Penguatan Implementasi Profil Pelajar Pancasila Melalui Seminar dan Lokakarya Kewarganegaraan
Keywords:
Seminar, Lokakarya, Profil Pelajar Pancasila, KewarganegaraanAbstract
Implemnetasi profil pelajar Pancasila merupakan hal yang penting khususnya di era post panemi kini. Tujuan diadakannya pengabdian kepada masyarakatini adalah untuk penguatan implemnetasi profil pelajar pancasila melalui seminar dan lokakarya Kewarganegaraan di Kabupaten Ponorogo. Metode pelaksanan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah , pada lokaraya dan seminar ini langsung memberikan materi dan contoh project profil Pancasila. Dalam proses pengabdian, pemateri memberikan penguatan materi tentang profil pelajar Pancasila dan project berbasis profil pelajar Pancasila yang berguna dalam memperdalam dan menambah pengetahuan mitra mengenai profil pelajar Pancasila. Dari hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah penguatan implemnetasi profil pelajar pancasila melalui seminar dan lokakarya Kewarganegaraan di Kabupaten Ponorogo. Melalui pengabdian ini, penulis mengajak untuk menyebarluaskan mengenai profil pelajar Pancasila dan implementasinya dalam pembelajaran.
References
Bahari Cilegon Abadi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(7).
Cruz-Oliver, D. M., Malmstrom, T. K., Fernández, N., Parikh, M., García, J., & Sanchez-Reilly, S. (2015). Education Intervention “Caregivers Like Me” for Latino Family Caregivers Improved Attitudes Toward Professional Assistance at End-of-life Care. American Journal of Hospice and Palliative Medicine®, 33(6), 527–536. https://doi.org/10.1177/1049909115584315
Hidayah, Y., & Suyitno, S. (2021). Kajian Media Pembelajaran Berbasis Interaktif Untuk Memperkuat Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i2.12247
Hidayah, Y., Trihastuti, M., & Dewie, D. A. (2020). Kecerdasan Berideologi Calon Guru Pendidikan Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Pancasila. Jurnal Al Qiyam, 1(2), 74–82.
Irawati, D., Iqbal, A., Hasanah, A., & Arifin, B. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Kibe, S., & Thinguri, R. (2017). Critical analysis of the impact of environmental dynamics on acquisition of intellectual skills on early childhood development children in Kenya. European Journal of Education Studies.
Musyadad, V. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. IIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6).
Nafziger, J., & DeKruyf, L. (2013). Narrative Counseling for Professional School Counselors. Professional School Counseling, 16(5), 2156759X1201600502. https://doi.org/10.1177/2156759X1201600502
Pasma, A. J., van Ginneken, E. F. J. C., Palmen, H., & Nieuwbeerta, P. (2022). Do Prisoners With Reintegration Needs Receive Relevant Professional Assistance? International Journal of Offender Therapy and Comparative Criminology, 0306624X221086554. https://doi.org/10.1177/0306624X221086554
Schibrowsky, J. A., Peltier, J. W., & Boyt, T. E. (2002). A Professional School Approach to Marketing Education. Journal of Marketing Education, 24(1), 43–55. https://doi.org/10.1177/0273475302241006
Thompson, E. H., Robertson, P., Curtis, R., & Frick, M. H. (2012). Students with Anxiety: Implications for Professional School Counselors. Professional School Counseling, 16(2_suppl), 2156759X12016002S06. https://doi.org/10.1177/2156759X12016002S06