Pemberdayaan Pedagang Kecil Untuk Dapat Bertahan Pasca Pandemi Di Kelurahan Cibereum Kecamatan Cisarua Jawa Barat

Authors

  • Winaya Purwanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Swadaya Jakarta
  • Achmad Jaelani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Swadaya Jakarta
  • Hastuti Indra Sari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Swadaya Jakarta
  • Bambang Santosa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Swadaya Jakarta
  • Rachmad Risqy Kurniawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Swadaya Jakarta
  • Asep Saefudin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Swadaya Jakarta
  • Henny Risnawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Swadaya Jakarta

Keywords:

Covid-19, Pedagang Kecil, Pengetahun, Kolaborasi, Teknologi

Abstract

The COVID-19 pandemic has had a significant impact on the business sector, including small traders in the Cibereum District. Social restrictions, business closures, and shifts in consumer behavior have resulted in decreased income and economic difficulties for these small traders. The purpose of community service activities for small traders in the Cibereum District is to empower them to survive and recover after the pandemic. The outcomes of this community service include improving knowledge and skills. Collaboration between the government, community institutions, and small traders is a key factor in achieving effective empowerment. Utilizing digital technology and online platforms can help small traders overcome geographical limitations, enhance operational efficiency, and expand market reach.

References

Avriyanti, S. (2021). Strategi Bertahan Bisnis Di Tengah Pandemi Covid-19 Dengan Memanfaatkan Bisnis Digital (Studi Pada Ukm Yang Terdaftar Pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Tabalong). Jurnal PubBis, 5(1), 60-74.

Budiyanti, E. (2020). Dampak virus corona terhadap sektor perdagangan dan pariwisata Indonesia. Info Singkat XII,(4).

Firdaus, S. A., Ilham, I. F., Aqidah, L. P., Firdaus, S. A., Astuti, S. A. D., & Buchori, I. (2020). Strategi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian selama Pandemi Covid-19 pada saat New Normal. OECONOMICUS Journal of Economics, 5(1), 46-62.

Hasanah, T. U., Nurhadi, N., & Rahman, A. (2020). Modal Sosial dan Strategi Kelangsungan Usaha Sektor Informal Pedagang Kaki Lima pada Era Pandemi COVID-19. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 17(2)

Jumhur, J. (2015). Model Pengembangan Pedagang Kaki Lima (PKL) Kuliner di Kota Singkawang. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK), 4(1), 125- 139.

Komara, B. D., Setiawan, H. C. B., & Kurniawan, A. (2020). Jalan Terjal UMKM dan Pedagang Kecil Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19 dan Ancaman Krisis Ekonomi Global. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(3), 342-359.

Nimpa, B. J. (2018). Strategi Pedagang Kaki Lima Di Kawasan Kuliner Pantai Tak Berombak (Ptb) Kecamatan Turikale Kabupaten Maros. Jurnal Environmental Science, 1(1).

Prasetya, A. (2020). Pengalaman Pekerja Informal Ditengah Pandemi Covid-19 Di Kota Bandung. Jurnal Komunikasi, Masyarakat dan Keamanan, 2(2).

Rohima, S. (2015). Entreprenuership dalam Pemberdayaan Diri Masyarakat Miskin. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 13(1), 37-52.

Rosmadi, M. L. N. (2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. IKRA-ITH EKONOMIKA, 4(1), 122-127.

Sabariah, E. (2021). Strategi Mempertahankan Energi Dinamis Suatu Wirausaha Pada Perubahan Fenomena Khususnya Fenomena Pandemic Covid 19 Berbasis Pengetahuan. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(1), 19-31.

Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92-96.

Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117-127.

Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2021). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42-47.

Susilo, Y., Wijayanti, E., & Santoso, S. (2021). Penerapan Teknologi Digital Pada Ekonomi Kreatif Pada Bisnis Minuman Boba. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 457-468.

Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia. LINIMASA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 16-29.

Syaifullah, S., Maulana, A., Karnadi, V., & Tantowi, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kecamatan Batu Aji Kota Batam. Jurnal Abdikmas, 1(1), 1-5

Yatiningrum, A., Hendra, J., & Saifullah, S. (2017). Analisis Pengaruh Pemberdayaan Wanita Pedagang Sektor Informal Terhadap Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 55-63.

Published

2023-07-27

How to Cite

Purwanti, W., Jaelani, A., Indra Sari, H., Santosa, B., Risqy Kurniawan, R., Saefudin, A., & Risnawati, H. (2023). Pemberdayaan Pedagang Kecil Untuk Dapat Bertahan Pasca Pandemi Di Kelurahan Cibereum Kecamatan Cisarua Jawa Barat . AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(6 : Juli), 689–697. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/3383