Penerapan Metode Aras (Additive Rasio Assement ) Dalam Penilaian Kinerja Karyawan Terbaik

Authors

  • Saifulo Bakri UNIVERSITAS PAMULANG
  • Heri Haerudin UNIVERSITAS PAMULANG

Keywords:

Sumber Daya Manusia ,Penilaian kinerja, Metode ARAS (Additive Ratio Assessment)

Abstract

Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu faktor yang untuk meningkatkan produktivitas kinerja suatu organisasi atau instansi. Penilaian kinerja yaitu sistem yang mengukur, menilai pekerjaan,  dan perilaku. Penilaian kinerja biasanya berupa pemberian peringkat atau ranking melalui evaluasi hasil kerja. Telkom Akses mempunyai lebih dari 15 ribu karyawan yang tersebar di seluruh indonesia dari berbagai macam divisi salah satunya divisi Provisioning & Assurance. Setiap devisi  yang di bawahi oleh leader bisa terdiri dari 25 sampai 30 bawahan, untuk itu leader harus bisa menilai bawahannya. Tujuan dari penelitian ini membuat sistem pendukung keputusan untuk memberikan penilaian karyawan dalam bekerja dan membantu hasil apa yang akan di berikan pada bawahan. Metode penilaian ini menggunakan Metode ARAS (Additive Ratio Assessment). Metode ini merupakan  pengambil keputusan dengan beberapa kriteria dan bobot sebagai perhitungan untuk mengetahui nilai tertinggi dan nilai terendah. Hasil dari penelitian ini membantu leader mendapatkan hasil akhir sebagai keputusan penilaian kinerja bawahan

References

Afriany, J. (2019). Penerapan Metode ARAS Guna Mendukung KeputusanProduk Unggulan Daerah. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS).

Anhar. (2010:3). PHP & MySQL Secara Otodidak. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Azis, S. (2013). Panduan Menguasai Internet Secara Otodidak. Jakarta: Media Kita.

Cholil, S. R., & Prisiswo. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Calon Karyawan Baru PT. Dawam Prima Perkasa Menggunakan Metode Aras Berbasis Web. Jurnal Rekayasa Sistem Dan Industri.

Date, C. (2005). An Introduction to Database Systems. Toledo: Addison-Wesley.

Dewi, N. P., Ubaidi, & Maharani, E. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sales Terbaik Menggunakan Metode Rank Order Centroid (ROC) dan Additive Ratio Assessment (ARAS) Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi.

Djamarah. (2008). Guru dan Anak Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Endra, & Aprilita. (2018). E-Report Berbasis Web Menggunakan Metode Model View Controller Untuk Mengetahui Peningkatan Perkembangan Prestasi Anak Didik. Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika.

Faridi, M. (2015). Fitur Dahsyat Sublime Text 3. Surabaya: LUG.

Handoko. (2014). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta.

Hesananda. (2017). Supervised Classification Karakter Morfologi Tanaman Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Menggunakan Database Management System. Sistem Komputer.

Jackson, S. W. (2011). Pengelolaan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Kuswara, & Kusmana. (2017). Sistem Informasi Absensi Siswa Berbasis Web Dengan SMS Gateway Pada Sekolah Menengah Kejuruan Al – Munir Bekasi. Indonesian Journal on Networking and Security.

Labolo, A. Y. (2020). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA DOSEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ADDITIVE RATIO ASSESSMENT (ARAS). Jurnal sistem informasi dan teknik komputer.

Maulana, C., Hendrawan, A., & Pinem, A. P. (2019). Pemodelan Penentuan Kredit Simpan Pinjam Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment (Aras). Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi.

Ndruru, E. (2019). Penerapan Metode Aras Dalam Pemilihan Lokasi Objek Wisata Yang Terbaik Pada Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Informasi Komputer Logika.

Nugroho. (2013). Dasar Pemograman Web PHP – MySQL denganDreamweaver. Yogyakarta: Gava Media.

Nur, R., & dkk. (2018:5). Perancangan Mesin-Mesin Industri. Yogyakarta: Deepublish.

Purbadian, Y. (2016:1). Trik Cepat Membangun Aplikasi Berbasis Web dengan Framework CodeIgniter. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Rizky, S. (2011:140). Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: PT.Prestasi Pustakaraya.

Rosa, & Shalahuddin. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstrukturdan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Rusmawan. (2019). Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemograman. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Suhaidi, M. (2016). Konsep dasar pemrograman WEB dengan PHP dan MYSOL. Yogyakarta: Deepublish.

Supono, & Putratama, V. (2016). Pemrograman WEB dengan menggunakan PHP dan framework codeigniter. Yogyakarta: Deepublish.

Usman, N. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Bandung: CV SinarBaru.

Wahab, S. A. (2004). Analisis Kebijaksanaan: Dari Formulasi KeImplementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.

Wicaksono. (2008). Aplikasi Inventory menggunakan Java NetBeans, XAMPP,iReport. Bandung: Informatika Bandung.

Yakub. (2012). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zavadskas, & Turskis. (2010). A New Additive Ratio Assessment (ARAS) Method In Multi-criteria Decision‐making. Technological and Economic Development of Economy.

Additional Files

Published

30-06-2022

How to Cite

Saifulo Bakri, & Heri Haerudin. (2022). Penerapan Metode Aras (Additive Rasio Assement ) Dalam Penilaian Kinerja Karyawan Terbaik . OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer Dan Sains, 1(06), 641–648. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/oktal/article/view/541

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>