Analisis Perbandingan Metode Topsis, SAW dan AHP Dalam Menentukan Penerima Beasiswa SMA Di Al-fatih Parung

Authors

  • Angger Tri Cahyono Universitas Pamulang
  • Aldi Wahyudi Universitas Pamulang
  • Fatah Ramadhan Universitas Pamulang
  • Andhika Septian Universitas Pamulang

Keywords:

Penerima Beasiswa, Sistem Penunjang Keputusan, Perbandingan Topsis, SAW, AHP

Abstract

Beasiswa merupakan salah satu tunjangan yang diberikan kepada siswa-siswi sebagai bantuan biaya belajar yang diberikan oleh pemerintah. Proses pemilihan calon penerima beasiswa siswa-siswi di Al-Fatih parung masih banyak kelemahan diantaranya masih menggunakan proses manual dan penilaian yang bersifat subjektif. Oleh karena itu, beasiswa seharusnya diberikan kepada siswa-siswi yang layak dan pantas untuk mendapatkannya sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan pada kantor Daerah Parung. Proses penyeleksian membutuhkan ketelitian dan waktu yang lama, karena setiap data dibandingkan satu persatu sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Penelitian ini menghasilkan nilai akhir perbandingan antara metode Topsis, SAW, dan AHP. Bertujuan untuk mencari metode terbaik dalam kasus ini, dan membantu pengambilan keputusan berdasarkan nilai alternatif terbaik.

References

Kusumawardhany, N. (2017). Universitas Budi Luhur. Sistem Penunjang Keputusan Penerima Beasiswa Metode Analytical Hierarchy Peocess (AHP) dan Simple Additive Weighting (SAW).

Supriyanti, W. (2013). Citec Journal. Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beassiswa dengan Metode Saw.

Tri Widodo, N. G. (2013). SEMANTIK. Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa Kepada Peserta Didik Baru Menggunakan Metode Topsis.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Angger Tri Cahyono, Aldi Wahyudi, Fatah Ramadhan, & Andhika Septian. (2023). Analisis Perbandingan Metode Topsis, SAW dan AHP Dalam Menentukan Penerima Beasiswa SMA Di Al-fatih Parung. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(3), 504–509. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/1697