Promosi dan Loyalitas Pelanggan Travel E-commerce
Keywords:
promosi ; loyalitas ; pelanggan;Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji promosi dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini juga menguji promosi dan secara tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian dilakukan terhadap 110 orang pelanggan Travel E commerce diambil dengan teknik probability sampling. Metode ini salah satuteknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, siapa saja yang secara kebetulan/incidental sampling. Diambil dengan teknik simple random sampling dan diberikan kuesioner dengan 8 pernyataan untuk mengukur respon terhadap variabel-variabel penelitian. Kemudian instrumen angket ini sudah melalui tahap uji validasi ahli, maka butir pertanyaan yang diujikan sudah tervalidasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah internet interviews dengan memanfaatkan instrumen kuesioner. Setelah masing-masing butir angket ini dikonstruksi, dilakukan uji analisis data. Uji analisis data yang dilakukan pada angket adalah uji beda, yaitu dengan mengunakan Independent sample t-test.Tujuannya, untuk mengetahui pengaruh Promosi dan Loyalitas Pelanggan Travel E-Commerce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh langsung signifikan antara promosi dan loyalitas pelanggan.
References
P. Kotler and G. Amstrong, Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2016.
G. T. Prihatama, M. R. Masitoh, and D. A. S. Saputra, “Pengaruh Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Cv. Saluyu Motor Cabang Kecamatan Bojong Kabupaten Pandeglang,” J. Ekon. Vokasi, vol. 4, no. 1, pp. 38–54, 2020.
D. M. Ayuni and Y. R. Prasetyawati, “Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan,” J. Manaj. Bisnis Madani, vol. 2, pp. 18–34, 2020.
K. Dipayanti and H. Hernayadi, “Pengaruh Promosi dan Saluran Distribusi terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Nellco Special OBH di PT . Lenko Surya Perkasa Cabang Ciracas,” J. Pemasar. Kompetitif, vol. 05, no. 1, pp. 180–193, 2022.
A. Martoyo and F. Mahardika, “Pengaruh Promosi dan Distribusi terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Tiga Serangkai Internasional Cabang Bandung,” J. Pemasar. Kompetitif, vol. 3, no. 2, p. 1, 2020, doi: 10.32493/jpkpk.v3i2.3612.
I. Alwi, “Kriteria Empirik Dalam Menentukan Ukuran Sampel,” J. Form., vol. 2, no. 2, pp. 140–148, 2012.
Hendryadi, “Populasi dan Sampel,” TEORIONLINE, 2010.
Jasmalinda, “Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Motor Yamaha di Kabupaten Padang Pariaman,” J. Inov. Penelit., vol. 1, no. 10, pp. 2199–2205, 2021.
M. Ningtyas, “Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian,” 20014.