SISTEM INFORMASI APLIKASI PENENTUAN JURUSAN YANG SESUAI DENGAN MINAT MENGGUNAKAN PENDEKATAN FUZZY SUGENO

STUDI KASUS : SMK FADILAH

Authors

  • Anissa Puspitasari Universitas Pamulang
  • Hadi Zakaria Universitas Pamulang

Keywords:

Aplikasi, PHP, MySQL, Fuzzy Sugeno, Framework

Abstract

SMK Fadilah merupakan salah satu Lembaga Pendidikan yang berada di Tangerang Selatan. Pada sekolah tersebut terdapat lima jurusan yang masing-masing memiliki kriteria tertentu. Setiap calon siswa SMK yang akan mendaftar sekolah akan mengalami pemilihan jurusan. Untuk itu setiap calon siswa diharapkan mampu untuk menilai minat, bakat serta kemampuannya agar tidak terjadi kesalahan dalam pemilihan jurusan. Memilih jurusan studi bukanlah hal yang sangat mudah, karena jika salah dalam memilih jurusan akan berpengaruh terhadap pengembangan pembelajaran. Dengan adanya rekomendasi untuk pemilihan jurusan sangat berpengaruh terhadap anak-anak yang ingin memilih jurusan ketika ingin masuk ke SMK. Untuk mengatasi permasalahan tersebut penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode Fuzzy Sugeno untuk membuat aplikasi yang membantu siswa agar bisa terarah dalam menerima pembelajaran yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Bahasa pemrograman PHP, menggunakan framework dengan DBMS MySQL yang bertujuan untuk menyimpan data. Fuzzy Sugeno adalah metode inferensi fuzzy untuk aturan yang dipresentasikan dalam bentuk IF-THEN, yang dimana output sistem tidak berupa himpunan fuzzy melainkan berupa konstanta atau persamaan linear. Diharapkan dalam pembuatan aplikasi sistem informasi berbasis web ini dapat membantu siswa untuk menentukan jurusan di SMK FADILAH yang sesuai dengan minat dan kemampuan yang mereka miliki. Sehingga para calon siswa tidak menyesal terhadap jurusan yang mereka pilih.  

References

Zakaria, Hadi; Sewaka; Punkastyo, Dimas Abisono. "Interaksi Manusia dengan Komputer". Tangerang Selatan : Unpam Press (2021)

Afni, N., Musdalifah, S., & Hendra, A. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Di Smk Negeri 2 Palu Menggunakan Logika Fuzzy Dengan Metode Sugeno. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Terapan, 9(1), 29–37. https://doi.org/10.22487/2540766x.2012.v9.i1.7441

Dedi Irawan, M., & Jend Ahmad Yani Kisaran Sumatera Utara, J. (2018). Implementasi Logika Fuzzy Dalam Menentukan Jurusan Bagi Siswa Baru Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Negeri 1 Air Putih. Jurnal Teknologi Informasi, 2(2), 129–137.

Fajar Rohman Hariri. (2016). Penerapan Metode Fuzzy Sugeno Dalam Pendaftaran Siswa Baru di SDN Sonopatik 1 Nganjuk. Teknik Informatika, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 3(1), 41–46.

Heriyani, D. Y., & Sidi, A. (2018). Rekomendasi Pe milihan Jurusan SMK Menggunakan Inferensi Fuzzy ( Sugeno ) Recommended Selection of Departments in Vocational Schools Using Fuzzy Inference ( Sugeno ). 84, 67–74.

Pamungkas, P. D., Remawati, D., & Widada, B. (2022). Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto Untuk Penentuan Jurusan Sesuai Minat Bakat Penerimaan Siswa Baru Pada SMK. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIKomSiN), 10(1). https://doi.org/10.30646/tikomsin.v10i1.599

Rafi, M., & Rahmani, B. (2013). Model Rekomendasi Pemilihan Jurusan SMK berbasis Fuzzy Inference System Sugeno. 2(1), 323–334.

Zakaria, Hadi; Nurjaya. (2021). Sistem Penilaian Kinerja Dosen Dengan Menggunakan Fuzzy Inference System Metode Mamdani. Journal of Artificial Intelligence and Innovative Applications (JOAIIA), 2(4), 240-255

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Anissa Puspitasari, & Hadi Zakaria. (2023). SISTEM INFORMASI APLIKASI PENENTUAN JURUSAN YANG SESUAI DENGAN MINAT MENGGUNAKAN PENDEKATAN FUZZY SUGENO : STUDI KASUS : SMK FADILAH. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(3), 630–642. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/1913

Most read articles by the same author(s)