Pengaruh Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Emina Pada Masyarakat Kelurahan Cipayung

Authors

  • Maria Immaculata Adhisti Prima Dewi Universitas Indraprasta PGRI
  • J. Sabas Setyohadi Universitas Indraprasta PGRI
  • Sumaryati Tjitrosumarto Universitas Indraprasta PGRI
  • Hendro Prasetyono Universitas Indraprasta PGRI

Keywords:

Promosi, Citra Merek, Keputusan Pembelian, Kecamatan Cipayung, Emina

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Promosi dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Emina pada Masyarakat Kelurahan Cipayung. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wanita yang berusia 15 sampai dengan 40 tahun. Sampel diambil menggunakan teknik nonprobability sampling sebanyak 100 orang di Kelurahan Cipayung, Jakarta Timur. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah soal 34 butir yang dikembangkan dari indikator setiap variabel. Teknik analisis data diawali dengan analisis deskripsi, uji normalitas, analisis korelasi, analisis regresi dan uji hipotesis. Hasil: terdapat pengaruh positif dan signifikan promosi terhadap keputusan pembelian; terdapat pengaruh positif dan signifikan citra merek terhadap keputusan pembelian Kosmetik Emina pada; terdapat pengaruh positif dan signifikan promosi dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Citra merek memiliki pengaruh dan kontribusi yang lebih besar dibandingkan dengan promosi terhadap keputusan pembelian. Hal ini berimplikasi bahwa Emina sebagai perusahan kosmetik memiliki citra merek yang sangat baik dalam membentuk keputusan konsumen untuk melakukan pembelian. Maka perusahaan Kosmetik Emina harus terus menjaga dan meningkatkan citra merek yang dimiliki. Keterbatasan penelitian ini adalah penelitian ini hanya menggunakan sampel di Kecamatan Cipayung Jakarta Timur.

References

Andi, and Febsri Susanti Ade Candra Gunawan. 2017. “Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Padang.”

Beverland, Michael. 2007. “Can Cooperatives Brand? Exploring the Interplay between Cooperative Structure and Sustained Brand Marketing Success.” Food Policy 32(4):480–95. doi: 10.1016/j.foodpol.2006.10.004.

Habibah, U., & Sumiati. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk

Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi , Bisnis & Entrepreneurship, 1(1), 31–48

https://www.tokopedia.com/blog/top-brand-kosmetik-lokal-terbaik/

Kotler, & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran (13th Ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & .Armstrong, G. 2012. .Prinsip-Prinsip Pemasaran (Alih Bahasa: Bengamin Molan). Edisi Ke 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Melero, Iguácel, and Teresa Montaner. 2016. “Cause-Related Marketing: An Experimental Study about How the Product Type and the Perceived Fit May Influence the Consumer Response.” European Journal of Management and Business Economics 25(3):161–67. doi: 10.1016/j.redeen.2016.07.001.

Nurachmad, Edi, and Septian Cahyadi. 2021. “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Promosi Berbasis Web Bagi UKM Di Wilayah Kota Bogor.” Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan 9(2):171–80. doi: 10.37641/jimkes.v9i2.770.

Nurmalasari, Dias, and Budi Istiyanto. 2021. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Merek Wardah Di Kota Surakarta.” Jurnal Sinar Manajemen 8(1):42–49. doi: 10.56338/jsm.v8i1.1434.

Prasetyono, Hendro, and Ira Pratiwi Ramdayana. 2020. “Pengaruh Servant Leadership, Komitmen Organisasi Dan Lingkungan Fisik Terhadap Kinerja Guru.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 8(2):108–23. doi: 10.21831/jamp.v8i2.28458.

Putri, Helmi Yendra, Ari Pradhanawati, and Agus Hermani Daryanto Seno. 2022. “Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Kosmetik Pond’s (Studi Kasus Pada Toko Jun Kosmetik Di Kota Solok).” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 11(2):359–69. doi: 10.14710/jiab.2022.34753.

Ramdayana, Ira Pratiwi, and Hendro Prasetyono. 2022. “Innovative Work Behavior Guru Sekolah Menengah Kejuruan.” JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 1(1).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Wibowo, Setyo Ferry, and Maya Puspita Karimah. 2012. “Pengaruh Iklan Televisi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Lux ( Survei Pada.” Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) 3(1):1–15.

Published

2023-07-20

How to Cite

Immaculata Adhisti Prima Dewi, M., Sabas Setyohadi, J., Tjitrosumarto, S., & Prasetyono, H. (2023). Pengaruh Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Emina Pada Masyarakat Kelurahan Cipayung. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(4), 910–921. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/bullet/article/view/3354