Penguatan Implementasi Profil Pelajar Pancasila Melalui Seminar dan Lokakarya Kewarganegaraan

Authors

  • Yayuk Hidayah UNIVERSITAS NEGERI YOGYKARTA

Keywords:

Seminar, Lokakarya, Profil Pelajar Pancasila, Kewarganegaraan

Abstract

Implemnetasi profil pelajar Pancasila merupakan hal yang penting khususnya di era post panemi kini.  Tujuan diadakannya pengabdian kepada  masyarakatini adalah  untuk penguatan implemnetasi profil pelajar pancasila melalui seminar dan  lokakarya Kewarganegaraan di Kabupaten Ponorogo. Metode  pelaksanan  yang  digunakan  dalam  kegiatan  ini  adalah  metode  ceramah  ,    pada lokaraya dan seminar ini langsung   memberikan   materi dan contoh   project profil Pancasila.  Dalam proses pengabdian, pemateri memberikan penguatan materi tentang profil pelajar Pancasila dan project berbasis profil pelajar Pancasila yang berguna dalam memperdalam dan menambah pengetahuan mitra mengenai profil pelajar Pancasila.  Dari hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini  adalah  penguatan implemnetasi profil pelajar pancasila melalui seminar dan  lokakarya Kewarganegaraan di Kabupaten Ponorogo. Melalui pengabdian ini, penulis mengajak untuk menyebarluaskan mengenai profil pelajar Pancasila dan implementasinya dalam pembelajaran.

References

Bahari Cilegon Abadi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(7).

Cruz-Oliver, D. M., Malmstrom, T. K., Fernández, N., Parikh, M., García, J., & Sanchez-Reilly, S. (2015). Education Intervention “Caregivers Like Me” for Latino Family Caregivers Improved Attitudes Toward Professional Assistance at End-of-life Care. American Journal of Hospice and Palliative Medicine®, 33(6), 527–536. https://doi.org/10.1177/1049909115584315

Hidayah, Y., & Suyitno, S. (2021). Kajian Media Pembelajaran Berbasis Interaktif Untuk Memperkuat Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i2.12247

Hidayah, Y., Trihastuti, M., & Dewie, D. A. (2020). Kecerdasan Berideologi Calon Guru Pendidikan Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Pancasila. Jurnal Al Qiyam, 1(2), 74–82.

Irawati, D., Iqbal, A., Hasanah, A., & Arifin, B. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Kibe, S., & Thinguri, R. (2017). Critical analysis of the impact of environmental dynamics on acquisition of intellectual skills on early childhood development children in Kenya. European Journal of Education Studies.

Musyadad, V. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. IIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6).

Nafziger, J., & DeKruyf, L. (2013). Narrative Counseling for Professional School Counselors. Professional School Counseling, 16(5), 2156759X1201600502. https://doi.org/10.1177/2156759X1201600502

Pasma, A. J., van Ginneken, E. F. J. C., Palmen, H., & Nieuwbeerta, P. (2022). Do Prisoners With Reintegration Needs Receive Relevant Professional Assistance? International Journal of Offender Therapy and Comparative Criminology, 0306624X221086554. https://doi.org/10.1177/0306624X221086554

Schibrowsky, J. A., Peltier, J. W., & Boyt, T. E. (2002). A Professional School Approach to Marketing Education. Journal of Marketing Education, 24(1), 43–55. https://doi.org/10.1177/0273475302241006

Thompson, E. H., Robertson, P., Curtis, R., & Frick, M. H. (2012). Students with Anxiety: Implications for Professional School Counselors. Professional School Counseling, 16(2_suppl), 2156759X12016002S06. https://doi.org/10.1177/2156759X12016002S06

Downloads

Published

2022-09-25

How to Cite

Hidayah, Y. (2022). Penguatan Implementasi Profil Pelajar Pancasila Melalui Seminar dan Lokakarya Kewarganegaraan . AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(08), 963–967. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/856

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.