Rancang Bangun Aplikasi Antrian Secara Realtime Dengan Fitur Push Notification Menggunakan Smartphone Berbasis Android

Studi Kasus: Klinik Sandiana

Authors

  • Mohamad Eko Saifudin Unifersitas Pamulang
  • Hadi Zakaria Universitas Pamulang

Keywords:

Antrian, Pendaftaran, Mobile Application, Android, Push notication

Abstract

Klinik Sandiana merupakan klinik kecantikan untuk perawatan kulit wajah. Klinik Sandiana dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan memberikan perawatan yang baik melalui dokter ahli dibidang estetika medis. Untuk mendapatkan perawatan kecantikan di Klinik Sandiana diperlukan pendaftaran terlebih dahulu, pendaftaran yang dilakukan saat ini masih menggunakan cara manual pada kertas yang dirasa masih kurang efektif, sehingga menyebabkan antrian panjang yang membuat pasien merasa tidak nyaman dan pulang begitu saja tanpa mendapatkan hasil. Hal ini juga terjadi karna kelalaian pihak klinik dan tidak adanya pembaharuan informasi mengenai antrian berjalan secara realtime. Dalam mengatasi masalah tersebut, Penulis melakukan penelitian untuk membuat aplikasi Sistem antrian berbasis Android dengan push notification untuk memudahkan karyawan dalam mengelola data pendaftaran dan mengetahui informasi antrian secara realtime kepada pasien sehingga pasien tidak perlu khawatir akan tertinggalnya panggilan antrian, karna proses antrian dan pendaftaran yang sedang berjalan dapat dilihat langsung secara online tanpa harus datang ke klinik. Dalam penulisan ini, penulis menggunakan bahasa pemrograman yaitu Java dan Android Studio, serta database MySQL sebagai penyimpanan data pasien dan Model Waterfall sebagai perancangannya.Diharapkan sistem antrian ini dapat mempermudah proses pendaftaran dan penyampaian informasi antrian secara realtime, yang dapat memudahkan pasien dalam melakukan pendaftaran untuk antrian, sehingga tidak terjadi lagi antrian panjang dan dapat mengetahui antrian yang sedang berjalan dengan adanya fitur push notification, Sehingga pasien merasa aman dan nyaman pada saat melakukan pendaftaraan diklinik sandiana.

References

Zakaria, Hadi; Sewaka; Punkastyo, Dimas Abisono. "Interaksi Manusia dengan Komputer". Tangerang Selatan : Unpam Press (2021)

Fitrianto1, A. E., Maulindar2, J., & Pradana3, A. I. (n.d.). PERANCANGAN APLIKASI ANTRIAN PASIEN PADA KLINIK PRATAMA MTA SURAKARTA BERBASIS MOBILE.

Jurnal, H., Ridwan, R., Kustian, N., & Ambarsari, W. (2022). PERAN DATA STORE DALAM MEMPRESENTASIKAN HUBUNGAN DATA FLOW DIAGRAM SSADM DENGAN ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM. JURITEK, 2(2).

Nasution, H. A., Lubis, H., & Hadinata, E. (2022). Perancangan Aplikasi Sistem Antrian Calon Perserta Pemilihan Dengan Menggunakan Metode Single Channel Single Phase. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi, 5(1).

Sari, I. P., Jannah, A., Meuraxa, A. M., Syahfitri, A., & Omar, R. (2022). Perancangan Sistem Informasi Penginputan Database Mahasiswa Berbasis Web. Hello World Jurnal Ilmu Komputer, 1(2), 106–110. https://doi.org/10.56211/helloworld.v1i2.57

Siddik, M., & Nasution, A. (2018). Seminar Nasional Royal (SENAR) 2018 ISSN 2622-9986 (cetak) STMIK Royal-AMIK Royal. In online) Kisaran, Asahan.

Suhatsyah, M. (2022). APLIKASI PEMETAAN OBJEK WISATA DI KABUPATEN KARIMUN DENGAN LAYANAN LOCATION BASED SERVICE BERBASIS ANDROID. In Jurnal TIKAR (Vol. 3, Issue 1).

Zulfikar, R. A., & Supianto, A. A. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Antrian Poliklinik Berbasis Mobile. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(3), 361.

Fadilah, Dila; Zakaria, Hadi.(2022). Implementasi Push Notification Pada Mobile Application Untuk Absensi Siswa Berbasis Android Dengan Firebase Cloud Messaging. OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer dan Science, 1(9), 1500–1511.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Mohamad Eko Saifudin, & Hadi Zakaria. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Antrian Secara Realtime Dengan Fitur Push Notification Menggunakan Smartphone Berbasis Android: Studi Kasus: Klinik Sandiana. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(4), 718–734. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/1914

Most read articles by the same author(s)