Perancangan Aplikasi Pembelajaran Siswa Berbasis Web Menggunakan Speech To Text Pada Sdn 2 Pabuaran
Abstract
Kemajuan teknologi pada era globalisasi saat ini telah membawa banyak manfaat dengan mempermudah menyelesaikan pekerjaan manusia. Dalam kehidupan, penggunaan teknologi untuk membantu atau mempermudah penyelesaian suatu pekerjaan sudah menjadi hal yang esensial. Hal ini dilakukan supaya para generasi penerus tidak ketinggalan dalam hal teknologi baru. Ada beberapa cara yang dapat diwujudkan untuk dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi diantaranya dalam bentuk pelatihan maupun pendidikan. Namun masalah waktu menjadi kendala bagi beberapa orang tua atau wali peserta didik untuk datang ke sekolah, karena tidak semua orang tua atau wali peserta didik memiliki waktu yang fleksibel. Metode Pengembangan yang digunakan dalam perancangan adalah Exreme Programming. Aplikasi pembelajaran ini menyediakan menu materi, tugas dan diskusi untuk mendukung guru dan siswa dalam melakukan proses kegiatan belajar mengajar. Siswa dapat dengan mudah untuk mendapatkan materi dan tugas yang sudah diberikan oleh guru, serta mudah untuk mengumpulkan tugas yang sudah dikerjakan, dan Guru mudah untuk memberikan materi dan tugas untuk siswa, serta mudah untuk menerima tugas siswa yang telah dikerjakan.
References
Adimarangga, M. F., RahmatFauzi, & Ambarsari, N. (2020). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-LEARNING UNTUK MENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DI SMA SANTA MARIA 3 CIMAHI MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGAMMING MODUL SISWA DESIG E-LEARNING INFORMATION SYSTEMS TO SUPPORT LEARNING PROCESSES WEB-BASED IN SMA SANT. E-Proceeding of Engineering, 7(2), 7514–7525.
Agustini, & Kurniawan, W. J. (2019). Sistem E- Learning Do ’ a dan Iqro ’ dalam P eningkatan Proses Pembelajaran pada TK Amal Ikhlas. Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer Dan Informasi, 1(3), 154–159.
Aisah, K., Yanto, H., & Firdaus. (2021). Perancangan Sistem Informasi Aplikasi E Learning Berbasis Web Di SMA N 9 Padang. Jurnal KomtekInfo, 8(1), 66–72. https://doi.org/10.35134/komtekinfo.v8i1.99
Alifah, R., Megawaty, D. A., Najib, M., & Satria, D. (2021). Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Koleksi Kain Tapis (Study Kasus: Uptd Museum Negeri Provinsi Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 1–7. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
Andino, D. L. J. (2020). APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA STBA METHODIST PALEMBANG Dedek Lingga Juli Andino AMIK MDP Palembang. 1–5.
Arianto, R., Kholiq, A., Anam, A., Devi, B., & Rachman, A. (2021). PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI INVENTORY PADA CV WIJAYA LAS KEDIRI MENGGUNAKAN MODEL WATERFALL. Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika Dan Komputer), 20(2), 73–83.
Atmaji, R. S., Priramadhi, R. A., & Priharti, W. (2021). Penerapan Sistem Speaker Pintar Yang Mendukung. 8(5), 4370–4376.
Dewi, N. A. (2021). Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Web Dengan Metode Extreme Programming Bagi Siswa ( Studi Kasus : Sdn Situ Gede 05 Bogor ). Jurnal E-Bisnis, Sistem Informasi , Teknologi Informasi, XV(1), 39–45.
Febrina, C. A., Ariany, F., & Megawaty, D. A. (2021). Aplikasi E-Marketplace Bagi Pengusaha Stainless Berbasis Mobile Di Wilayah Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(1), 15–22. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
Frederica Rosabel Ramli, Fikri Hakim, & Ria Anggelina Hutabarat. (2021). Perancangan Web Design Aplikasi E-Learning dengan Metode Prototype pada Tingkat SMA. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 28, 13–18. https://doi.org/10.35134/jmi.v28i1.62
Huda, B., & Priyatna, B. (2019). Penggunaan Aplikasi Content Management System (CMS) Untuk Pengembangan Bisnis Berbasis E-commerce. Systematics, 1(2), 81. https://doi.org/10.35706/sys.v1i2.2076
Marlina, Masnur, & Dirga.F, M. (2021). Aplikasi E-Learning Siswa Smk Berbasis Web. JURNAL SINTAKS LOGIKA Vol., 1(1), 2775–412.
Pradiatiningtyas, D., & Suparwanto. (2017). E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Smk N 4 Purworejo. Ijsn, 7(2), 1–8. https://ijns.org/journal/index.php/ijns/article/download/1499/1460
Pranatawijaya, V. H. (2021). PENERAPAN LOCATION BASED SERVICED ( LBS ) DALAM PROTOTIPE PENGENALAN RUANGAN DENGAN METODE. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI, 15(1), 92–99.
Pratama, A. A., & Assegaff, S. (2021). Analisis Dan Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Web ( Study Kasus SMP Negeri 16 Kota Jambi ). Jurnal MANAJEMEN SISTEM INFORMASI, 6(2), 166–175.
Putri Taqwa Prasetyaningrum, S.T., M. ., Subayu, A., Mustaqim, A., Safira, D. A., Irawan, H., Afandi, O. F., Saputra, O. T., Saputra, P. C., Latifah, R., Okta, S., & Aristi, W. (2019). Penerapan Metode Logika Fuzzy. In R. W. S (Ed.), Jurnal Sistem Cerdas (Vol. 2, Issue 1).
Revo Rama Dewangga, Rahmat Fauzi, N. A. (2020). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-LEARNING BERBASIS WEBSITE DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING UNTUK MENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN DI SMA SANTA MARIA 3 CIMAHI MODUL GURU WEBSITE-BASED E-LEARNING INFORMATION SYSTEM DESIGN USING EXTREME PROGRAMMING METHOD TO SU. E-Proceeding of Engineering, 7(2), 7495–7504.
Rukmana, S., Hasdiana, & Sinaga, T. H. (2021). Sistem administrasi smp swasta islam azizi medan. Buletin Utama Teknik, 16(70), 70–76.
Salim, R. (2019). Program Aplikasi Pengelolaan Kas Menggunakan Php Pada Masjid Al-Ummah. 14(1), 1–13.
Sihombing, T. P. (2020). PENGAMANAN WEB PAGE LOGIN MENGGUNAKAN KOMBINASI ALGORITMA MD5 DAN BASE64 BERBASIS WEB SERVER LOKAL. 1–73.
Siregar, E. B. (2021). Aplikasi layanan jahit menggunakan framework react native. 1–166.
Tim May, Malcolm Williams, Richard Wiggins, and P. A. B. (2021). PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK UNTUK MENGGAMBAR DIAGRAM. Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(1996), 6.
Ummy Gusti Salamah, S.ST., M. (2021). Tutorial Visual Studio Code. Media Sains Indonesia.
Utomo, P., Sakuroh, L., & Yulinar, F. (2018). Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web di SMP PGRI 174 Cikupa. Jurnal Sisfotek Global, 8(1), 63–68. http://journal.stmikglobal.ac.id/index.php/sisfotek/article/view/172/180
Wongso, D. (2020). Perancangan dan Implementasi Website Pariwisata di Desa Sembulang dengan Metode Extreme Programming. Journal of Information System and Technology, 01(02), 142–162.