Pengaruh Fitur Paylater Terhadap Pembelian Kompulsif Pengguna Shopee Di Kota Bogor
Keywords:
Korelasi, Regresi Linear, Uji T, Metode Kuantitatif, Nonprobability SamplingAbstract
This research aims to determine the effect of the paylater feature on the compulsive buying of Shopee users in Bogor City. The design used in this research is a quantitative method, called a quantitative method because the research data is in the form of numbers and the analysis uses statistics. The sample obtained was 100 Shopee users using a nonprobability sampling technique. The data collection technique uses a questionnaire. The results of this research, (1) Simple linear regression analysis obtained the regression equation Y = 4.3442 + 0.7684, (3) The coefficient of determination is 30.36% and the remaining 69.64% is influenced by other factors not included in the research, (4) It is known that there is a significant influence of the paylater feature on the compulsive buying of Shopee users in Bogor City, because the t value is equal to 6.1833 and ttable 1.661 then Ho is rejected and Ha is accepted.
References
Akhadiyah, R. F. (2017). Perilaku Pembelian Kompulsif Produk Fashion (Survei Pada Konsumen Fashion Malang Town Square Di Kota Malang), 48(1), 19–27.
Anam, K. (2022, May 17). Banyak fitur Paylater, Gimana Menurut Pakar? CNBCIndonesia.https://www.cnbcindonesia.com/mymoney/20220517180250-72-339618/banyak-fitur-paylater-gimana-menurut-pakar#
Aria, P. (2019, September 28). Pahami Risiko PayLater, Fitur Penggoda Milenial Berbelanja https://katadata.co.id/berita/2019/09/28/pahamirisiko-paylater-fitur-penggoda-milenialberbelanja
Celsea Rizky Haikal, M., & Uyun, Z. (2022). Hubungan Antara Pembelian Kompulsif Dengan Pinjaman Online pada Dewasa Awal (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Damayanti, F. D. W., & Canggih, C. (2021). Pengaruh Penggunaan Pembayaran Shopee Paylater Terhadap Perilaku Konsumsi Islam Generasi Milenial di Surabaya. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(3), 1905-1915.
Ekapaksi, N. (2016). Pengaruh Konformitas dan Harga Diri Terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif Aitem Fashion. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(3).
Felicia, F., Elvinawaty, R., dan Hartini, S. 2014. Kecenderungan Pembelian Kompulsif: Peran Perfeksionisme dan Gaya Hidup Hedonistik. Psikologia Jurnal Pemikiran & Penelitian Psikologi. 9 (3). 103-112.
Fenny Felicia, Rianda Elvinawaty, dan Sri Hartini. 2014. Kecenderungan pembelian kompulsif: peran perfeksionisme dan gaya hidup hedonic. Psikologia: Jurnal Pemikiran & Penelitian Psikologi. Vol. 9, No. 3, hal. 104-105.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handayani & Ririn. (2020). Metodologi Penelitian Sosial. Trussmedia Grafika.
Ini Pertumbuhan Pengunjung Shopee Sampai Kuartal II 2022: Databoks. Pusat Data Ekonomi dan Bisnis Indonesia. (n.d.). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/21/ini-pertumbuhan-pengunjung-shopee-sampai-kuartal-ii-2022
Japarianto, E., & Darma, L. A. (2014). Analisa Pengaruh Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying dengan Shopping Lifestyle dan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening pada Mall Ciputra World Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 80-89.
Lestari, K. E., dan Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama
Maisyaroh, S. (2016). Hubungan harga diri dan gaya hidup hedonis terhadap kecenderungan pembelian kompulsif pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UIN Maliki Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Prastiwi, I. E., & Fitria, T. N. (2021). Konsep Paylater Online Shopping dalam Pandangan Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 425-432.
Putri, A. P. Y., & Miru, A. (2020). Praktik Penyalahgunaan Fitur Kredit (Paylater) oleh Pihak Ketiga melalui Aplikasi Belanja Online. Amanna Gappa, 101-116.
Putri, F. A., & Iriani, S. S. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Pinjaman Online Shopee Paylater. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 818-828.
Rahmawati, G., & Mirati, E. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Shopee Paylater Pada Generasi Millenial. In Seminar Nasional Akuntansi dan Manajemen PNJ, (Vol. 3).
Sa'diah, Z., Maranti, S., & Retnowati, M. S. (2021). Analisis Persepsi Maslahah Dalam Melakukan Pembelian Kompulsif. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 11(2), 92-100.
Sangian, S. C., & Prasetya, B. E. (2020). Kebutuhan Wanita Simpanan di Manado Ditinjau dari Hirarki Kebutuhan Maslow. Jurnal Psikologi Konseling, 837-851.
Santoso, W. B. (2020, February 4). Industri e-commerce Indonesia tahun 2020 Akan Semakin Melesat. SINDOnews.com. https://tekno.sindonews.com/berita/1516648/207/industri-e-commerce-indonesia-tahun-2020-akan-semakin-melesat
Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. PT Alfabeta.
Varveri, Loredana, Compulsive Buying and Elderly Men: Depression, Coping Strategies, and Social Support. 2014. European Scientific Journal, vol.2.
Wulandari, K. (2018). Pengaruh Kecanduan Internet dan Materialisme terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif Online (Doctoral dissertation, Udayana University).