The Analysis of Students' Speaking Ability in Speech At English Literature Department of Mahasaraswati Denpasar University
Keywords:
Speaking Ability, Analysis, University StudentAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan kesulitan berbahasa Inggris mahasiswa semester III kelas 3D Jurusan Sastra Inggris Universitas Mahasaraswati Denpasar. Penelitian ini melihat secara khusus pada keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Pendekatan purposive sampling diadopsi dalam penelitian ini. Delapan belas siswa dari kelas 3D membuat sampel untuk penelitian. Metode yang digunakan peneliti untuk menentukan kemampuan berbicara dalam berbicara adalah tes berbicara. Penelitian ini dilakukan melalui WhatsApp. Misalnya, siswa diminta untuk memberikan pidato saat sedang direkam di kamera. Dengan demikian kemampuan berbicara akan diteliti dalam penelitian ini. Kemudian, peneliti dan inter-rater menilai pembicaraan mereka. Hasilnya, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa tiga siswa memiliki kemampuan berbicara luar biasa, tujuh siswa memiliki kemampuan berbicara yang baik, enam siswa memiliki kemampuan berbicara rata-rata, dan dua siswa memiliki kemampuan berbicara Adil. Pengucapan adalah bagian tersulit bagi siswa, diikuti oleh kelancaran, pemahaman, tata bahasa, dan kosa kata. Kesimpulannya, siswa umumnya memiliki kemampuan berbicara yang baik, dan komponen pengucapan adalah tantangan terbesar bagi siswa.
References
Afiah, D. S. (2016). ANALYSIS STUDENTS’ SPEAKING SKILL BASED ON LOCAL MATERIAL AT FIRST SEMESTER IN ENGLISH DEPARTMENT OF UNSWAGATI. Academic Journal Perspective: Education, Language, and Literature, 4(2), 96-101.
Anderkevent. (1990). Teaching Speaking and Component of Speaking. New York: Cambridge University.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pembekalan dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Brown, H. D. (2004). Language Assessment: Principles and Classroom Practices. California: Longman.
Hakim, I., & Amri, Z. (2021). An Analysis of Students’ Speaking Ability in Class Presentation during Covid-19 Pandemic at IAIN Padangsidimpuan. PROCEEDINGS OF THE 67TH TEFLIN INTERNATIONAL VIRTUAL CONFERENCE & THE 9TH ICOELT 2021 (TEFLIN ICOELT 2021), 130-133.
Ilham, Badafal, M. F., & Muslimin. (2019). The An Analysis of Students’ Speaking Ability on Specific Purpose of Learning. Linguistics and English Language Teaching Journal, 33-40.
Harahap, Y. O., & Rozimela, Y. (2021). An Analysis of Students’ Speaking Ability in Speech at English Department of UMN Al-Washliyah Medan. Proceedings of the Tenth International Conference on Languages and Arts (ICLA 2021) , 1-6.
Harris, D. (1974). Testing English As Second Language. New York: McGraw-Hill Company.
Kurniati, A., Eliwarti, & Novitri. (2015). A STUDY ON THE SPEAKING ABILITY OF THE SECOND YEAR STUDENTS OF SMK TELKOM PEKANBARU. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 1-13.
Pollard, A. (2008). Reflective Teaching 3rd Edition: Evidence Informed Professional Practice. London: Continuum International Publishing Group.
Savitri, D., & Ardi, H. (2020). Analysis of Students’ Speaking Ability in Video Project at STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Proceedings of the Ninth International Conference on Language and Arts (ICLA 2020), 47-50