Point Control Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Dan Etika Berpakaian ABH Di Sentra Wirajaya Salodong Makassar

Authors

  • Basti Tetteng Universitas Negeri Makassar
  • Aini Latifah Syam Universitas Negeri Makassar
  • Nurul Ayu Setya Ningrum Universitas Negeri Makassar
  • Ria Reski Fausia Askari Universitas Negeri Makassar
  • Sarkia Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Poin, Kedisiplinan, Etika, Negatif, Perilaku

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan program intervensi berupa point control yang diharapkan dapat memberikan perubahan pada perilaku ketidakdisiplinan serta etika berpakaian pada Anak yang Berhadapan Hukum (ABH). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif sehingga analisis data dilakukan dengan melihat perubahan setelah diberikan perlakuan menggunakan penjelasan peneliti secara deskriptif. Data divalidasi menggunakan teknik triangulasi yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Point control merupakan suatu teknik rancangan yang bertujuan untuk mengubah, meningkatkan atau membentuk perilaku individu dari negatif ke arah positif. Point control adalah program kegiatan yang merujuk pada token ekonomi sebagai teknik untuk memodifikasi perilaku. Token ekonomi dilakukan dengan menukar token yang sudah terkumpul dengan hadiah, dan token ekonomi telah terbukti untuk mengurangi perilaku negatif . Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program intervensi point control cukup efektif dalam mningkatkan kedisiplinan ABH di sentra wirajaya Salodong Makassar, dibuktikan dengan data total 13 anak berhadapan hukum (ABH) yang kedisiplinan dan etika berpakaiannya mengarah ke arah yang lebih baik.

References

Arifin, A., Sammaila, B., & Arfah, A. (2022). Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Token Economy Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswakelas Xii Smas Muhammadiyah 1 Baubau. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(01 April), 50-55.

Aprilia, F., & Wardhani, J. D. (2023). Efektivitas Penerapan Metode Token Ekonomi Terhadap Tingkat Kedisiplinan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1787-1798.

Aulia, D., Yuliati, N., & Saputri, S. W. D. (2022). Pengaruh penerapan teknik token ekonomi terhadap tingkat kedisiplinan siswa. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(2), 104-110.

Chrisandini, J. (2020). Penerapan Pembinaan Anak Yang Berkonflik Dengan Hukum (Abh) Di Upt Prsmp Surabaya. Novum: Jurnal Hukum, 7(4).

Irdianti, I., Mannessa, M. N. H. I., Muchsin, N. R., & Andranatha, A. A. (2022). Pelatihan Bahasa Isyarat Di Lingkup Sentra Wirajaya Di Makassar Dalam Membangun Komunikasi Efektif Kepada Tunarungu (Tuli). Journal of Community Dedication, 2(4), 196-210.

Meitasari, A., & Kurniawan, B. (2022). Implementasi Program Rehabilitasi Sosial Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum (Abh) Di Dinas Sosial Kabupaten Lamongan. Publika, 59-74.

Noviekayatie, I. G. A. A. (2020). Token ekonomi untuk mengurangi gejala perilaku pada anak ADHD. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(1), 408-415.

Riyadi, D. (2023). Efektivitas Token Economy Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Menjaga Kebersihan. Maddah: Jurnal Komunikasi dan Konseling Islam, 5(1), 53-64.

Sirait, I. K., Sabila, P., Antony, D. P., Fadil, R., Utami, S. D., & Safaruddin, S. (2020). Pembentukan Perilaku Agresif Melalui Token Ekonomi. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 4(1), 8-11.

Sumarno, Setyo & Jayaputra. (2015). Kondisi Sosial Psikologis dan Ekonomi ABH Pasca Memperoleh Rehabilitasi Sosial Di PSMP ANTASENA Magelang Jawa Tengah. Jakarta: Puslitbang Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial RI.

Published

2023-07-20

How to Cite

Tetteng, B., Latifah Syam, A., Ayu Setya Ningrum, N., Reski Fausia Askari, R., & Sarkia. (2023). Point Control Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Dan Etika Berpakaian ABH Di Sentra Wirajaya Salodong Makassar . AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(6 : Juli), 631–636. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/3348

Most read articles by the same author(s)