Penyuluhan Melalui Teknik Games Mengenai Perencanaan Karir Lanjutan Mahasiswa Semester Akhir Akademi Pariwisata Pertiwi
Keywords:
Penyuluhan, Teknik Games, Perencanaan KarirAbstract
Workplace is a place that students will enter after graduating from college. The many problems in the world of work make prospective workers must be more mature in planning careers in order to be able to face various challenges in the world of work. Knowledge about career planning is needed for prospective workers, including final year students of the Pertiwi Tourism Academy. One way to strengthen students about career planning is with lecture techniques accompanied by game techniques. The mentorship was attended by 21 eighth semester students of Pertiwi Tourism Academy. After the mentorship was carried out, the results showed that 61.4% of participants felt more inspired and had career planning after graduation.
References
Aprilia, E.D., & Khairiyah, Y. (2018). Optimisme menghadapi Persaingan Dunia Kerja dan Adversity Quotient pada Mahasiswa. Seurune Jurnal Psikologi Unsyiah. 1(1), https://doi.org/10.24815/s-jpu.v1i1.9922
Ramdani, Z., Amri, A., Warsihna, J., Garnasih, T.R., Juarsa, E. (2021). Perilaku Manajemen Keuangan Karyawan Selama Pandemi Covid-19: Sebuah Studi Awal. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 8(1)
Massie, R., Tewal, B., Sendow, G. (2015). Pengaruh Perencanaan Karir, Pelatihan, dan Pengembangan Karir terhadap Kinerja Pegawai pada Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. 15(5)
Komara, I.B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. Psikopedagogia. (5)1
Prasetyo, Y. (2021). Perencanaan Karir dan Evaluasi Diri Siswa di Kota Dili Negara Timor Leste. Integritas: Jurnal Pengabdian. 5(1), https://doi.org/10.36841/integritas.v5i1.959
Ardiansyah, A. (2018). Bimbingan dan Konseling Karir: Studi Komparasi SMP IT Abu Bakar dan SMP Taman Dewasa Ibu Pawiatan Yogyakarta. Konseli: Jurnal Bimbingan dan Konseling. 5(1), https://doi.org/10.24042/kons.v5i1.2559
Prayitno, Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil), (Jakarta : Ghalia Indonesia, 1995), h. 40-58.
Mayasari, H.S., & Agungbudiprabowo, A. Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Eksplorasi Karir Siswa. Counselia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. 12(1), http://doi.org/10.25273/counsellia.v12i1.10527
Devis, N.W., Dantes, N., & Lestari, L.P. (2023). Pengembangan Buku Panduan Bimbingan Kelompok Berlandaskan Teori Ginzberg dengan Teknik Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Eksplorasi Karir Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia. 8(1), https://doi.org/10.23887/jurnal_bk.v8i1.1923
Marta, M.P., Ratnawati, V., & Krisphianti, Y.D. (2022). Permainan Congklak sebagai Sarana untuk Mengoptimalkan Keterampilan Perencanaan Karir Peserta Didik. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara. 2, 490-496
Ardini, F.M. (2016). Efektivitas Bimbingan Karir dengan Strategi Permainan Kelompok dalam Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Peserta Didik (Disertasi, Universitas Pendidikan Indonesia.