Pengembangan Minat Baca Dan Pengenalan Bahasa Inggris Dasar Pada Anak-Anak Kelurahan Saoka

Authors

  • Ibrahim , Universitas Muhammadiyah Sorong
  • sukmawati Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Rahmatullah Bin Arsyad Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Syahrul Kahar , Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Moh Arief Nur Wahyudien Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Apriliando Tumbio Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Andini Khairun Niza Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Clara Tania Putri Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Thia Iriani Safira Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Irma Kammu Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Minat, Baca, Bahasa Inggris Dasar, Saoka

Abstract

Kelurahan Saoka Distrik Maladumes merupakan salah satu kelurahan terbesar serta merupakan kawasan pariwisata di kota sorong Provinsi Papua barat. Permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat yaitu pada umumnya berpendidikan rendah dan buta aksara serta memiliki pendapatan yang rendah. Kemampuan literasi dasar seperti membaca, menulis, dan menghitung (Calistung) masih sangat kurang. Motivasi anak-anak untuk sekolah sangat kurang serta sebagian besar anak-anak usia sekolah belum menempuh pendidikan sekolah dasar. Upaya mengatasi permasalahan tersebut yaitu memberikan pemahaman akan pentingnya pendidikan. Sosialisasi  dan pelatihan pengembangan  minat baca serta pengenalan bahasa inggris dasar menjadi langkah awal dalam upaya pembinaan kepada masyarakat. Informasi pemahaman pentingnya pendidikan sebagai investasi masa depan masyarakat kelurahan Saoka. Metode yang digunakan dalam pencapaian tujuan tersebut yaitu pendekatan persuasif, gotong-royong, turut berbaur bersama masyarakat, dan pembinaan secara langsung dalam program pengembangan minat baca disertai pengenalan bahasa inggris dasar.

References

Anonim. 2022. http://perkotaan.bpiw.pu.go.id/v2/kota-sedang/67

Kahar, M. S., Ibrahim, I., Rusdi, A., & Sukmawati, S. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Papua Di Distrik Bikar Kabupaten Tambrauw Melalui Pemberantasan Buta Aksara. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 129-138.

Wulandari, F., Safar, M., Asfar, M. I. T., Asfar, A. M. I. A., Hasbi, H., Karmila, K., & Yulita, Y. (2022, August). Pemberantasan Buta Aksara melalui Aplikasi Magguru Mabbaca. In Seminar Nasional Paedagoria (Vol. 2, pp. 413-421).

Eprilia, U. H., & Prasetyarini, A. (2011). Implementasi metode pembelajaran calistung permulaan bagi anak play group aisiyah di kecamatan kartasura sukoharjo. Jurnal Penelitian Humaniora, 12(2).

Pramudia, J. R. (2006). Orientasi Baru Pendidikan: Perlunya Reorientasi Posisi Pendidik dan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 29–38.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Ibrahim, sukmawati, Bin Arsyad, R. ., Syahrul Kahar, M. ., Wahyudien, M. A. N. ., Tumbio, A. ., Khairun Niza, A., Tania Putri, C. ., Safira, T. I. ., & Kammu, I. . (2022). Pengembangan Minat Baca Dan Pengenalan Bahasa Inggris Dasar Pada Anak-Anak Kelurahan Saoka. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(08), 1045–1049. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/855

Most read articles by the same author(s)