Analisis Kinerja Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran di SDS RK Xaverius Namorambe

Authors

  • Eka Kartika Silalahi Universitas Quality
  • Dedi Holden Simbolon Universitas Quality
  • Karmila Sebayang Universitas Quality

Abstract

Kinerja guru merupakan hasil kerja yang telah dicapai dalam proses pembelajaran ketika seorang guru selesai melaksanakan tugasnya sebagai pendidik dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai hasil belajar siswa di kelas. Keberhasilan pendidikan disekolah sangat ditentukan oleh kinerja gurunya, disamping itu guru juga harus memiliki kinerja yang baik dan dituntut memiliki komitmen serta konsep diri yang baik dalam membimbing dan melatih siswa di kelas. Kinerja seorang guru yang berkualitas akan berpengaruh terhadap mutu pembelajaran, mutu lulusan, mutu pendidikan dan pencapainya tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja guru dalam perencanaan, pelaksanaan proses belajar mengajar serta evaluasi proses dan hasil belajar di kelas. Kinerja Guru dilihat dari aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian ini seluruh guru yang mengajaar di SDS RK Xaverius Namorambe.Adapun teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawacara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru di SDS RK Xaverius Namorambe dalam aspek perencanaan pembelajaran termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase 84,26%, dalam aspek pelaksanaan pembelajaran termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase 88,52%, dan dalam aspek evaluasi pembelajaran dengan kategori tinggi dengan persentase 85,83%. Sehingga disimpulkan bahwa kinerja guru di SDS RK Xaverius Namorambe masuk dalam kategori tinggi

References

Andi, R. A., La, T., Abdullah, I. B. D. (2020). Analisis Kinerja Guru Ekonomi Pada SMA Negeri 3 Konawe Selatan. Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi, 5(1), 8-16.

Arif, P., W., Eka, W, W., dan Nurgiansah, T. H. (2022). Pemilihan Umum di Indonesia dalam Perspektif Pancasila. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3217–3225

Dewantara, J. A., Syamsuri, Jumarni, Aprillia, D. T., Afandi, Safitri, E., Pratiwi, E. M., & Nurgiansah, T. H. (2022). Political Sociology Analysis in The Scope of Students. Jurnal Etika Demokrasi, 7(3), 520–533. https://doi.org/10.26618/jed.v

Dewantara, J. A., Syamsuri, Wandira, A., Afandi, Hartati, O., Cahya, N., Sapitri, P., dan Nurgiansah,

T. H. (2022). The Role of Buzzers in Social Media in Guiding Public Opinion Regarding

Political Choices. Jurnal Etika Demokrasi, 7(3), 681–694. https://doi.org/10.26618/jed.v

Joni, A.P., Abdul, H., dan Ismatul, I. (2022). Evaluasi Kinerja Guru Dalam Pelaksanaan Kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah Bahjatussibyan Alasnyiur Besuk Probolinggo. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4357 -4364.

Marlina, M. (2019). Studi Korelasi Disiplin Dalam Pembelajaran Dengan Kinerja Guru Di SMAN Se- Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Way Kanan. Jurnal Pendidikan Islam: Al I'tibar, 6(1), 45–49.

Mohamad, M. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 101-106.

Muhammad, R. L. (2018). Analisis Kinerja Guru Bersertifikasi Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Kota Palu. Jurnal Katalogis, 6(4), 95-102.

Nurchotimah, A. S. I., Utomo, A. D. N., Khasanah, D. R. A. U., & Nurgiansah, T. H. (2022). Development of Electronic Books (E-Books) for Supervision of Public Services to Increase Knowledge of PPKn Teachers. Jurnal Etika Demokrasi, 7(3), 513–519. https://doi.org/10.26618/jed.v

Ratnasari, Muslih, Q, dan Marlina. (2021). Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Islam: Al I'tibar, 8(2), 92-92.

Rosada, Gusti, B. A., Izhar, S. (2018). Kinerja Guru Sosiologi Dalam Proses Pembelajaran di Kelas XI IPS 1 SMAN 1 Sambas. Journal of Equatorial Education and Learning, 7(3), 1-11.

Published

2023-02-28

How to Cite

Kartika Silalahi, E. ., Holden Simbolon, D. ., & Sebayang, K. . (2023). Analisis Kinerja Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran di SDS RK Xaverius Namorambe. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 145–151. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/bullet/article/view/2190