Edukasi Bela Negara Dalam Menumbuhkan Kecintaan Anak Terhadap Negara Republik Indonesia Melalui Kegiatan Lomba HUT RI

Authors

  • Kamaluddin Kamaluddin Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Rusdi Rusdi Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Ilham Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Firdaus Hulihulis Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Agnes Ribka Papilaya Universitas Muhammadiyah Sorong
  • May Claudy Sanadi Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Norma Kammu Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Ibrahim Ibrahim Universitas Muhammadiyah Sorong
  • sukmawati Universitas Muhammadiyah Sorong

Abstract

Upacara dalam memperingati hari kemerdekaan yang telah dilaksanakan guna membentuk karakter generasi muda. Hari ulang tahun kemerdekaan biasanya diikuti dengan acara perlombaan, baik dari tingkat anak-anak hingga tingkat dewasa. Jenis lomba yang telah dilakasanakan diantaranya, memasukkan pensil dalam botol. Filosofi dari lomba ini menggambarkan kesabaran dan kegigihan dalam mencapai tujuan, makna yang bisa kita ambil dari perlombaan ini adalah kemampuan untuk fokus dalam meraih tujuan. Pendekatan ini digunakan untuk mengetahui sejauhmana aktualisasi bela negara bagi generasi muda dalam pengimplementasian dari kehidupan sehari-hari. Metode pelaksanaan dilakukan dengan cara mengarahakan secara langsung kepada partisipan, yakni menginformasikan gambaran sulitnya masyarakat indonesia memenuhi kebutuhan pangan pada masa penjajahan. Selain itu, para pejuang juga harus mempertimbangkan ketepatan saat melawan penjajah menggunakan senjata yang terbuat dari bambu runcing. Sala satu cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan karakter juang bela negara dilingkungan keluarga adalah melalui cerita dan motivasi. Karena anak-anak pada umumnya menyukai cerita. Cerita yang memiliki nilai moral sangat memiliki peranan signifikan dalam pembentukan karakter. Pendekatan yang dilakukan dalam perspektif bela negara dengan multi disiplin ilmu, perlu penerapan bela negara di indonesia baik dalam bentuk non-fisik maupun fisik berupa sikap dan perilaku warga negara sehingga kecintaannya tumbuh terhadap negara kesatuan Republik Indonesia.

References

Hartini, A., & Fusnika, F. (2018). Kontribusi Perguruan Tinggi Dalam Menumbuhkan Semangat Bela Negara Di Kalangan Pelajar Smpn 02 Belitang Hilir. Jurnal Pekan: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(2), 87-97.

Lonto, A. L., & Pangalila, T. (2016). Buku: Etika Kewarganegaraan. Ombak.

Mujahidin, E & Pancawati, AD. (2018). Pengaruh Materi Cerita terhadap Perkembangan Kepribadian Anak, Edukasi Islami. J. Pendidik. Islam, 7(2).

Murtiningsih, I. (2020). Peran Keluarga Dalam Menanamkan Sikap Bela Negara Pada Remaja. Civics Education And Social Science Journal (Cessj), 2(1).

Prasanti, D & Fitriani, DR. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas (Studi Kualitatif tentang Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keluarga, Sekolah, dan Komunitas). J. Obsesi J. Pendidik. Anak Usia Dini, 2(1).

Downloads

Published

2022-11-25

How to Cite

Kamaluddin, K., Rusdi, R., Ilham, M. ., Hulihulis, F. ., Ribka Papilaya, A. ., Claudy Sanadi, M. ., Kammu, N. ., Ibrahim, I., & sukmawati. (2022). Edukasi Bela Negara Dalam Menumbuhkan Kecintaan Anak Terhadap Negara Republik Indonesia Melalui Kegiatan Lomba HUT RI. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(10), 1272–1275. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/1210

Most read articles by the same author(s)