Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Baru Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dengan Rank Order Centroid (ROC)

Authors

  • Ahmad Sholikin Universitas Pamulang
  • Ari Syaripudin Universitas Pamulang

Abstract

Dalam proses pengambilan keputusan yang melibatkan banyak kriteria dan banyak alternatif, metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Rank Order Centroid (ROC) digunakan sebagai metode pemecahan masalah. Pengambilan keputusan dilakukan dengan memberikan nilai persepsi sebagai pembobot oleh seorang pengambil keputusan atau ahli. Proses penerimaan karyawan baru di PT. Musik Hub Indonesia mengalami kendala yaitu  sulitnya menentukan pelamar mana yang memenuhi kriteria untuk menjadi karyawan dari sekian banyak pelamar, sedangkan pelamar yang akan diterima menjadi karyawan terbatas. Selain itu, Adanya subyektivitas dalam pengambilan keputusan juga masih menjadi salah satu kendala dalam penentuan kandidat karyawan. Dengan adanya aplikasi pendukung keputusan berbasis web dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Rank Order Centroid (ROC) menghindari perekrutan karyawan secara subjektif dan mempercepat tercapainya tujuan perusahaan.

References

Kuswanto, J. (2020). Penerimaan Karyawan Baru Menggunakan Metode Profile Matching. Jurnal Processor, 15(2), 85-97.

Badaruddin, M. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Menerapkan Kombinasi Metode Simple Additive Weighting (SAW) dengan Rank Order Centroid (ROC), 336.

Mesran, J. Afriany, and S. H. Sahir, “Efektifitas Penilaian Kinerja Karyawan Dalam Peningkatan Motivasi Kerja Menerapkan Metode Rank Order Centroid (ROC) dan Additive Ratio Assessment (ARAS),” in Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), 2019, no. September, pp. 813–821.

(Time New Roman, 9)

Semua referensi harus dikutip di artikel ini, WAJIB untuk menggunakan alat referensi seperti MENDELEY atau ENOTE dengan format APA, Minimum 80% referensi berasal dari jurnal dan diterbitkan dalam 5 tahun terakhir) minimal 10 referensi baik dari jurnal maupun hasil seminar.

Additional Files

Published

09-01-2023

How to Cite

Sholikin, A. ., & Syaripudin, A. . (2023). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Baru Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dengan Rank Order Centroid (ROC). OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer Dan Sains, 2(01), 7–16. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/oktal/article/view/1878