Mikro Kredit Sales (MKS) Menggunakan Metode Analytical Hierachy Process-Simple Additive Weighting (AHP-SAW). (2015).

Sma, P., Pacet, N., & Jawa, C. (2019). Definisi Framework Bootstrap. 6(2), 119–127.

Syahputra, G., Yetri, M., & Syahra, Y. (2019). Sistem Pendukung Keputusan dalam Menentukan Kelayakan Lokasi Tower pada PT. Winer Medan dengan Menggunakan Metode Weight Product. Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika Dan Komputer), 18(1), 70. https://doi.org/10.53513/jis.v18i1.106

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Fuad Rahman Hakim. (2023). SELEKSI PEGAWAI MENGGUNAKAN SISTEM BERBASIS WEB METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING : STUDI KASUS : PT. INDORACK MULTIKREASI. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(4), 763–769. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2163