Maksimisasi Pemasaran Untuk Meningkatkan Pangsa Pasar Di Tengah Penurunan Permintaan Menggunakan Linear Programming Metode Grafik Pada UMKM UD.MURNI

Authors

  • Marissa Anjani Universitas Sumatra Utara
  • Yeyen Ayuka Universitas Sumatra Utara
  • Satria Wicaksana Kuswara Universitas Sumatra Utara
  • Ainun Mardhiyah Universitas Sumatra Utara

Keywords:

Maksimisasi, Linear Programming, Metode Grafik, UMKM

Abstract

This article explores the maximization of marketing strategies to enhance market share amid declining demand, specifically focusing on the micro, small, and medium enterprise (MSME) UD. Murni. The rapid economic growth in Indonesia has intensified competition, particularly following the COVID-19 pandemic, leading to operational and sales challenges for many MSMEs. This research employs linear programming through graphical methods to develop a mathematical model aimed at efficiently allocating resources in sandal and shoe production to maximize profits. The study identifies key issues faced by UD. Murni, including a lack of adaptation to online marketing trends and changing consumer preferences. By implementing innovative marketing strategies, particularly digital marketing, the research aims to improve product visibility and customer engagement, ultimately increasing sales and market share for UD. Murni.

References

Agustina, T. S. (2013). ANALISIS OPTIMALISASI PRODUKSI DENGAN LINEAR PROGRAMMING MELALUI METODE SIMPLEKS. BINUS BUSINESS REVIEW.

Aliudin, K. A. (2024). Optimalisasi Pendapatan Bisnis Gula Aren Cair Menggunakan Linear Programming dengan Metode Grafik. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research.

Azizah, L. N. (2024). MAKSIMISASI KEUNTUNGAN UMKM CV KAYANA MANDIRI MENGGUNAKAN METODE SIMPLEKS BERBANTUAN POM-QM . JURNAL ILMIAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (JTIK).

Baduasih, Y. (2013). Maksimalisasi Keuntungan Dengan Pendekatan Metode SImpleks (Kasus Pada Pabrik Sosis SM). Jurnal Liquidity .

Dimas Sasongko, I. R. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung Sari, Pramania Elka Allafa. Jurnal Ilmiah Pangabdhi.

Dini Anggun Sari, E. S. (2020). Maksimalisasi Keuntungan Pada UMKM Sosis Bu Tinuk Menggunakan Metode Simpleks dan POM-QM. Jurnal Riset Komputer.

E. Fitri Zakiyah, A. B. (2022). Peran Dan Fungsi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Memitigasi Resesi Ekonomi Global 2023. Jurnal Cakrawala Ilmiah.

Harahap, G. N. (2021). Optimasi Laba Produksi Olahan Singkong Menggunakan Program Linier. Jurnal Matematika.

Hemayani, E. M. (2022). Analisis Keputusan Pembelian pada Konsumen Warung Kopi Nilang . Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Bisnis.

Lestari, E. &. (2019). PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN, INOVASI PRODUK KREATIF DAN ORIENTASI PASAR UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN UMKM. Jurnal Riset

Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT.

M. Basuki, I. P. (2018). Optimasi Keuntungan Produksi Kemplang Panggang Menggunakan Linear Programing Melalui Metode Simpleks. Seminar dan Konferensi Nasional IDEC.

T. Asmara, M. R. (2018). Strategi Pembelajaran Pemrograman Linier Menggunakan Metode Grafik dan Simpleks. Jurnal Teknologi Pembelajaran.

T. B. Alam, A. M. (2021). Optimalisasi Keuntungan Produksi Makanan Menggunakan Pemrograman Linear Melalui Metode Simpleks. Jurnal Bayesian : Jurnal Ilmiah Statistika dan Ekonometrika.

Waluyo, D. (2024, September). UMKM Indonesia Makin Kuat: Program Level Up 2024 Siap Dorong Digitalisasi Bisnis. Retrieved from Indonesia.go.id: https://indonesia.go.id/kategori/editorial/8587/umkm-indonesia-makin-kua t-program-level-up-2024-siap-dorong-digitalisasi-bisnis

Wama Albertho Povay, N. I. (2024). OPTIMASI KEUNTUNGAN PENJUALAN KOPI CARAMEL MACCHIATO DAN CAPPUCINO DI KEDAI RAZKA MENGGUNAKAN METODE GRAFIK LINEAR PROGRAMMING. Tamilis Synex: Multidimensional Collaboratio

Published

2024-12-27

How to Cite

Anjani, M., Ayuka, Y. ., Wicaksana Kuswara, S. ., & Mardhiyah, A. . (2024). Maksimisasi Pemasaran Untuk Meningkatkan Pangsa Pasar Di Tengah Penurunan Permintaan Menggunakan Linear Programming Metode Grafik Pada UMKM UD.MURNI . Jurnal Manajemen, Ekonomi, Hukum, Kewirausahaan, Kesehatan, Pendidikan Dan Informatika (MANEKIN), 3(2 : Desember), 121–127. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/manekin/article/view/4852