Psikoedukasi Membangun Komunikasi Interpersonal Untuk Lingkungan Kerja Yang Positif Di SIT Nurul Fikri Makassar

Authors

  • Rahmawati Syam Universitas Negeri Makassar
  • Zahwa Universitas Negeri Makassar
  • Himmah Auliyah Universitas Negeri Makassar
  • Dahlan Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik YAPIS Biak
  • Syamsul Bakhri Gaffar Universitas Negeri Makassar
  • Magfira Diah Lestari Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Arafah Universitas Puangrimaggalatung

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Psikoedukasi, Seminar

Abstract

Komunikasi merupakan salah satu elemen kunci dalam membentuk lingkungan kerja yang positif di antara karyawan. Komunikasi yang efektif menjadi penting karena melibatkan interaksi langsung antar individu di dalam organisasi. Komunikasi interpersonal bagi karyawan memainkan peran penting dalam membangun hubungan yang kuat, saling pengertian, dan saling mendukung di tempat kerja. Metode yang diterapkan adalah psikoedukasi melalui kegiatan seminar yang bertujuan untuk memberikan informasi dan pelatihan yang bermanfaat dalam mengubah pemahaman mental atau psikis individu. Psikoedukasi merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan sebagai langkah pencegahan terhadap timbulnya atau meluasnya gangguan psikologis di suatu kelompok. Kegiatan ini dilakukan secara tatap muka dengan mengadakan seminar dan mengundang ahli sebagai narasumber utama. Kegiatan ini dilakukan secara luring dalam bentuk kegiatan seminar dengan menghadirkan ahli sebagai narasumber utama. Kegiatan seminar psikoedukasi ini dilaksanakan pada 17 Juni 2023 dengan jumlah peserta sebanyak 58 orang. Melalui kegiatan seminar psikoedukasi ini, karyawan SIT Nurul Fikri Makassar mendapatkan tambahan pengetahuan serta gambaran terkait komunikasi interpersonal yang efektif  sehingga dapat terbangun lingkungan kerja yang  positif.

References

Ashfahani, S. (2019). Implementasi Keterbukaan dan Dukungan dalam Komunikasi Antarpribadi (Studi Komunikasi Pimpinan dan Karyawan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju). Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, 11(01), 38-52.

Himpsi. (2010). Kode Etik Psikologi Indonesia.

Putri, N. F., & Nasution, M. A. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Reward, dan Punishment Terhadap Motivasi Karyawan. Network Media, 4(1), 35-43.

Rinaldi, M. R., & Hardika, J. (2022). Psikoedukasi Antisipasi Stres Akademik Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Seminar Daring. Jpkmi (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 3(3), 230-238.https://Doi.Org/10.36596/Jpkmi.V3i3.434

Yunita, D., & Purba, A. W. D. (2020). Hubungan Persepsi Komunikasi Interpersonal Dengan Stres Kerja Pada Karyawan Pt. Wesen Jayatama Cabang Medan. Jurnal islamika granada, 1(1), 11-17.

Yuliana, R., & Rahadi, D. R. (2021). Komunikasi Interpersonal Dalam Meningkatkan Motivasi Karyawan Di Masa Pandemi Covid-19. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 9(1), 27-35.

Published

2023-07-12

How to Cite

Syam, R., Zahwa, Auliyah, H., Dahlan, Bakhri Gaffar, S., Diah Lestari, M., & Arafah, M. (2023). Psikoedukasi Membangun Komunikasi Interpersonal Untuk Lingkungan Kerja Yang Positif Di SIT Nurul Fikri Makassar . AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(6 : Juli), 584–590. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/3342

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)