Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Smartphone Gamers Terbaik Dengan Metode Simple Additive Weighting , Weighted Product (WP) dan Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS)

Authors

  • Agus Setiyawan Universitas Pamulang
  • Andika Cahya Putra Universitas Pamulang
  • Ongki Indrawan Saputra Universitas Pamulang
  • Rizky Andi Universitas Pamulang

Keywords:

Sistem Penunjang Keputusan, SAW, TOPSIS, WP, Games, Smartphone

Abstract

Popularitas mobile game atau game smartphone juga meningkat. Akibat dari perkembangan game mobile yang pesat juga berdampak pada menigkatnya kebutuhan smartphone game pada saat ini dan dalam pemilihan smartphone game tak jarang banyak yang bingung dalam memilih smartphone yg akan mereka beli untuk memudahkan dalam menetukan smartphone game Untuk itu dibutuhkan sistem pendukung keputusan yang dapat membantu pembeli dalam menentukan smartphone yang akan dibeli. Penulis menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW), Weighted Product (WP), dan Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Ketiga metode ini dipilih karena perhitungannya sederhana, perbandingan ketiga metode ini untuk mengetahui metode yang terbaik dalam menentukan handphone game terbaik yang akan dibeli sesuai dengan spesifikasi dan harga yang ditawarkan. Kriteria yang dipakai dalam penelitian ini adalah Harga (C1), Prosesor(C2), Layar (C3), Ram (C4), Baterai (C5) Memori(C6). Sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi literatur yang berhubungan dengan sistem pendukung keputusan rekomendasi pembelian smartphone. Penelitian ini menghasilkan tujuan yaitu dapat membantu pembeli dalam menentukan smartphone Game terbaik yang akan dibeli.

References

G.P. Riyanto 2022 "Gamer Smartphone ", Kompas. https://tekno.kompas.com/read/2022/05/30/13300047/gamer-smartphone-diramal-makin-boros-daripada-konsol-dan-pc?page=all.

W.setiyaningsih,”Konsep system pendukung keputusan” Yayasan Edelwis (2015)

S. K. Simanullang and A. G. Simorangkir, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Calon Karyawan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting,” TIN Terap. Inform. Nusant., vol. 1, no. 9, pp. 472–q 478, 2021.

Yaumil Yuninda Bhalqis, 2020 “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Smartphone Terbaik Menggunakan Metode Topsis” Journal of Information System and Technology, Vol.07 No. 07.

Fara Atika. 2017. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Berprestasi Di Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Program Studi Informatika.Fakultas Komunikasi Dan Informatika. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

D.Pribadi, 2020 “Sistem Pendukung keputusan”, Graha Ilmu Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dengan Metode WP | Fandi Media

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Agus Setiyawan, Andika Cahya Putra, Ongki Indrawan Saputra, & Rizky Andi. (2023). Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Smartphone Gamers Terbaik Dengan Metode Simple Additive Weighting , Weighted Product (WP) dan Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(2), 211–222. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/1587