Manajemen Perubahan Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Bagi Adaptasi Organisasi

Authors

  • Asril Rizal STIMA IMMI
  • Sayyid Nur Kahfi STIMA IMMI
  • Abdurrahman STIMA IMMI
  • Wulandono STIMA IMMI
  • Tono STIMA IMMI
  • Hendro Prasetyono Universitas Indraprasta PGRI

Keywords:

Era Digital, Manajemen Perubahan, Adaptasi Organisasi, Studi Kepustakaan, Tantangan

Abstract

Tujuan dari penulisan artikel ini adalah mendeskripsikan secara empiris mengenai manajemen perubahan yang terjadi pada era digital dari aspek tantangan peluang organisasi. Metode yang digunakan studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Peneliti mencari artikel ilmiah yang relevan dari dari science direct dan google cendikia dengan memasukkan kata kunci manajemen perubahan, era digital, tantangan dan peluang untuk mendukung pemikiran dan ide. Berdasarkan hasil pencarian didapatkan 18 artikel yang relevan seputar pembahasan pemimpinan manajemen perubahan, era digital, tantangan dan peluang. Data kemudian dianalisi secara deskriptif kualitatif dengan cara reduksi, display dan verifikasi data. Hasil: Faktor yang mempengaruhi perubahan, yaitu pengetahuan, keterampilan, kepercayaang anggota organisasi dan lingkungan organisasi. Pemanfataan teknologi informasi bagi organisasi bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi organisasi dalam menjalankan kegiatan kesehariannya. Pemanfaatan teknologi informasi dikategorikan menjadi tiag kategori, yaitu perbaikan efisiensi, perbaikan efektivitas dan strategic improvement. Tantangan dalam perubahan secara umum karena terjadi penolakan. Jenis penolakan umunya terbagi menjadi dua, yaitu penolakan yang berasal dari individu dan kelompok atau organisasi. Penolakan individu meliputi kebiasaan, rasa aman, faktor ekonomi, takut akan sesuatu yang tidak diketahui dan persepsi. Faktor penolakan dari organisasi meliputi sifat dari organisasi tersebut yang konservatif. Peluang yag bisa diambil dari perubahan digital ini, yaitu perioritaskan organisasi menjadi organisasi yang bersifat adopsi, bekerja dari dalam keluar, lupakan tujuan akhir dan rencanakan projek yang tumpang tindih.

References

Dwidienawati, D., Mustofa, D. R., Pentury, G. M., Lewaherilla, N. C., Ferdinandus, S., Metekohy, S., Warcito, Wulandari, & Prihanto, Y. J. N. (2021). Advanced Organization 5.0 (Nurturing Collaborative and Egile Teamwork in Digital Era). In Bintang Pustaka Madani.

Gibson, J. L., Ivancevich, J. M., James H. Donnelly, J., & Konopaske, R. (2012). Organizations Behavior, Structure, Processes.

Mascagni, G., Mengistu, A. T., & Woldeyes, F. B. (2021). Can ICTs increase tax compliance? Evidence on taxpayer responses to technological innovation in Ethiopia. Journal of Economic Behavior and Organization, 189, 172–193. https://doi.org/10.1016/j.jebo.2021.06.007

Nararya, H. L., & Nuri Aslami. (2022). Strategi Manajemen Perubahan di Perusahaan agar dapat Bertahan di Era Digital “Studi Kasus PT Era Surya Ritelindo.” Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(2), 2578–2582.

Ochieng, V. O., Asego, C. S., Gyasi, R. M., & Street, D. (2023). The Place of Academia and Industry in the Adoption and Adaptation of Education Technologies ( ICT ) in the African Education Sector for a post Highbridge House.

Peter F Drucker. (1996). Inovasi dan Kewiraswastaan yang diterjemahkan oleh Rusjdi Naib. Erlangga.

Prasetyono, H., Kurniasari, D., & Desnaranti, L. (2019). Evaluation of the implementation of Batik-skills training program. Research and Evaluation in Education, 5(2), 130–143. https://doi.org/10.21831/reid.v5i2.23918

Prasetyono, H., Mursito, H., & Nurranto, H. (2022). The Effectiveness of Distance Learning at High School Level in the New Normal Period. Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA), 2(3), 1297–1314.

Putri, N. T., Delviari, L., Muluk, A., & Fithri, P. (2022). Strategi Manajemen Perubahan Untuk Mempercepat Transformasi Digital Dalam Pemasaran Produk Ikm Di Sumatera Barat. Jurnal Sains Dan Teknologi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Teknologi Industri, 22(1), 46–56. https://doi.org/10.36275/stsp.v22i1.475

Rahmadyah, N., & Aslami, N. (2022). Strategi Manajemen perubahan perusahaan di era transformasi digital. EKOKAM: Jurnal Ekonomi, 2(1), 91–96. https://doi.org/10.56456/jebdeker.v2i2.117

Rangkuti, F. (2002). Measuring Customer Satisfaction (Cetakan Ke). Gramedia Pustaka Utama.

Robbins, S. P. (2015). Perilaku Organisasi.

Robbins, S. P., & Counter. (2010). Perilaku Organisasi. Gramedia Pustaka Utama.

Sani, A., & Wiliani, N. (2019). Faktor Kesiapan Dan Adopsi Teknologi Informasi Dalam Konteks Teknologi Serta Lingkungan Pada Umkm Di Jakarta. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 5(1), 49–56. https://doi.org/10.33480/jitk.v5i1.616

Santosa, L. P., & Ringgo, R. P. O. (2017). Manajemen Perubahan Pada Sebuah Organisasi Dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi. Forum Ilmiah, 14(3), 267–278.

Stephen P. Robbins & Timothy A.Judge. (2008). Perilaku Organisasi. Salemba Empat.

Van Wart, M., Roman, A., Wang, X. H., & Liu, C. (2017). Integrating ICT adoption issues into E-Leadership theory. Telematics and Informatics, 34(5), 527–537. https://doi.org/10.1016/j.tele.2016.11.003

Wagner, J. A., & Hollenbeck, J. R. (2010). Organizational Behavior-Securing Competitive Advantage. In Francis & Taylor. Routledge. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.10.022

Watajdid, N. I., Lathifah, A., Andini, D. S., & Fitroh. (2012). Systematic Literature Review: Peran Media Sosial Terhadap Perkembangan Digital Marketing. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XI(3), 283–300.

Wibowo, A. (2021). Manajemen Perubahan (Change Management). In Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik. https://penerbit.stekom.ac.id/index.php/yayasanpat/article/view/107

Yassin, F., Salim, J., & Ashaari, N. S. @. (2013). The Influence of Organizational Factors on Knowledge Sharing Using ICT among Teachers. Procedia Technology, 11, 272–280. https://doi.org/10.1016/j.protcy.2013.12.191

Published

2023-07-20

How to Cite

Rizal, A., Nur Kahfi, S., Abdurrahman, Wulandono, Tono, & Prasetyono, H. (2023). Manajemen Perubahan Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Bagi Adaptasi Organisasi. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(4), 933–941. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/bullet/article/view/3366