IMPLIKASI STRUKTUR USIA TENAGA PENDIDIK TERHADAP KUALITAS PENDIDIKAN: STUDI KASUS DI PROVINSI BANTEN, DKI JAKARTA, JAWA TENGAH, DAN SUMATERA SELATAN
Keywords:
Age structure of educators, education quality, education quality, young educators, senior educators, education technology, education policy, IndonesiaAbstract
This study examines the effect of the age structure of the teaching force on education quality in four provinces in Indonesia. Quantitative data for 2023/2024 was analyzed to find the relationship between the age of the teaching force and education quality indicators, such as average national exam scores and graduation rates. The results show that a balance between young and senior educators contributes positively to improving education quality. Younger educators are usually quicker to adapt to technology while senior educators have more extensive teaching experience. This study recommends the need for policies that support the professional development of educators according to their age and current educational needs.
References
Abdillah, C., & Rahayu, P. Y. (2023). Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat. Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Edutainment Untuk Pengembangan Keprofesian Berrkelanjutan Bagi Guru Sekolah Dasar, 8.
Amalla, R., Ikassari, I. H., Rosyani, P., & Herry, A. S. (2022, Desember). Pemanfaatan Google Classroom sebagai Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK untuk mendukung Pengajaran, 1, 1315-1320.
Anwar, M. S. (2022). Ketimpangan aksesibilitas pendidikan dalam persepsi pendidikan multikultural, 13, 15.
Arifa, N. F., Prayitno, U. S., & Arifa, F. N. (2019). Jurnal Masalah-Masalah Sosial. Peningkatan Kualitas Pendidikan: Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional di Indonesia, 10. doi:https://doi.org/10.22212/aspirasi.v7i1. 1084
Guru Muda Vs Guru Tua. (2019, Maret 2). Indonesia. Retrieved from https://www.kompasiana.com/jimmybanunaek/5c7a602bab12ae1b9027c68a/guru-muda-vs-guru-tua?page=2&page_images=1
Harefa, K., Rachmatika, R., Rosyani, P., Herry, N. S., & Priambodo, J. (2022, Februri). Jurnal
Pengabdian Kepada Masyarakat. Penggunaan Aplikasi Pembuatan Video Untuk Konten Pembelajaran, 2.
Izza, F. R. (2024J, Januari 16). Guru Muda dan Tua. Indonesia. Retrieved from https://guruinovatif.id/artikel/guru-muda-dan-tua
Kemendikbud. (2023). Jumlah Kepala Sekolah dan Guru Menurut Masa Kerja Tiap Provinsi. Retrieved from data.kemdikbud.go.id: data.kemdikbud.go.id/dataset/p/kepala-sekolah-guru-dan-tenaga-kependidikan/jumlah-kepala-sekolah-dan-guru-menurut-masa-kerja-tiap-provinsi-sd-2023
(Studi Kompasiana. (2023, Januari 9). Pengaruh Usia Guru di Atas 50 Tahun Terhadap Proses Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan
Sosial). Indonesia. Retrieved from https://www.kompasiana.com/fadillahmandapr/63bbd638141bec454a6ef604/pengaruh-usia-guru-diatas-50-tahun-terhadap-proses-belajar-mengajar-studi-ilmu-pengetahuan-sosial
Marlina, S., Sherli, N., & Iswantir. (2022, March-September). Pengaruh Kompetensi Tenaga Pendidik Terhadap Kualitas Pendidikan di Sumatera Barat, 4, 13. doi:10.5439/alfahim.v4i1.249
Priadi, A. (2018, Oktober). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Guru, 1, 62-77.
Setiawan, T. H., & Aden. (2020, September). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Efektifitas Penerapan Blended Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Akademik Mahasiswa Melalui Jejaring Schoology di Masa Pandemi Covid-19, 3. doi:10.22460/jpmi.vi5.493-506