Pengaruh Pendidikan Nonformal Dan Peran Pendamping Terhadap Program Gerakan Membangun Petani Milenial (Gerbang TAMI) Di Kabupaten Sukoharjo

Authors

  • Shelly Anisa Dwianti Universitas Sebelas Maret
  • Suminah Universitas Sebelas Maret
  • Putri Permatasari Universitas Sebelas Maret

Keywords:

Pendidikan Nonformal, Peran Pendamping, Respons, Petani Milenial

Abstract

Pertanian yang memegang peran penting dalam perekonomian dan kehidupan tidak lepas dari peran petani sebagai sumber daya manusia. Regenerasi petani penting untuk dilakukan agar terlahir petani dengan usia yang lebih produktif. Kabupaten Sukoharjo melalui program Gerakan Membangun Petani Milenial (Gerbang TAMI) menindaklanjuti kegiatan regenerasi petani. Petani milenial sebagai peserta sekaligus responden dalam penelitian ini memiliki respons yang berpengaruh terhadap program. Respons sendiri dibentuk oleh pendidikan nonformal dan peran pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan nonformal dan peran pendamping terhadap program Gerbang TAMI di Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate random sampling sebanyak 40 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan pendidikan nonformal dan peran pendamping berpengaruh signifikan terhadap program Gerbang TAMI di Kabupaten Sukoharjo. Secara parsial, pendidikan nonformal tidak berpengaruh nyata, sedangkan peran pendamping berpengaruh nyata terhadap program Gerbang TAMI di Kabupaten Sukoharjo.

References

Acevedo, M., Pixley, K., Zinyengere, N., Meng, S., Tufan, H., Cichy, K., Bizikova, L., Isaacs, K., Ghezzi-Kopel, K., & Porciello, J. (2020). A scoping review of adoption of climate-resilient crops by small-scale producers in low- and middle-income countries. Nature Plants, 6(10), 1231–1241. https://doi.org/10.1038/s41477-020-00783-z

Arvianti, E. Y., Masyhuri, M., Waluyati, L. R., & Darwanto, D. H. (2019). Gambaran Krisis Petani Muda Indonesia. Agriekonomika, 8(2), 168–180. https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v8i2.5429

Fitriani, A., Herlina, L., Sulistyati, M., Yunasaf, U., & Sulaeman, M. M. (2020). Kesukaan, Sikap, Kepuasan, dan Kesetiaan Peternak dalam Mengusahakan Sapi Pasundan di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Jurnal Peternakan Indonesia (Indonesian Journal of Animal Science), 22(2), 155. https://doi.org/10.25077/jpi.22.2.155-167.2020

Hansen, B. G., Bugge, C. T., & Skibrek, P. K. (2020). Automatic milking systems and farmer wellbeing–exploring the effects of automation and digitalization in dairy farming. Journal of Rural Studies, 80(April), 469–480. https://doi.org/10.1016/j.jrurstud.2020.10.028

Indriantini, R., Aliyudin, M., & Aziz, R. (2020). Respon Masyarakat Terhadap Pengajian Hari Selasa. Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(3), 262–282. https://doi.org/10.15575/tabligh.v4i3.1018

Kuswana, W. S. (2011). Taksonomi Berpikir. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Lencucha, R., Pal, N. E., Appau, A., Thow, A. M., & Drope, J. (2020). Government policy and agricultural production: A scoping review to inform research and policy on healthy agricultural commodities. Globalization and Health, 16(1), 1–15. https://doi.org/10.1186/s12992-020-0542-2

Ramadhan, S. W., Rusli, B., & Karlina, N. (2022). Pelaksanaan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Pada Lembaga Pendidikan Nonformal di Kota Bandung (Studi Kasus LKP Karya Duta). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 595. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.595-608.2022

Seuk, M. Y., Syukur, A., & Simbolon, G. (2021). Peran Penyuluh Pertanian Dalam Memberdayakan Masyarakat Kelompok Tani Padi di Desa Naas Kecamatan Malaka Barat Kabupaten Malaka. Education For All: Jurnal Pendidikan Masyarakat, 1(1), 24–32.

Tambipessy, L. S. (2023). The Role Of Agricultural Extensioners In Empowering Farmers (Case Study Of Pad Rice Farmers In Waitoso Village). IJEBIR: International Journal of Economics, Business, and Innovation Research, 2(04), 200–212.

Wójcik, M., Jeziorska-biel, P., & Czapiewski, K. (2019). Between words : A generational discussion about farming knowledge sources. Journal of Rural Studies, 67, 130–141. https://doi.org/10.1016/j.jrurstud.2019.02.024

Published

2023-07-20

How to Cite

Anisa Dwianti, S. ., Suminah, & Permatasari, P. (2023). Pengaruh Pendidikan Nonformal Dan Peran Pendamping Terhadap Program Gerakan Membangun Petani Milenial (Gerbang TAMI) Di Kabupaten Sukoharjo . BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(4), 903–909. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/bullet/article/view/3352