Pengembangan Minat Baca Dan Pengenalan Bahasa Inggris Dasar Pada Anak-Anak Kelurahan Saoka
Keywords:
Minat, Baca, Bahasa Inggris Dasar, SaokaAbstract
Kelurahan Saoka Distrik Maladumes merupakan salah satu kelurahan terbesar serta merupakan kawasan pariwisata di kota sorong Provinsi Papua barat. Permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat yaitu pada umumnya berpendidikan rendah dan buta aksara serta memiliki pendapatan yang rendah. Kemampuan literasi dasar seperti membaca, menulis, dan menghitung (Calistung) masih sangat kurang. Motivasi anak-anak untuk sekolah sangat kurang serta sebagian besar anak-anak usia sekolah belum menempuh pendidikan sekolah dasar. Upaya mengatasi permasalahan tersebut yaitu memberikan pemahaman akan pentingnya pendidikan. Sosialisasi dan pelatihan pengembangan minat baca serta pengenalan bahasa inggris dasar menjadi langkah awal dalam upaya pembinaan kepada masyarakat. Informasi pemahaman pentingnya pendidikan sebagai investasi masa depan masyarakat kelurahan Saoka. Metode yang digunakan dalam pencapaian tujuan tersebut yaitu pendekatan persuasif, gotong-royong, turut berbaur bersama masyarakat, dan pembinaan secara langsung dalam program pengembangan minat baca disertai pengenalan bahasa inggris dasar.
References
Anonim. 2022. http://perkotaan.bpiw.pu.go.id/v2/kota-sedang/67
Kahar, M. S., Ibrahim, I., Rusdi, A., & Sukmawati, S. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Papua Di Distrik Bikar Kabupaten Tambrauw Melalui Pemberantasan Buta Aksara. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 129-138.
Wulandari, F., Safar, M., Asfar, M. I. T., Asfar, A. M. I. A., Hasbi, H., Karmila, K., & Yulita, Y. (2022, August). Pemberantasan Buta Aksara melalui Aplikasi Magguru Mabbaca. In Seminar Nasional Paedagoria (Vol. 2, pp. 413-421).
Eprilia, U. H., & Prasetyarini, A. (2011). Implementasi metode pembelajaran calistung permulaan bagi anak play group aisiyah di kecamatan kartasura sukoharjo. Jurnal Penelitian Humaniora, 12(2).
Pramudia, J. R. (2006). Orientasi Baru Pendidikan: Perlunya Reorientasi Posisi Pendidik dan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 29–38.