Efektifitas Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Dalam Penanggulangan Covid-19 Berdasarkan Uu No. 6 Tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan

Studi Kasus Pelaksanaan PPKM di Pasar Ciputat Kota Tangerang

Authors

  • Siti Hotimah Universitas Pamulang

Keywords:

Efektivitas, PPKM, Covid-19, Karantina Kesehatan.

Abstract

Sejak diberlakukannya PPKM banyak masyarakat, khususnya di Kota Tangerang Selatan tidak taat dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, seperti tidak taat menggunakan masker, tidak berkerumun, dan mengurangi kegiatan beraktivitas malam. Saat diberlakukannya PPKM, masih banyak tokotoko, tempat angkringan, dan pedagang kaki lima yang buka hingga diatas pukul delapan malam sehingga saat pemberlakuan PPKM angka penurunan kasus covid-19 tidak stabil. Keadaan pandemi yang berkepanjangan membuat masyarakat, khususnya para pedangan yang bermata pencaharian di pasar rakyat dan sekitarnya menjadi dilemma antara mematuhi ketentuan PPKM atau melanggarnya demi keberlangsungan hidup. Adapun permasalahan daam skripsi ini adalah Bagaimanakah efektivitas Pelaksanaan Kebijakan PPKM dalam Penanggulangan Covid-19 di Kota Tangerang Selatan Berdasarkan UU No. 6 Tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan. Apakah Kendala dan hambatan pelaksanaan Kebijakan PPKM dalam Penanggulangan Covid-19 di Kota Tangerang Selatan Berdasarkan UU No.6 Tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris dengan menggunakan data primer dan sekunder. Data primer merupakan data yang diperoleh langsung melalui pengamatan wawancara yang dilakukan dengan beberapa pihak terkait dalam penelitian ini, sedangkan data sekunder yaitu data yang dikumpulkan dari studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan efektivitas pelaksanaan PPKM di Kota Tangerang Selatan belum cukup baik, minimnya kesadaran masyarakat terhadap bahaya covid19 sehingga dibutuhkan Kerjasama antara masyarakat dengan penegak hukumnya. Kendala dan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan PPKM di Kota Tangeran Selatan Tidak seimbangnya sarana dan prasarana dalam penanganan pasien covid-19 di rumah sakit yang menjadi rujukan terdekat, serta tidak diberlakukannya sanksi tegas bagi masyarakat yang kedapatan tidak mematuhi ketentuan PPKM

References

Bodenheimer dalam Satjipto Rahardjo, Ilmu Hukum, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung, 2005

H.R Otjie Salman, S.Filsafat Hukum (Perkembangan & Dinamika Masalah), PT. Refka Aditama, Bandung, 2010.

Hotma. P. Sibuea, Asas Negara Hukum, Peraturan Kebijakan & Asas-asas Umum Pemerintahan yang Baik. Erlangga, Surabaya, 2010.

Iqbal Burhanuddin, Andi, dkk. Merajut Asa Ditengah Pandemi Covid-19 (Pandangan Akademisi UNHAS), Cetakan Pertama, CV Budi Utama, Sleman, 2020.

Lili Rasjidi & Ira Rasjidi, Pengantar Filsafat Hukum, CV. Mandar Maju, Bandung, 2007.

Mustaqin, Haris dan Afrilla Fahrina. Ketika Masyarakat Indonesia Bersatu Melawan Pandemi, Syiah Kuala University Press, Aceh, 2020.

Riant Nugroho, Metode Penelitian Kebijakan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2013.

Ridwan Tjandra, Teori Dan Praktek Peradilan Tata Usaha Negara, Cahaya Atma Pustaka, Yogyakarta, 2011.

Rahman, Mariati. Ilmu Administrasi, CV. Sah Media, Makassar, 2017. Said Sampara dkk, Pengantar Ilmu Hukum, Total Media, Yogyakarta, 2011.

Sholihin A W, Analisis Kebijakan, Bumi Aksara, Jakarta, 2005. Solichin Abdul Wahab, Analisis Kebijakan: Dari Formulasi ke Penyusunan Modelmodel Implementasi Kebijakan Publik, PT Bumi Aksara, Jakarta, 2012.

Sahya Anggara, Kebijakan Publik, CV Pustaka Setia, Bandung, 2014. Suharsono, Dasar-Dasar Kebijakan Publik, UNY Press, Yogyakarta, 2010.

Sunggono Bambang, Hukum dan Kebijakan Publik, Sinar Grafika, Jakarta, 1994.

Soerjono Soekanto, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penegakan Hukum, PT. Raja Grifindo Persada, Jakarta, 2008.

Suharsono, Dasar-Dasar Kebijakan Publik, UNY Press, Yogyakarta, 2010. Taufiqurrahman, Kebijakan Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Moestopo” Beragama(Pers), Jakarta Pusat, 2017.

Wawan Mas’udi, Tata Kelola Penanganan Covid-19 di Indonesia, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta, 2020

Published

2023-02-05

How to Cite

Hotimah, S. . (2023). Efektifitas Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Dalam Penanggulangan Covid-19 Berdasarkan Uu No. 6 Tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan: Studi Kasus Pelaksanaan PPKM di Pasar Ciputat Kota Tangerang. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 11–15. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/bullet/article/view/2096