ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA SHOPEEPAYLATER PADA TWITTER MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)

Authors

  • Anton Setiawan Universitas Pamulang
  • Sri Mulyati Universitas Pamulang

Keywords:

Analisis Sentimen, SpayLater, Support Vector Machine (SVM), Twitter.

Abstract

Shopee PayLater atau SpayLater merupakan fitur yang memberikan pinjaman atau cicilan bagi pengguna Shopee Indonesia. Penggunaan SpayLater memiliki banyak peminatnya dikarenakan dapat memberikan kemudahan bagi yang tidak memiliki kartu kredit untuk membayar cicilan. Namun tidak bisa dipungkiri, terdapat kontra dengan hadirnya ShopeePayLater karena memiliki resiko kerugian yang tinggi. Pengguna SpayLater memberikan ulasannya dalam bentuk tweet pada Twitter, data tweet tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengetahui ulasan tersebut dengan membuat sistem yang dapat melakukan analisis sentiment pengguna SpayLater menggunakan metode Support Vector Machine (SVM). Sistem dibuat dengan bahasa pemrograman Python dalam bentuk website yang dapat melakukan analisa terhadap sentiment pengguna SpayLater berdasarkan metode SVM. Selanjutnya, sistem dilakukan pengujian blacbox yang menunjukkan bahwa fungsionalitas sistem dapat berjalan dengan baik dan pengujian metode menggunakan confusion matrix mendapatkan nilai accuracy sebesar 97,1%, precsion sebesar 95,83%, recall sebesar 98,5% dan F-score sebesar 97 %.

 

 

References

Agus Satriansyah (2018) “Sistem Informasi Inventaris Alat Tulis Kantor Dan Suvenir Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sumbawa Sumbawa Besar Berbasis Dekstop”. Skripsi Program Studi Informatika Fakultas Teknik Universitas Komputer Teknologi Sumbawa.

Andri, Kristanto, 2007, Perancangan Sistem Informasi Dan Aplikasinya. Klaten: Gava Media.

Ariani, D. (2018). "Jurnal Pembelajaran Inovatif Komponen Pengembangan E-Learning", 1(14), 58–64. https://doi.org/10.21009/JPI.011.09

A. D. Hermandra dan Anofrizen, “PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI KERJA PRAKTEK (Studi Kasus : Jurusan Sistem Informasi UIN SUSKA Riau),” J. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, hal. 11–14, 2016.

Eva Juliani (2017) “Sistem Informasi Sarana Dan Aset Di Universitas Teknologi Sumbawa”Skripsi Program Studi Informatika Fakultas Teknik Universitas Komputer Teknologi Sumbawa.

Gordon, B.Davis, 2002, Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen PPM, Jakarta.

Husein, Muhammad Fakhri dan Amin Wibowo. 2006. Sistem Informasi Manajemen Edisi Revisi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN Yogyakarta.

Jogiyanto, H.M., 2005, Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, ANDI, Yogyakarta.

Romindo. (2017). "Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Web Pada SMA Padamu Negeri Medan", 2, 75–80.

Suhartini, M. Sedali, dan Y. K. Putra, “Sistem Informasi Berbasis Web Sma Al- Mukhtariyah Mamben Lauk Berbasis Php Dan Mysql Dengan Framework Codeigniter,” vol. 3, no. 1, hal. 79–84, 2020.

Sutabri, Tata. (2004). Analisa Sistem Informasi. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi

Wahyudin, Y. (2020). Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literatur Review. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, 26-40.

S. Masyruhatin, Y. T. Mursityo, dan D. Pramono, “Pengembangan Sistem Informasi Penilaian Hasil Belajar Siswa berbasis Web pada SMA Brawijaya Smart School,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 10, hal. 9984– 9992, 2019.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Anton Setiawan, & Sri Mulyati. (2023). ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA SHOPEEPAYLATER PADA TWITTER MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM). LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(2), 196–202. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/1407