SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN SISWA BARU MENGGUNAKAN METODE SAW, WP DAN TOPSIS DI SMPN 2 TENJO KAB. BOGOR

Authors

  • Elbi Siantoro Universitas Pamulang
  • Febri Saragih Universitas Pamulang
  • Amalia Universitas Pamulang
  • Dwi Ari Gunawan Universitas Pamulang

Keywords:

SPK, Siswa, SAW, WP, TOPSIS

Abstract

Penerimaan siswa baru merupakan salah satu proses yang ada di instansi Pendidikan untuk menyaring calon siswa yang terpilih sesusai kriteria yang ditentukan. Pada umumnya proses penerimaan siswa baru dilakukan melalui tahap pendaftaran, seleksi berkas dan penerimaan siswa. Akan tetapi proses seleksi penerimaan siswa di SMPN 2 TENJO KAB.BOGOR masih menggunakan cara manual sehingga menimbulkan masalah yang masih sering terjadi yaitu sulitnya menyeleksi satu persatu calon siswa yang akan diterima. Dari masalah tersebut muncul gagasan untuk membuat suatu sistem pendukung keputusan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem pendukung keputusan penerimaan calon siswa baru menggunakan metode simple additive weighting yaitu pola perhitungan yang digunakan dengan pen- jumlahan terbobot dari rating kinerja ada setiap alternatif pada semua atribut, dan dapat membantu pihak sekolah sebagai pengambilan keputusan. Tujuan penelitian ini dirancang dengan tujuan membangun sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting dalam menentukan penerimaan calon siswa baru dengan kriteria dan bobot yang telah ditentukan. Metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu wa- terfall, sedangkan perancangan sistem menggunakan perancangan Activy Diagram berjalan,Use cas Dia- gram, Sequence Diagram Perhitungan SAW dengan adaya sistem ini dapat membantu pihak sekolah da- lam pengambilan keputusan penerimaan siswa.

References

M. i. Dzulhaq, s. and S. Wulandari, "Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru dengan Metode Simple Additive Weigthing di SMK Kusuma Bangsa," JURNAL SISFOTEK GLOBAL, vol. VOL. 7 , no. 2, pp. 2088-1762, 2017.

D. Pambudi, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN SISWA BARU DI SMA NEGERI 2 PEMALANG DEGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGTHING," Jurnal tekno kompak, vol. 15, no. 1, pp. 1-7.

F. s. Pratam, "Sistem Pendukung Keptusan Penerimaan Siswa Baru Menggunakan Metode SAW SMK IPEMS SURABAYA," Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi, p. 9, 2017.

A. T. Priandika and A. Wantoro, "Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Calon Siswa Baru Pada SMK SMTI Bandar Lampung Dengan Menggunkan Metode Simple Additive Weigthing," Jurnal Sistem Informasi dan Telematika, pp. 2087- 2062, 2017.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Elbi Siantoro, Febri Saragih, Amalia, & Dwi Ari Gunawan. (2023). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN SISWA BARU MENGGUNAKAN METODE SAW, WP DAN TOPSIS DI SMPN 2 TENJO KAB. BOGOR. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(3), 412–419. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/1657