Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Powtoon Pada Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Asep Saefurrohman Universitas Islam Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Oman Farhurrohman Universitas Islam Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Rachma Azzahra Universitas Islam Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Keywords:

Research and Development, Powtoon, Hasil Belajar

Abstract

Pada penelitian ini masih banyaknya siswa kelas IV Annisa yang mendapatkan nilai IPS dibawah KKM (73). Tujuan dari penellitian ini yaitu untuk menghasilkan pengembangan dengan model media Powton serta dengan menguji kefektifan model pembalajaran Powtoon dalam hasil peserta didik pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD. Uji coba ini dulakukan menggunakan model Research and Development (R&) yang meliputi (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). hasil belajar peserta didik tersebut sudah melewati dari batas persentase yang sudah ditetapkan ketuntasan klasikal yaitu 85%. Hal ini menunjukkan hasil model media  Powtoon efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada pembelajaran IPS. Berdasarkan hasil uji validasi media video animasi berbasis Powtoon dapat diketahui bahwa dosen ahli media memberikan skor 40 dari skor maksimal 45 sehingga memperoleh rata-rata persentase 88% dengan kriteria "Sangat Layak", sedangkan dari dosen ahli materi memberikan skor 37 dari skor maksimal 40 sehingga memperoleh rata-rata persentase 92% dengan kriteria "Sangat Layak". Hal ini menghasilkan  maka media video animasi berbasis Powtoon layak untuk menjadikan media pembelajaran. Adapun berdasarkan hasil uji coba media video animasi berbasis Powtoon pada pembelajaran IPS di kelas IV Annisa SDIT Bina Bangsa, hasil belajar peserta didik menunjukkan adanya peningkatan sebesar 15,8%. Sebelum uji coba produk, peserta didik memperoleh nilai rata-rata persentase 71,7% dan setelah melakukan uji coba produk, peserta didik memperoleh rata-rata persentase 87,5%.

References

Widyawati, Eci. "Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon Pada Pembelajaran Tematik Tema Berbagai Pekerjaan Kelas IV SD/MI". (Skripsi, UIN Raden Intan Lampung Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Lampung, 2021).

Sumiharsono, Rudy dan Hisbiyatul Hasanah. Media Pembelajaran. Jember: CV. Pustaka Abadi, 2018.

Lusyana, Evvy dan Tri Kurniah. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Sumatera Barat: CV. Azka Pustaka, 2022.

Aeni, Sofiatul. dkk. "Pengembangan Media KOPER (Kotak Permainan) Pada Tema 7 Kebersamaan". Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 3, No. 3 (2019): 162.

Hakim, Arief Rahman. "Efektivitas Permainan Tradisional Gobag Sodor Untuk Pembelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar". Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, Vol. 1, No. 1 (2017): 35

Kuswanto, Joko. "Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas IX". Jurnal Media Infotama, Vol. 14, No. 1 (2018): 15.

Mahdalena, Sari dan Moh. Sain. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VA Siswa Sekolah Dasar Negeri 010 Sungai Beringin". Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 1 (2020): 120-121.

Wulandari, Yani. dkk. "Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V". Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 8, No. 2 (2020): 269.

Sugiyono, dalam Ketut Agustin dan Jero Gede Ngarti. "Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R&D". Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 4 No. 1 (2020): 65.

Riyanti, Misna dan Nida Jarmita. "Pengembangan Media Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Materi Unsur-Unsur Bangun Datar". Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, Vol. 13, No. 01 (2021): 84.

Sabilla, Aprilia Fani. Sony Irianto dan Badarudin. "Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Animasi Powtoon di Kelas IV SD Universitas Muhammadiyah Purwokerto". Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol. 6, No. 3 (2020): 361.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Asep Saefurrohman, Oman Farhurrohman, & Rachma Azzahra. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Powtoon Pada Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(4), 696–704. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2123