Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan di Kopi Tuku Grand Galaxy Bekasi

Authors

  • Veronica Cynthia Universitas Asa Indonesia
  • Rully Arifiansyah Universitas ASA Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh brand image, kualitas produk, dan persepsi harga secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pelanggan. Populasi penelitian ini adalah pelanggan yang berkunjung ke Kopi Tuku Grand Galaxy Bekasi. Sampel yang digunakan terdiri dari 100 responden yang merupakan pelanggan dengan kriteria khusus, yaitu telah melakukan pembelian di Kopi Tuku Grand Galaxy Bekasi minimal dua kali atau lebih. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, yang memilih responden berdasarkan kriteria tersebut. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada konsumen, dengan tujuan mendapatkan 100 responden sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Selanjutnya, peneliti melakukan survei dan melakukan uji validitas serta uji reliabilitas terhadap instrumen penelitian. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel brand image, kualitas produk, dan persepsi harga memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Kopi Tuku Grand Galaxy. Secara simultan, ketiga variabel tersebut juga memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Kopi Tuku Grand Galaxy Bekasi.

References

Afnina, A., & Hastuti, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 21–30. https://doi.org/10.33059/jseb.v9i1.458

Anggarani, P. L. P. (2016). ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI PRODUK ORIFLAME. Jurnal Emas, 2(1), 51–70.

Astuti, D. (2016). Analisis Kualitas Layanan E-Commerce Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode E-Servqual ( Studi Kasus : Lejel Home Shopping Pekanbaru ). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, Vol.2,(No.1, Februari 2016), hal.44-49, e-ISSN 2502-8995 p-ISSN 2460-8181.

Baso Akib. (2018). Pengaruh Kinerja keuangan perusahaan merupakan salah satu faktor yang dilihat investor untuk menentukan pilihan, yang tercermin dalam analisis laporan keuangan. Analisis laporan keuangan ini mencakup (1) pertimbangan kinerja perusahaan dengan perusahaan l. Jurnal Kajian Ekonomi Syariah, 2(1), 1–13.

Devani, V. (2016). METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX ( CSI ) DAN POTENTIAL GAIN IN CUSTOMER VALUE ( PGCV ). Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 2(2), 24–29.

Ersi, D. (2014). Analysis CRM , Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Produk Tepung Terigu diJawa Timur. 8(1), 1–8. https://doi.org/10.9744/pemasaran.8.1.1-8

Frimansah. (2018). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Pelayanan. Prosiding Seminar Nasional Humanis, 4(1), 1–5.

Garvin, D. A. (1984). What Does “Product Quality” Really Mean? Sloan Management Review, 26(1), 25–43.

Ihsan, M. N., & Sutedjo, B. (2022). Pengaruh brand image dan brand trust terhadap kepuasan konsumen dan dampaknya terhadap minat beli ulang. Forum Ekonomi, 24(1), 170–176. https://doi.org/10.30872/jfor.v24i1.10586

Indrasari, D., & Meithiana. (2019). PEMASARAN & KEPUASAN PELANGGAN.

Irawan, H. (2003). Indonesian Customer Satisfaction. PT. Elex Media Komputindo.

Ishak, A. (2012). Analisis Kepuasan Pelanggan dalam Belanja Online: Sebuah Studi Tentang Penyebab (Antecedents) dan Konsekuensi (Consequents). Jurnal Siasat Bisnis, 16(2), 141–154. https://doi.org/10.20885/jsb.vol16.iss2.art1

James Sambara. (2021). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CAFE 3.AM KOFFIE SPOT MANADO. Jurnal EMBA, 9(4), 126–135.

Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran.

LAKSANA, F. (2008). MANAJEMEN PEMASARAN.

Lamis, S. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada …. Diponegoro Journal of …, 5, 1–13.

Lingga, R. U. (2021). Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(2), 308–327. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i2.644

Nabila, D. (2016). Pengaruh Kualitas Produk , Promosi , dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Wafer Nabati Di Tip-top Rawamangun Pendahuluan. Panorama Nusantara, X(X), 1–11.

Nailur Rofi’ah. (2020). The Analysis Of Tge Effect Of Brand Image, Service Performance Porttfolio Services And Physical Evidences Tow Ards Customers Satisfaction Of “BTN Batara” Savings Account At PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Semarang Branch Office. Keunis Majalah, 8(2302), 1–19.

Paris, Y., Rahman, S. P., Rahmawati, D., & Tinggi lmu Ekonomi Makassar Maju, S. (2020). Pengaruh Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Travel the Effect of Price Perception on Customer Satisfaction With Travel Service Users. Bongaya Journal of Research in Management, 3, 21–27.

Sisilia Oktavia Umboh. (2015). Keputusan Pembelian Pakaian Wanita Di Mississippi Analysis of Product Quality , Brand Image and Life Style Towards Purchasing. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 1096–1105.

Sudaryono. (2014). PERILAKU KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF PEMASARAN.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Tjong Su Ling. (2020). Pengaruh Brand Image , Persepsi Harga dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen The Highland Park Resort Hotel Bogor. Jurnal Ilmiah Parawisata Kesatuan, 1(1), 31–42.

Yessica Oscar. (2019). Pengaruh brand image , persepi harga, dan service quality terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 20–28.

Published

2023-06-28

How to Cite

Cynthia, V., & Rully Arifiansyah. (2023). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan di Kopi Tuku Grand Galaxy Bekasi. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(3), 712–721. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/bullet/article/view/3069