Pelatihan Literasi Keuangan Tentang Pentingnya Management Investasi Bagi Gen Z
Keywords:
Literasi Keuangan, Manajemen Investasi, Generasi Z, Pelatihan, Investasi CerdasAbstract
This paper discusses community service efforts through financial literacy training focused on the importance of investment management for generation Z. This paper aims to improve gen Z's understanding of financial investment, stimulate their interest in investing, and provide effective investment management skills. The training method involves delivering theoretical information, case studies, and investment simulations. Results from the study showed significant improvements in financial literacy understanding and investment management skills among participants. The program also successfully stimulated gen Z's interest in investing wisely. Thus, financial literacy training can be an effective instrument to help generation Z manage their finances smartly and understand the positive impact of investment management in achieving long-term financial goals.
References
Akbar, R., & Fuad Armansyah, R. (2023). PERILAKU KEUANGAN GENERASI Z BERDASARKAN LITERASI KEUANGAN, EFIKASI DIRI, DAN GENDER. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBis), 2, 107–124. https://doi.org/10.24034/jimbis.v2i2.5836
Anggarini, D. R., Putri, A. D., & Lina, L. F. (2021). Literasi Keuangan untuk Generasi Z di MAN 1 Pesawaran. 1(1), 147–152.
Atiningsih, S. K. S. (2019). PENGARUH STRATEGI DIVERSIFIKASI, RISIKO BISNIS DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017). Stability: Journal of Management and Business. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:202349547
Dewi, P. P., Apriyati, M. Y., & Nasional, U. P. (2023). Analisis Keputusan Investasi Generasi Z. 22(1), 72–84. https://doi.org/10.32639/fokbis.v22i1.365
Fridana, I. O., & Asandimitra, N. (2020). ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN INVESTASI (STUDI PADA MAHASISWI DI SURABAYA). Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:224948614
Hendrayani, E. (2020). Strategi Investasi dan Manajemen Resiko Terhadap Perusahaan Makanan Khas Bukit Tinggi. 1(1), 1–5.
Ningsih, A. M., & Lasmanah, L. (2022). Pengaruh leverage, Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020. Bandung Conference Series: Business and Management. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:252249312
Ong, V., & Mn, N. (2022). Pengaruh Persepsi Risiko, Persepsi Kemudahan, dan Literasi Keuangan terhadap Minat Penggunaan Linkaja. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:248062092
Rudiwantoro, A. (2018). LANGKAH PENTING GENERASI MILLENNIAL MENUJU KEBEBASAN FINANSIAL MELALUI INVESTASI. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:169474198
Tjokrosaputro, M. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI INTENSI GENERASI Z UNTUK BERINVESTASI SAHAM. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan.
Viana, E. D. (2021). Literasi Keuangan , Inklusi Keuangan dan Minat Investasi Generasi Z di Jabodetabek Financial Literacy , Financial Inclusion , and Investment Interest Generation Z ’ s in Jabodetabek pertumbuhan ekonomi maupun meningkatkan kesejahteraan masyarakat . Dominasi generasi muda juga menjadi bonus tersendiri bagi demografi Indonesia sekaligus peluang serta tantangan dalam melakukan transformasi digital baik dalam literasi keuangan maupun dalam penyediaan produk dan layanan sektor jasa keuangan ( OJK , 2020 ). kesejahteraan keuangan ( financial well-being ) individu dan masyarakat dan berpartisipasi dalam keuangan . Hal ini dapat dilihat dari hasil survei yang dilakukan OJK . Terdapat gap yang cukup. 12(3), 252–264.
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:234879672