Penerapan Metode Drill Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas II SDN 3 Jagapura Lor Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon
Keywords:
metode drill, media gambar, kemampuan membaca, pembelajaran Bahasa Indonesia, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui penerapan metode drill dengan media gambar pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SDN 3 Jagapura Lor Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan baik pada aktivitas guru, aktivitas siswa, maupun hasil belajar. Aktivitas guru meningkat dari 69,11% pada siklus I menjadi 89,70% pada siklus II. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari 77,94% pada siklus I menjadi 91,17% pada siklus II. Pencapaian ketuntasan belajar siswa meningkat dari 36,36% pada siklus I menjadi 86,36% pada siklus II. Dengan demikian, penerapan metode drill dengan media gambar efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar.
References
Aida, S, Suprapti, A dan Nasirun, M (2018),Vol. 3 (1), 53-56. Meningkatkan Keterampian Membaca Awal Melalui Metode SAS dengan Menggunakan Media Audio Visual. Jurnal ilmiah potensia, 2018,Vol. 3 (1), 53-56.
Arijani, R. (2013) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Snadergame. Jurnal pendidikan anak, Volume II, Edisi 2.
Asmonah, S. (2019) Jurnal Pendidikan Anak, 8 (1), 2019, 29 - 37. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Model Direct Instruction Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar TK Aisyiyah Pembina Banguntapan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Fuzdri. Tahar, E.H dan Abdurrahman. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Model Pembelajaran Kooperatife tipe CIRC Siswa Kelas VIII MTSN 5 Kemang Kabupaten Agam. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran Volume 2 Nomor 3.
Halimah, A. (2014). Metode Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di SD/MI. Jurnal Aladuna, 1 (2), 190-200.
Hamdani, (2011) Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV Pustaka Setia.
Hasanudin, C. dan Puspita, L.E. (2017) Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Melalui Media Aplikasi Bamboomedia Apps.
Inawati & Sanjaya, D.M. (2018) Jurnal Bindo Sastra, 2 (1) (2018): 173–182. Kemampuan Membaca Cepat dan Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri Oku. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Baturaja.
Kunandar (2011) Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: PT Rajawali Pers.
M. Sobry Sutikno (2013) Belajar dan Pembelajaran, Lombok:Holistica.
Masnur Muslich (2009) Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.
Muhibbin Syah (2003) Psikologi Belajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mustopa Halmar (2008) Strategi Belajar Mengajar, Semarang: Unissula Press.
Nafiah, C.A. (2016) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Scramble Kalimat Siswa Kelas II SD Negeri 1 Sedayu. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 24 Tahun ke-5.
Rahayu, R.A. Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Metode PQ4R (Privew, Question Read, Reflect, Retice, Review) Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume III No. II.
Sa’adah & Hidayah (2013) Jurnal. Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Vol. 1, No 1, Juli 2013 ISSN : 2303-114X.
Safrida Yulia. (2017) Penerapan Metode Drill dengan Media Visual dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas II MIN Lamrabo Kecamatan Kuta Baro Aceh Besar. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam – Banda Aceh.
Sugiyono. (2012) Metode Penelitian Kuantitatf, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto (2002) Presedur Penelitian, Jakarta: Renika Cipta.
Sulistyawati, E.E & Sujarwo. (2016) Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Volume 3 – Nomor 1, Maret 2016, (28 - 37). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Video Compact Disc Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta.
Suriani, S. dan Efendi. (2014) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 1 SD Negeri Giunggung Melalui Media Kartu Huruf Kecamatan Galang. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 10 ISSN 2354-614X.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain (2002) Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Renika Cipta.
Wahyunita, A. (2017) Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu.
Wina Sanjaya (2009) Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Kencana.











