Sistem Layanan Bantuan Kepegawaian Dengan Pemanfaatan Bot Telegram Di Badan Siber dan Sandi Negara

Authors

  • Cholis Hanifurohman Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)

Keywords:

Otomatisasi, Layanan, Bot, Mobile

Abstract

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) merupakan instansi pemerintah yang mempunyai tanggung jawab dalam mewujudkan keamanan nasional dan mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional melalui pemanfaatan, pengembangan dan konsolidasi semua unsur terkait dengan keamanan siber. Dalam menjalankan visinya, BSSN mempunyai misi dalam menyediakan dan mengoptimalkan sumber daya keamanan siber dan sandi melalui proses pembelajaran dan peningkatan kualitas yang berkelanjutan dengan didukung manajemen perkantoran secara transparan dan akuntabel. Kondisi saat ini BSSN belum mengoptimalkan layanan bantuan otomatisasi dan konsultasi kepegawaian berbasis teknologi informasi (TI) menggunakan aplikasi mobile yang merupakan tuntutan kebutuhan teknologi saat ini. Sehingga BSSN perlu mengembangkan aplikasi mobile yang dapat digunakan untuk layanan bantuan otomatisasi dan konsultasi dapat memaksimalkan layanan kepegawaian. Sistem layananan ini dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi messenger Telegram dengan fitur botnya. Pegawai dapat berkomunikasi dengan Bot Telegram yang sudah dibuat dan ditambahkan fitur tambahan untuk dapat melayanani secara otomatis informasi yang bersifat umum dan dapat meneruskan pertanyaan yang bersifat khusus berupa konsultasi ke pengelola layanan kepegawaian di Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia (OSDM). Semua aktifitas sistem layanan kepegawaian melalui bot akan secara otomatis terekam ke ke dalam database untuk dapat dijadikan bahan evaluasi layanan kepegawaian.

References

Angga Dwi Mulyanto, (2020). Pemanfaatan Bot Telegram Untuk Media Informasi Penelitian, Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Vol. 12, No. 1, pp 49-54.

Y. P. Atmojo, (2018). "Bot Alert Snort dengan Telegram Bot API pada Instrusion Detection System: Studi Kasus IDS pada Server Web," in Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi 2018, Pontianak.

B. N. Prastowo, N. A. S. Putro and O. A. Dhewa, (2019). "PLO User Interface Based on Telegram Bot," Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems, vol. 13, no. 1, pp. 21-30.

Rizky Parlika, Heri Khariono, Haidar Ananta Kusuma, Dimas Arif Setyawan, (2020). Pemanfaatan Bot Telegram Sebagai E-Learning Ujian Berbasis File, Jurna Informatika Polinema.

Telegram, Telegram APIs, (2020), Available: https://core.telegram.org/api.

Kendall, J.E. & Kendall, K.E. (2010). Analisis dan Perancangan Sistem. Jakarta.

Raga Nufusula, Ajib Susanto, (2018). Rancang Bangun Chat Bot Pada Server Pulsa Mengunakan Telegram Bot API, Journal of Information System.

Additional Files

Published

12-12-2022

How to Cite

Cholis Hanifurohman. (2022). Sistem Layanan Bantuan Kepegawaian Dengan Pemanfaatan Bot Telegram Di Badan Siber dan Sandi Negara . OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer Dan Sains, 1(12), 2440–2451. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/oktal/article/view/2884